Jurnalisme Digital dan Etika Jurnalisme Media Sosial (Studi pada Akun Instagram @tempodotco dan @tribunjogja) (Digital Journalism and The Ethics of Social Media Journalism (Study in the Instagram Account @tempodotco and @tribunjogja))

Isi Artikel Utama

Rani Dwi Lestari

Abstrak

Media sosial kini tidak hanya digunakan sebagai sarana untuk eksistensi diri, namun juga digunakan sebagai sumber untuk mendapatkan informasi. Penelitian ini membahas mengenai fenomena penggunaan media sosial instagram sebagai sarana penyebaran berita media massa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana instagram digunakan sebagai sarana penyebarluasan berita oleh perusahaan media dan bagaimana penerapan kaidah etika jurnalistik dalam praktik jurnalisme digital di instagram. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan objek akun instagram @tempodotco dan @tribunjogja. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan monitoring media sosial instagram. Temuan penelitian menunjukkan bahwa instagram menjadi sarana publikasi karya jurnalistik yang memuat foto, caption, video dan narasi berita, yang melengkapi platform lain yakni media cetak dan media online milik Tempo dan Tribun Jogja. Kaidah etika jurnalistik yang diterapkan dalam praktik jurnalisme media sosial yakni dengan verifikasi berita, akurasi, menyajikan berita faktual, dan memenuhi ketentuan pedoman pemberitaan media siber dimana instagram melekat pada media siber Tempo dan Tribun Jogja sebagai institusi pers.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abadi, Hidayat Surya. 2019. “Media Sosial Dan Antitesis Jurnalisme.” Jurnal Spektrum Komunikasi Vol. 7 No. 1, Juni: 9.

Adiprasetio, Justito, Dkk. 2019. Eksistensi Promosi Di Era Digital: Copywriting Dan Jurnalisme: Tirto.Id dan Kiat Memasarkan Berita. Bandung: Bitread.

Ashari, Muhammad. 2019. “Jurnalisme Digital: Dari Pengumpulan Informasi Sampai Penyebaran Pesan.” Inter Komunika: Jurnal Komunikasi Vol 4, No 1.

Hamna, Dian Muhtadiah. 2017. “Eksistensi Jurnalisme Di Era Media Sosial.” Jurnalisa Vol 03 Nomor 1/ Mei: 111

Haryanto, Ignatius. 2014. Jurnalisme Era Digital, Tantangan Industri Media Abad 21. Jakarta: Pt Kompas Media Nusantara.

Herrero, Jorge Vázquez; Rebollal, Sabela Direito and García, Xosé

López. 2019. “Ephemeral Journalism: News Distribution Through Instagram Stories.” Sagepub Journal Volume 5. Issue 4. https://doi.org/10.1177%2F2056305119888657

Indraswari, Arum Fitri. 2019. Praktik Jurnalisme Media Sosial Akun Instragam @Tempodotco Sebagai Sarana Praktik Jurnalisme Media Sosial Dalam Pemberitaan Demonstrasi RKUHP Yogyakarta. Digital Library Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Ispandriarno, Lukas. 2015. “Membaca Media Daring, Mengikuti Media Sosial: Dimana Etika?” Jurnal Komunikasi Vol. 10, Nomor 1.

Leksono, Ninok. 2019. “Pendidikan Jurnalistik dan Kesiagaan Mengguncang Diri Sendiri.” Jurnal Dewan Pers Edisi 20 November: 38.

Mansour, E. 2018. “The Adoption And Use Of Social Media As A Source Of Information By Egyptian Government Journalists.” Journal Of Librarianship And Information Science, 50 (1): 48–67. Https://Doi.Org/10.1177/0961000616669977.

Muliawanti, Lintang. 2018. “Jurnalisme Era Digital: Digitalisasi Jurnalisme dan Profesionalitas Jurnalisme Online.” Jurnal Lentera Volume II Nomor 1.

Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial, Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasution, Zulkarimein. 2017. Etika Jurnalisme Prinsip-prinsip Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurlatifah, Mufti & Irwansyah. 2019. “Fact-Checking Journalism sebagai Platform Kolaborasi Human and Machine pada Jurnalisme Digital.” Jurnal Komunikasi Volume 13, Nomor 2, April: 121-134 DOI: 10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art1.

Nurlatifah, Mufti. 2020. “Persimpangan Kebebasan Berekspresi dan Tanggung Jawab Sosial pada Regulasi Jurnalisme Digital di Indonesia.” Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi) Volume 22, Nomor 1: 78-79 DOI: http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.1.2020.77-93

Rahadi, Dedi Rianto. 2017. “Perilaku Pengguna dan Informasi Hoax di Media Sosial.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 5 No. 1

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosda Karya

Santoso, Didik Haryadi & Lestari, Rani Dwi. 2018. “Penerapan Etika Jurnalistik dalam Pemberitaan Politik di Media Online (Studi Kasus Pemilihan Gubernur DKI Jakarta).” Jurnal Pekommas Vol. 3 No. 2: 204.

Statista. 2017. “2022 Pengguna Media Sosial Indonesia Mencapai 125 Juta.” Diakses dari Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2017/08/22/2022-Pengguna-Media-Sosial-Indonesia-Mencapai-125-Juta.

Statista, 2020. “Ini Media Sosial Paling Populer Sepanjang April 2020.” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/05/25/ini-media-sosial-paling-populer-sepanjang-april-2020.

Sudibyo, Agus. 2013. 50 Tanya Jawab Tentang Pers. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Tresnawati, Yuni & Prasetyo, Kurniawan. 2018. “Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial.” Jurnal Profesi Humas Volume 3, No. 1: 105.

We Are Social. 2018. “Berapa Pengguna Instagram dari Indonesia.” Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2018/02/09/Berapa-Pengguna-Instagram-Dari-Indonesia

We Are Social. 2019. “Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia.” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-indonesia#:~:text=Berdasarkan%20hasil%20riset%20Wearesosial%20Hootsuite,atau%20sekitar%2048%25%20dari%20populasi.

We Are Social. 2020. “Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia.” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia#:~:text=10%20Media%20Sosial%20yang%20Sering%20Digunakan%202020&text=Persentase%20pengguna%20yang%20mengakses%20Youtube,%25%2C%20dan%20Instagram%2079%25.

Wendratama, Engelbertus. 2017. Jurnalisme Online, Panduan Membuat Konten Media yang Berkualitas dan Menarik. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Widodo, Yohanes. 2010. “Menyoal Etika Jurnalisme Kontemporer: Belajar Dari Ohmynews.” Jurnal Aspikom 1, No. 1: 45.

Winarni & Lestari, Rani Dwi. 2019. “Sumber Berita Netizen dalam Perspektif Etika Jurnalistik (Studi Kasus pada Media Online Jogja.tribunnews.com).” Jurnal Pekommas Vol. 4 No. 1, April: 85-96.