USE OF DIGITAL MEDIA AND POLITICAL PARTICIPATION MILENIAL GENERATION

Christiany Juditha, Josep J. Darmawan

Abstract

Fenomena generasi milenial merupakan topik yang banyak dibahas karena dianggap unik. Generasi ini tidak bisa lepas dari teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet. Namun sering juga dianggap sebagai generasi yang paling tidak peduli dengan persoalan politik, diantaranya menjadi warga negara yang tidak ikut menggunakan hak pilih mereka dalam Pemilu. Padahal generasi milenial memiliki potensi karena jumlahnya besar serta sebagai penerus pemimpin bangsa sehingga partisipasi politik mereka sangat dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media digital dan partisipasi politik generasi melilenial. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan kuesioner disebar secara online. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa seratus persen responden merupakan generasi milenial (18-37 tahun) adalah pengguna internet. Telepon selular adalah media yang paling banyak digunakan saat terhubung internet dengan durasi 5-10 jam/hari untuk berkomunikasi dan mencari informasi. Media sosial dan grup obrolan online adalah media digital yang juga paling dominan digunakan. Sementara untuk konten digital yang paling sering diakses adalah film, pesan teks dan video digital. Generasi milenial menganggap bahwa topik politik sebagai topik yang biasa saja. Meski demikian, responden mengakui tetap mengikuti berita-berita politik yang banyak diakses dari media online dan televisi. Partisipasi politik dari generasi milenial juga cenderung rendah. Terutama untuk menjadi anggota atau pendukung aktif partai politik, ikut melakukan unjuk rasa nyata mendukung/menolak kebijakan pemerintah, serta menghubungi pemerintah/politisi/pejabat untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat. Meski demikian mayoritas dari mereka tetap akan memberikan suara dalam Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden Indonesia tahun 2019.


References

Ali, Hasanuddin, Lili Purwandi, Harry Nugroho, Anastasya Ekoputri, Taufuqul Halim. (2017). The Urban Middle-Class Millenials Indonesia: Financial And Online Behavior. Laporan Hasil Penelitian. Jakarta: Alvara Research Center. Diakses dari website: http://alvara-strategic.com/wp-content/uploads/whitepaper/The-Urban-Middle-Class-Millenials.pdf, 10 Agustus 2018.

Ali, Hasanudin. 2016. 3M, Kunci Kemenangan dalam Pilgub DKI Jakarta 2017. Diakses dari website dari: http://www.republika.co.id/berita/jurnalismewarga/wacana/16/10/05/oekh2u408-3m-kunci-kemenangandalam-pilgub-dki-jakarta-2017, pada 11 Agustus 2018.

Alvara Research Centre. (2014). Generasi Millennial Indonesia: Tantangan dan Peluang Pemuda Indonesia. Diakses dari website: http://alvara-strategic.com/generasi-millennial-indonesia-tantangan-dan-peluang-pemuda-indonesia/, pada 11 April 2018.

Back, H., Teorell, J., & Westholm, A. (2011). Explaining Modes of Participation: a Dynamic Test of Alternative Rational Choice Models. Journal Scandinavian Political Studies, 34(1), 2011, 74–97.

Borodin, A., Smith, R. K., & Bush, A. (2010). Summary Brief: Does Generation Y’s Value Toward Work, Self, and Individual Responsibility Influence Their Ethicality? Society for Marketing Advances Proceedings, 112-113.

Bourne, P,.A (2010). Modelling Political Trust in a Developing Country Current. Research Journal of Social Sciences 2(2): 84-98.

BPS. (2010). Sensus Penduduk 2010. Diakses dari website: https://www.bps.go.id/news/2011/11/01/5/bps-telah-merilis-hasil-sensus-penduduk-2010.html, pada 1 April 2018.

Cates, S. V. (2014). The Young and The Restless: Why Don’t Millennials Join Unions? International Journal of Business and Public Administration, 11(2), 2014, 107- 119.

Dahrendorf R (2003). The Challenge for Democracy. Journal of Democracy. 14 (4) 2003.

Dewey, Melvil. (2011). Dewey Decimal Classification and Relative Index. 23rd ed.; Joan S. Mitchell, Julianne Beall, Rebecca Green, Giles Martin, and Michael Panzer, eds. Dublin, Ohio: OCLC.

Dimitriou, C. K, & Blum, S. C. (2015). An Exploratory Study of Greek Millenials in The Hotel Industry: How Do They Compare to Other Generations? International Journal of Global Business, 8(1), 2015, 62- 92.

EACEA (Education, Audiovisual and Culture Executive Agency) (2012). Political participation and EU citizenship: Perceptions and behaviors of young people. Evidence from Eurobarometer surveys. European Commission.

Estok M, Nevitte N & Cowan G. (2002). The Quick Count and Election Observation. Washington: NDI.

Folkerts, J., Lacy, S., Larabee, A. (2008). The Media in Your Life: An Introduction to Mass Communication (4th ed.) Boston: Pearson Cavazza, F. 2012Education Inc.

Gagnier, Christina. (2008). Democracy 2.0: Millennial-Generated Change to American Governance. National Civic Review, Fall 2008, Vol.97(3), p.32.

Gilman, Hollie Russon, Elizabeth Stokes. (2014). The Civic And Political Participation of Millennials and Millennials Rising. @Newamerica.

Glasow, Priscilla A. (2014). Fundamentals of Survey Research Methodology. Washington C3 Center McLean, Virginia: Mitre.

Green, Rebecca, Huang, Xiaoli. (2013). Classification of Digital Content, Media, and Device Types. OCLC Online Library Computer Center, Inc dan Sun Yat-Sen University. Diakses dari website: http://www.iskouk.org>files>GreenPaper pada 17 April 2018.

Haste, H. & Hogan, A. (2006). Beyond conventional civic participation, beyond the moral-political divide: Young people and contemporary debates about citizenship. Journal of Moral Education, 35(4), 2006, 473-493.

Howe, N., & Strauss, W. (1991). Generations: the history of America’s future, 1584 to 2069. New York City: William Morrow Paperbacks.

Howe, N., & Strauss, W. (2000). Millennials Rising: The Next Great Generation. New York: Vintage.

Idrus, N., Ng, P. K., & Jee, K. S. (2014). Sustaining Quality in Higher Education in Southeast Asia Through Understanding Generational Changes. Journal of Applied Sciences, 14(16) 2014, 1819- 1827. doi: 10.3923/jas.2014.1819.1827.

Isnaini, Muhamad. (2017). Gerakan Kerelawanan Generasi Milenial: Kasus Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2017 Dalam Perspektif Komunikasi Politik. Kolase Komunikasi di Indonesia.

JakPat App. Preferensi Politik Generasi Millennial. Dipublikasikan pada 30 September 2015.

Katz, E., Blumer J. G. Dan Gurevitch, M. (1974). Utilization of Mass Communication by The Individual, dalam J.G. Blumer dan E. Katz (eds), The Uses of Mass Communication. Baverly Hills: Sage.

Kilber, J., Barclay, A., dan Ohmer, D. (2014). Seven Tips for Managing Generation Y. Journal of Management Policy and Practice. 15: 4, 80-9.

Kraemer, K. L. (1991). Introduction. Paper presented at The Information Systems Research Challenge: Survey Research Methods.

Kupperschmidt, B.R. (2000), Multigenerational Employees: Strategies for Effective Management. The Health Care Manager, 19(1),65-76.

Liputan6. (2016). Pentingnya Partisipasi Politik Generasi Y di Media Sosial. Doakses dari website: https://www.liputan6.com/showbiz/read/2510827/pentingnya-partisipasi-politik-generasi-y-di-media-sosial pada 13 Agustus 2018.

Little, Ben. (2009). The Millennial Generation and Politics. Journal of Politics and Culture, July 2009, Issue 42, pp.119-128. 42, pp.119-12.

Lyons, S. (2004). An exploration of generational values in life and at work. ProQuest Dissertations and Theses, 441-441. Diakses dari website: http://ezproxy.um.edu.my/docview/305203456?accountid=28930 pada 10 Agustus 2018.

Martin, C. A. and Tulgan, B. (2002). Managing the Generational Mix. Amherst, MA: HRD Press.

Morissan. (2016). Tingkat Partisipasi Politik dan Sosial Generasi Muda. Jurnal Visi Komunikasi, Volume 15, No.01, Mei 2016: 96 – 113 102.

Pew Research Center. (2014). Millennials in Adulthood: Detached from Institutions, Networked with Friends.

Pirie, M. & Worcester, R.M. (1998). The Millennium Generation. London: Adam Smith Institute.

Putra, Yanuar Surya. (2016). Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Makarti Vol.9 No.18, Desember 2016. Diakses dari website: http://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/viewFile/142/133, pada 15 April 2018.

Roebuck, D. B., Smith, D. N., & Haddaoui, T. E. (2013). Cross-Generational Perspectives on Work-Life Balance and Its Impact On Women’s Opportunities for Leadership in The Workplace. Advancing Women in Leadership, 33, 52- 62.

Sandfort, Melissa H & Jennifer G Haworth. (2002). Whassup? A Glimpse Into the Attitudes and Beliefs of the Millennial Generation. Journal of College and Character, 3:3, , DOI: 10.2202/1940-1639.1314.

Schullery, N. M. (2013). Workplace Engangement and Generational Differences in Values. Business Communication Quarterly, 76(2), 252- 265. doi: 10.1177/1080569913476543

Solomon, M. (2009). Consumer behavior: Buying, Having, and Being. 8th ed. Upper Saddle River, N.J.: Pearson Prentice Hall.

Tapscott, Don. 2013. Grown Up Digital: Yang Muda yang Mengubah Dunia (Jakarta:Gramedia Pustaka Utama).

Teorell, J., Torcal, M., & Montero, J.R.(2007). Political Participation: Mapping the Terrain. Dalam J. W. Deth., J. R. Montero & A. Westholm (Eds). Citizenship and Involvement in European Democracies: A Comparative Analysis. London and New York: Routledge.

West, Richard, Lynn H.Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (Buku 2) (Edisi 3). Jakarta: Salemba Humanika.

Young, S. J. et al. (2013). Generational Differences and Job Satisfaction in Leisure Services. Managin Leisure, 18(2) 2013, 152- 170. doi: 10.1080/13606719.2013.752213.




DOI: http://dx.doi.org/10.33299/jpkop.22.2.1628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.