Implikasi Pengggunaan Internet terhadap Partisipasi Sosial di Jawa Timur

Authors

  • Wahyudiyono Wahyudiyono BPSDMP Kominfo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2487

Keywords:

implikasi, internet, partisipasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat implikasi penggunaan internet terhadap partisipasi sosial di Jawa Timur. Teori yang dipakai adalah teori uses and gratification. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dilakukan melalui metode survei. Sampel lokasi ditentukan dengan teknik multistage area random sampling secara proporsional. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner melalui wawancara dengan responden. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internet mengakibatkan meningkatnya partisipasi aktif pada responden untuk terlibat dalam kegiatan di masyarakat. Pengggunaan internet juga turut berperan dalam pengambilan keputusan. Hanya separo responden yang menilai bahwa penggunaan internet dapat memberikan partisipasi aktif pada responden untuk mengikuti aktifitas politik. Penggunaan internet oleh masyarakat juga dinilai responden dapat meningkatkan pastisipasi aktif bagi warga sekitar untuk terlibat dalam kegiatan masyarakat. Sebagian besar responden juga berpendapat penggunaan internet berperan bagi warga untuk mengambil keputusan. Separo responden berpendapat penggunaan internet berperan bagi warga untuk mengikuti aktifitas politik.

References

Ajat Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

APJII. (2018). Indonesia Internet Users, Laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Diakses pada 4 Agustus 2019, dari http://www.apjii.or.id/v2/read/page/halaman- data/9/statistik.html.

Katz, E., Blumer J. G. Dan Gurevitch, M. 1974. ‘Utilization of mass communication by the individual,’ dalam J.G. Blumer dan E. Katz (eds), The Uses of Mass Communication. Baverly Hills: Sage.

Mc.Quail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

Pan, B. & Crotts, J.C (2012). Theoretical Models of Social Media, Marketing Implications, and Future Research Directions. In M. Sigala, E. Christou, U. Gretzel (Eds.) Social Media in Travel, Tourism and Hospitality: Theory, Practice and Cases.Ashgate Publishing Company, pp.73-86

Rakhmat, Jalaluddin (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Cetakan Keduabelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Straubhaar & LaRose. (2008), Media Now : Understanding Media, Culture and Technology, Fifth Edition, Thomson Wadsworth.

Downloads

Published

2019-10-03

Issue

Section

Artikel