Pemanfaatan Pusat Layanan Internet Kecamatan di Sulawesi Selatan

Main Article Content

Rachmawaty Djaffar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) di Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di 15 kabupaten di Sulawesi Selatan pada April – Juni 2012.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan  kuantitatif. Teori komunikasi yang digunakan adalah model uses and gratification. Berdasarkan hasil penelitian  ditemukan bahwa sebagian besar masyarakat  sudah menggunakan PLIK. Mayoritas responden adalah pelajar yang menggunakan PLIK untuk tujuan integratif. Pengelola PLIK menghadapi kendala teknis, dimana akses internet sangat lambat, mereka tidak dibekali pengetahuan  mengatasi permasalahan teknis, dan sistem operasi linux fedora dianggap tidak familiar bagi pengunjung PLIK. Sedangkan tingkat kepuasan masyarakat dalam menggunakan PLIK  sudah cukup baik, terlihat pada kepuasan mereka terhadap kecepatan akses, serta kondisi ruangan PLIK yang merupakan salah satu faktor penentu kenyamanan pengguna saat berkunjung ke PLIK, meskipun masih terdapat kendala koneksi internet dan perawatan  jaringan dalam penyelenggaraan PLIK.

Dimensions

Article Details

How to Cite
Djaffar, R. (2013). Pemanfaatan Pusat Layanan Internet Kecamatan di Sulawesi Selatan. Jurnal Pekommas, 16(2), 105–112. https://doi.org/10.30818/jpkm.2013.1160203
Section
Informatics

References

Kriyantono, Rakhmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Quail, MC.. (1997). Teori Komunikasi Massa, Jakarta, PT. Salemba Humanika

Rakmat, Djalaluddin. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Rogers, E.M. (1986). Communication Technology : The New Media In Society. New York. The Free Press.

Severin,W.J dan Tankard, J.W. (2001). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Terjemahan. Jakarta. Kencana Prenada Media.

Siregar, Ahmad, E,. (2009). Kajian dan Posisi Manajemen Media serta Peta Media di Indonesia. Makalah dipresentasikan dalam Simposium Nasional Kajian Media 2009. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Wahid, F., dan Iswari, L,. (2007). Adopsi Teknologi Informasi Oleh Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Jurnal ISSN:1907-5022. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Pusat Data Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2010). Komunikasi dan Informatika Indonesia Whitepaper 2010. Jakarta. Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Peraturan Menkominfo No:19/PER/M.KOMINFO/12/2010, Tentang Perubahan Atas Peraturan Menkominfo No : 48/PER/M.KOMINFO/11/2009 Tentang Penyediaan Jasa Akses Internet pada Wilayah Universal Telekomunikasi Internet Kecamatan