BERITA PALSU DALAM SEGI KONSEP DAN PRAKTIS

Vience Mutiara Rumata

Abstract

Hoax merupakan sebuah kata yang kian populer di kalangan publik, khususnya bagi pengguna internet dalam hal ini media sosial. Hoax selalu dikaitkan dengan berita palsu (fake news). Namun, apakah arti sesungguhnya hoaks adalah berita bohong? Apakah berita bohong benar-benar disebut sebagai “berita” yang notabene merupakan sebuah karya jurnalistik? Apakah informasi yang disebarkan melalui media sosial dapat disebut dengan “berita”? Pertanyaan-pertanyaan ini menjadi  perdebatan yang perlu ditengahi dengan membedah hoaks baik secara ilmiah maupun secara praktis. Naskah ini membahas hoax baik dari sisi konsep maupun praktis (khususnya regulasi). Secara konseptual, berita palsu dapat dipahami sebagai sebuah produk yang menyerupai berita pada umumnya, namun bersifat manipulatif ataupun tidak dapat diverifikasi. Jenis berita palsu pun beragam. Penyebaran berita palsu ternyata cukup menggiurkan dari segi ekonomi sehingga dapat melibatkan banyak aktor serta memiliki model bisnis tersendiri. Viralitas berita palsu juga dipengaruhi oleh faktor teknologi dan non teknologi. Regulasi untuk menangkal penyebaran berita palsu tidak cukup dengan pendekatan normatif. Tetapi juga harus dipertegas secara praktis.



Refbacks

  • There are currently no refbacks.