Wacana Politik dalam Media Dakwah Online

Isi Artikel Utama

Novian Anata Putra

Abstrak

Kebebasan berpendapat dalam media online di Indonesia sudah tak lagi peduli apakah akan berdampak buruk bagi hubungan antar umat beragama atau tidak. Keberadaan situs berlatar Islam, agama mayoritas, bisa jadi mampu mempengaruhi masyarakat. VOA-Islam menjadi salah satu situs berlatar Islam yang dalam visi-misinya menyatakan diri sebagai media dakwah. Penelitian ini, berusaha mengetahui wacana lain selain dakwah dalam rubrik “Berita Politik Indonesia” dalam situs VOA-Islam. Penelitian ini akan menggunakan analisis wacana kritis model VanDijk dalam melihat teks VOA-Islam yang dikemas menyerupai berita. Peneliti juga akan menggunakan definisi politik dari Chilton (2004) dan wacana politik oleh VanDijk (1998) untuk menentukan wacana media dakwah ini termasuk wacana poltik atau bukan. Dari hasil penelitian ini, wacana politik terlihat jelas dilihat dari pemetaan aktor yang bermain dalam situs ini dan tindakan politik yang terlihat dalam analisis mikro/teks. Teks dalam rubrik “Berita Politik Indonesia” menggambarkan usaha VOA-Islam dalam keterlibatannya merebut kekuasaan yang gagal diraih oleh KMP.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Altusser, L.. "Ideology and Ideologycal State Apparatus (Notes Towards an Investigation)". In Media and Cultural Studies Keyword (Pp. 75-87). edited by D. a. Blackwell Publishing, 2006.

Arifin, H. M. Psikologi Dakwah Suatu Pengantar (Cetakan Pertama). Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Bahtiar, W. Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah. Jakarta: Logos, 1997.

Bunt, G. R. Virtually Islamic: Computer-Mediated Communication and Cyber Islamic Environments. Cardiff: University of Wales Press, 2000.

Castells, M. Communication Power. Oxford: Oxford University Press, 2009.

Chilton, P. Analysing Political Discourse: Theory and Practice. London: Routledge, 2004.

Dahlgren, P. The Political Web: Media, Participation and Alternative Democrazy. Basingstoke: Palgrave Macmillan, 2013.

DiMaggio, P., Hargittai, E., Neuman, W. R., & Robinson, J. P. "Sosial Implication of the Internet". Annual Reviews (2001): 307-336.

el-Nawawy, M., & Khamis, S. "Collective Identity in The Virtual Islamic Pulic Sphere". The International Communication Gazette (2010): 229-250.

Fairclough, N. L. Critical Discourse Analysis: Papers in the Critical Study of Language. London: Longman, 1995.

Faris, D. Revolutions without revolutionaries? Social media networks and regime response in Egypt. Pennsylvania: Publicly accessible Penn Dissertations, 2010.

Fenton, N., & Barassi, V. "Alternative Media and Social Networking Sites: The Politics of Individuation and Political Participation". The Communication Review (2011): 179-196.

Hofheinz, A. "The Internet in the Arab World: Playground for Political Liberalization". International Politics and Society (2005): 78-96.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Buku Saku Data dan Tren TIK Indonesia. Jakarta: Badan Litbang SDM Kominfo, 2014.

Khatib, L. "Communicating Islamic Fundamentalism as Global Citizenship". Journal of Communication Inquiry (2004): 389-409.

Luhmann, N. The Reality of the Mass Media. California: Stanford University Press, 2000.

Malik, H. A. Analisis Framing dan Ideologi Informasi Islam Situs eramuslim.com dan voa-islam.com. Semarang: IAIN Walisongo Semarang, 2014.

Munsyarihah, N. Propaganda VOA-Islam dalam Rubrik Indonesiana (Analisis Isi Kualitatif Rubrik Indonesiana situs www.voa-Islam.com Periode Januari-Maret 2014). Yogyakarta: Skripsi-Universitas Gadjah Mada, 2014.

Piliang, Y. A. Posrealitas: Realitas Kebudayaan dalam Era Postmetafisika. Yogyakarta: Jalasutra, 2009.

Pratiwi, D. A. (2015, september 4). IMF Beberkan Penyebab Lambatnya Ekonomi Dunia. Diambil kembali dari Okezone Finance: http://economy.okezone.com/read/2015/09/03/213/1207901/imf-beberkan-penyebab-lambatnya-ekonomi-dunia

Putra, N. A. "Ahok dalam Berita Maya (Analisis Isi VOA-Islam dalam Memberitakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama Alias Ahok)". Jurnal Penelitian Komunikasi, 18(2) (2015): 141-152.

Santana, S. Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2005.

Setianto, W. A. Radikalisme dalam Media Massa Online Islam Pada Tiga Situs Islam : voa-islam.com, arrahmah.com, eramuslim.com. Yogyakarta: Prisma.LPPM.UGM, 2014.

Sgarbossa, E. “Heads I Win, Tails You Lose: Logical Fallacies and Ethics in Everyday Language". Translation Journal, 10(4) (2006).

Sobur, A. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004.

Stiegler, B. "Teleologics of the snail: The errant self wired to a WiMax network". Theory, Culture and Society (2009): 33-45.

Stovall, D. Engaging community: Notes on the necessity of reflection. Journal of Thought (2005): 55-66.

Syukir, A. Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam. Al-Iklas: Surabaya, 1983.

VanDijk, T. A. News As Discourse. Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates Inc., 1988.

VanDijk, T. A. "What is Political Discourse Analysis". In Political Linguistics, edited by J. D. Blommaert, & C. Bulcaen (Pp. 11-52). Amsterdam: Benjamins, 1998.

Wodak, R. The Discourse of Politics in Action: Politics as Usual. Basingstoke: Palgrave, 2009.

Wodak, R. "The Glocalization of Politics in Television: Fiction or Reality?". European Journal of Cultural Studies, 13(1) (2010): 43-62.