PERANCANGAN MEDIA WEB DIGITAL INTERAKTIF SEJARAH “OEANG REPUBLIK INDONESIA” (ORI) 1945-1949 BAGI GENERASI MUDA

Main Article Content

Baskoro Suryo Banindro
M Faizal Rochman

Abstract

Untuk mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia, pada awal revolusi pemerintah memandang perlu menciptakan simbol sekaligus alat legitimasi negara merdeka berdaulat, salah satunya dikenal dengan nama Oeang Republik Indonesia (ORI). Aspek kronik uang ORI merupakan momen penting bagi bangsa Indonesia, tetapi hal ini belum pernah dibahas dan banyak diketahui oleh publik. Untuk itu, perlu suatu kajian yang hasilnya dapat dikomunikasikan dalam sebuah media yang tepat agar peristiwa yang menjadi bagian dari revolusi Indonesia tersebut dapat diketahui bersama terutama bagi generasi muda.  Melalui metode kajian sosio historis dengan pendekatan 5W1H, yakni analisis tentang What (Apa), Why (Mengapa), Where (Di mana), Who (Siapa), When (Kapan) dan How (Bagaimana), ditetapkanlah bahwa web media interaktif akan digunakan sebagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan tentang sejarah uang kertas ORI di masa revolusi. Adapun rumusan masalah dari penelitian dan perancangan ini ialah bagaimana bentuk web media interaktif yang komunikatif dan estetik agar publik dan generasi muda khususnya dapat dengan mudah mengakses informasi sejarah dan dinamika “Oeang Republik Indonesia (ORI)” pada masa revolusi.

Dimensions

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Baskoro Suryo Banindro, Desain Komunikasi Visual, web desain, ISI Yogyakarta

Program Studi Desain Komunikasi Visual, FSR ISI Yogyakarta KEMENRISTEK, Lektor Kepala

References

Ali, Muhamad. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik”. Jurnal Edukasi@Elektro, 5(1) (2009): 11-18.

Anderson, Stephen P., Seductive Interaction Design: Creating Playful, Fun, and Effective User Experiences. New Riders: 1249 Eighth Street Berkeley, CA 94710. 2011.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial: Format-format kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press, 2001.

Cap. O'Rourke to the rescue, 1988, New Straits Times Malaysia. https://news.google.com/newspapers?id=drgTAAAAIBAJ&sjid=S5ADAAAAIBAJ&pg=3478,303305&dq=parallax+scrolling

Crawford, Chris. The Art of Interactive Design. United States of America: Publishers Group West, 2003.

Fitrianti, Rahmawati. Perjalanan Panjang “ORI” Mata Uang Yang Lahir Sebagai Alat Revolusi. Bandung: Rosdakarya, 2008.

Formwalt, Lee W. “Seven Rules for Effective History Teaching or Bringing Life to the History Class”, OAH Magazine of History. 34(2) (2002): 11

Jones, Matt; Marsden, Gary. Mobile Interaction Design. Great Britain, Bell & Bain, Glasgow, 2006.

Juanda, Enjang A. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Dasar-Dasar Mikrokontroler”. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(6) (2011): 439-444

Jupriyanto, Erlina Idolla Ganis. “Pengenalan Adat Tradisional Indonesia Berbasis Multimedia Pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (Mim) Ngadirejan”. Journal Speed–Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. 3(4) (2011): 40-44.

Kartodirdjo, Sartono. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1992.

Lehtimäki, Juhani. Smashing Android UI: Responsive User Interface and Design Patterns for Android Phones and Tablets, United States of America: Command Web Missouri, 2013

Maesaroh, Nani. Peranan Oeang Republik Indonesia (ORI) Dalam Periode Revolusi Kemerdekaan 1946-1950. Skripsi Jurusan Sejarah: Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Majalah Sikap. Mimbar Politik. Djakarta: Badan Penerbit Sikap, 1952

Nurhajarini, Dwi Ratna. Oeang Republik Indonesia Perannya Dalam Perjuangan Bangsa 1946-1950. Yogyakarta: BKSNY, Depdikbud, 1999.

Nurhasanah, Youllia Indrawaty, Senyelda Destyany. “Implementasi Model Cmifed Pada Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Anak Usia TK Dan Playgroup”. Jurnal Informatika. 2(2) (2011): 1-12.

Pawana, Made G. Naswan Suharsono, I Made Kirna. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek Dengan Model Addie Pada Materi Pemrograman”. 2014.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Denpasar: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Sujanem, Rai., I Nyoman Putu Suwindra., I Ketut Tika. “Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web Untuk Siswa Kelas I SMA”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 42(2) (2009): 97-103.

Standler, Ronald B. What Is History and Why Is History Important?. 2011. www.rbs0.com/wh.pdf

Turmuzi, Ahmad. Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Pembangunan Bangsa. Jakarta: Kompas Gramedia, 2011.

Uno, Hamzah B., Abd. Rahman K. Ma’ruf. “Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri”. Jurnal Teknologi Pendidikan. 18(3) (2016): 169-185.

Wardhana, Ali. Sejarah Uang di Indonesia. Yogyakarta: Bentara Budaya, 2009.

Waskito, Danang. “Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Multimedia Bagi Sekolah Dasar Kelas 6”. Speed Journal – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. 11(13) (2014): 59-65.

Wati, Unik A. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. I(1) (2010): 1-16.

Web. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran, http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_tp/article

Wiratsongko. Bank Note & Indonesian Coins. Jakarta: Bank Tabungan Negara Indonesia, 1991.