KEHUMASAN DAN PELAYANAN PUBLIK DI INSTITUSI LITBANG

Tjetje Djumhana

Abstract

Setiap institusi pemerintah harus melaksanakan kehumasan yang efektif dan efisien, sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik. Setiap instansi pemerintah, pun terikat dengan undang-undang dan peraturan tentang pelayanan publik. Kedua hal tersebut, kehumasan dan pelayanan publik adalah dua hal yang sangat berkaitan erat. Tulisan ini bertujuan untuk melakukan analisis kegiatan kehumasan dan pelayanan publik yang ada di institusi litbang pemerintah yaitu Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara (tekMIRA), yang mana tekMIRA adalah sebuah institusi pemerintah yang memiliki core business dalam litbang mineral dan batubara. Pengamatan dilakukan terhadap kegiatan tahun 2015 hingga 2017 yaitu kunjungan ke tekMIRA, keikutsertaan pameran, pelayanan informasi publik, pengukuran kepuasan pelanggan, pengelolaan konten situs internet dan media sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa tekMIRA telah melaksanakan kegiatan kehumasan dan pelayanan publik yang efektif dan efisien berdasarkan Standard  Operational Procedure (SOP) yang ada. Kegiatan kehumasan dan pelayanan publik tersebut telah memanfaatkan media dari mulai situs internet (website), email, hingga penggunaan media sosial. Hanya saja beberapa SOP dirasa perlu untuk disesuaikan dan disempurnakan.



Refbacks

  • There are currently no refbacks.