Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa

Main Article Content

Fauzi Abubakar

Abstract

Aspek motivasi sangat penting dalam proses belajar di perguruan tinggi, karena motivasi akan menentukan intensitas usaha belajar dan mendorong mahasiswa untuk melakukan aktivitas tertentu yang berhubungan dengan kegiatan belajar. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Prestasi akademik merupakan hasil dari kegiatan belajar sebagai indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai mahasiswa. Hasil belajar yang optimal dipengaruhi oleh berbagai komponen belajar mengajar, diantaranya komunikasi interpersonal dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dosen terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik mahasiswa Ilmu Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Lhokseumawe. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuisoner, kemudian data diolah serta dianalisis secara deskriptif. Landasan teori yang digunakan yaitu teori pengungkapan diri (Self Disclosure Theory), yang dikemukakan oleh Sydney Marshall Jourad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 24,4 % dengan koefisien regresi 0,469 dan konstanta 18,644. Sedangkan untuk variabel prestasi akademik, 1,04 % dipengaruhi oleh komunikasi interpersonal dosen dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Dimensions

Article Details

How to Cite
Abubakar, F. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pekommas, 18(1), 53–62. https://doi.org/10.30818/jpkm.2015.1180106
Section
Communication

References

Sadirman, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, Rajawali Press.

Achroza, F. H. (2013). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Dosen Pembimbing Mahasiswa dan Problem Focused Coping Dengan Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa FKIP Bimbingan Konseling Universitas Muria Kudus. Skripsi: Unversitas Muria Kudus.

Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.

DeVito, J. A. (2011) Komunikasi Antarmanusia. Jakarta, Karisma Publishing,

Fajar, M. (2009) Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Yogyakarta, Graha Ilmu.

Hamalik. O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

__________________. (2005). Perencanaan pengajaran berdasar pendekatan sistem. Jakarta: PT bumi Aksara.

Kholil. S. (2006). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung, Citapustaka Media.

Lunandi, A.G. (1994). Komunikasi Mengenai: Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta, Kanisius.

Mulyana, D. (2002) Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

____________. (2001) Metodologi Penelitian Kualitas Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prayitno, E. (1989). Motivasi dalam Belajar. Jakarta: PPLPTK Depdikbud.

Rahmat, J.(2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

______________. (2005). Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi dengan Contoh Analistis Statistik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduan & Engkos A. K. (2008). Cara Menggunakan dan memahamai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung, Alfabeta.

Sendjaja, S. D. (1994). Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas terbuka.

Siburian, P. (2014). Hubungan Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Penelitian Pengajaran. Jurnal Generasi Kampus, Vol. 7 No. 1. April 2014.

Sears, D.O, Freedman, J.I, (1994). Psikologi Sosial, Alih Bahasa: Michael Adyanti. Jakarta: Erlangga.

Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Subagyo, J. (1997). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta, Rineka Cipta.

Wahyudi. (2013). Efektifitas Komunikasi Interpersonal Dosen Pembimbing Akademik dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa. Tesis: Fakultas Sospol, UNIB.

Wiryanto. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta, PT. Gramedia.

Widjaja, H. A. W. (2000). Ilmu Komunikasi: Pengantar Studi. Jakarta, Rineka Cipta,

Wood, J. T. (2013). Komunikasi Teori dan Praktik. Jakarta, Salemba Humanika.

Wok, S. Teori-teori Komunikasi. Kuala Lumpur, Cergas (M) SDN, BHD, 2004.