Jurnalisme Digital dan Etika Jurnalisme Media Sosial (Studi pada Akun Instagram @tempodotco dan @tribunjogja) (Digital Journalism and The Ethics of Social Media Journalism (Study in the Instagram Account @tempodotco and @tribunjogja))
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Jurnal IPTEK-KOM menggunakan kebijakan akses terbuka. Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Abadi, Hidayat Surya. 2019. “Media Sosial Dan Antitesis Jurnalisme.” Jurnal Spektrum Komunikasi Vol. 7 No. 1, Juni: 9.
Adiprasetio, Justito, Dkk. 2019. Eksistensi Promosi Di Era Digital: Copywriting Dan Jurnalisme: Tirto.Id dan Kiat Memasarkan Berita. Bandung: Bitread.
Ashari, Muhammad. 2019. “Jurnalisme Digital: Dari Pengumpulan Informasi Sampai Penyebaran Pesan.” Inter Komunika: Jurnal Komunikasi Vol 4, No 1.
Hamna, Dian Muhtadiah. 2017. “Eksistensi Jurnalisme Di Era Media Sosial.” Jurnalisa Vol 03 Nomor 1/ Mei: 111
Haryanto, Ignatius. 2014. Jurnalisme Era Digital, Tantangan Industri Media Abad 21. Jakarta: Pt Kompas Media Nusantara.
Herrero, Jorge Vázquez; Rebollal, Sabela Direito and García, Xosé
López. 2019. “Ephemeral Journalism: News Distribution Through Instagram Stories.” Sagepub Journal Volume 5. Issue 4. https://doi.org/10.1177%2F2056305119888657
Indraswari, Arum Fitri. 2019. Praktik Jurnalisme Media Sosial Akun Instragam @Tempodotco Sebagai Sarana Praktik Jurnalisme Media Sosial Dalam Pemberitaan Demonstrasi RKUHP Yogyakarta. Digital Library Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Ispandriarno, Lukas. 2015. “Membaca Media Daring, Mengikuti Media Sosial: Dimana Etika?” Jurnal Komunikasi Vol. 10, Nomor 1.
Leksono, Ninok. 2019. “Pendidikan Jurnalistik dan Kesiagaan Mengguncang Diri Sendiri.” Jurnal Dewan Pers Edisi 20 November: 38.
Mansour, E. 2018. “The Adoption And Use Of Social Media As A Source Of Information By Egyptian Government Journalists.” Journal Of Librarianship And Information Science, 50 (1): 48–67. Https://Doi.Org/10.1177/0961000616669977.
Muliawanti, Lintang. 2018. “Jurnalisme Era Digital: Digitalisasi Jurnalisme dan Profesionalitas Jurnalisme Online.” Jurnal Lentera Volume II Nomor 1.
Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial, Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nasution, Zulkarimein. 2017. Etika Jurnalisme Prinsip-prinsip Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
Nurlatifah, Mufti & Irwansyah. 2019. “Fact-Checking Journalism sebagai Platform Kolaborasi Human and Machine pada Jurnalisme Digital.” Jurnal Komunikasi Volume 13, Nomor 2, April: 121-134 DOI: 10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art1.
Nurlatifah, Mufti. 2020. “Persimpangan Kebebasan Berekspresi dan Tanggung Jawab Sosial pada Regulasi Jurnalisme Digital di Indonesia.” Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi) Volume 22, Nomor 1: 78-79 DOI: http://dx.doi.org/10.33164/iptekkom.22.1.2020.77-93
Rahadi, Dedi Rianto. 2017. “Perilaku Pengguna dan Informasi Hoax di Media Sosial.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 5 No. 1
Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosda Karya
Santoso, Didik Haryadi & Lestari, Rani Dwi. 2018. “Penerapan Etika Jurnalistik dalam Pemberitaan Politik di Media Online (Studi Kasus Pemilihan Gubernur DKI Jakarta).” Jurnal Pekommas Vol. 3 No. 2: 204.
Statista. 2017. “2022 Pengguna Media Sosial Indonesia Mencapai 125 Juta.” Diakses dari Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2017/08/22/2022-Pengguna-Media-Sosial-Indonesia-Mencapai-125-Juta.
Statista, 2020. “Ini Media Sosial Paling Populer Sepanjang April 2020.” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/05/25/ini-media-sosial-paling-populer-sepanjang-april-2020.
Sudibyo, Agus. 2013. 50 Tanya Jawab Tentang Pers. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Tresnawati, Yuni & Prasetyo, Kurniawan. 2018. “Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial.” Jurnal Profesi Humas Volume 3, No. 1: 105.
We Are Social. 2018. “Berapa Pengguna Instagram dari Indonesia.” Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2018/02/09/Berapa-Pengguna-Instagram-Dari-Indonesia
We Are Social. 2019. “Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia.” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-indonesia#:~:text=Berdasarkan%20hasil%20riset%20Wearesosial%20Hootsuite,atau%20sekitar%2048%25%20dari%20populasi.
We Are Social. 2020. “Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia.” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia#:~:text=10%20Media%20Sosial%20yang%20Sering%20Digunakan%202020&text=Persentase%20pengguna%20yang%20mengakses%20Youtube,%25%2C%20dan%20Instagram%2079%25.
Wendratama, Engelbertus. 2017. Jurnalisme Online, Panduan Membuat Konten Media yang Berkualitas dan Menarik. Yogyakarta: Bentang Pustaka.
Widodo, Yohanes. 2010. “Menyoal Etika Jurnalisme Kontemporer: Belajar Dari Ohmynews.” Jurnal Aspikom 1, No. 1: 45.
Winarni & Lestari, Rani Dwi. 2019. “Sumber Berita Netizen dalam Perspektif Etika Jurnalistik (Studi Kasus pada Media Online Jogja.tribunnews.com).” Jurnal Pekommas Vol. 4 No. 1, April: 85-96.