Utilization of News on Television Media in the Promotion of Potential Tourism Objects in the Era of Media Convergence

Main Article Content

Aat Ruchiat Nugraha
Susie Perbawasari
Feliza Zubair

Abstract

Perkembangan destinasi wisata baru dapat terungkit dengan adanya informasi yang tersebar secara viral melalui media massa televisi maupun media sosial. Salah satu destinasi wisata yang menggunakan strategi promosi berita televisi yaitu wisata Geoculture Track Gunung Batu Lembang yang berwawasan masyarakat, budaya dan lingkungan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai pro-kontra pemberitaan promosi destinasi wisata baru geoculture track pada televisi swasta nasional yang terjadi di masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang di mana peneliti memaparkan fakta-fakta yang terjadi untuk kemudian dilakukan pengkajian dan pembahasan berdasarkan elemen teori Agenda Setting sebagai pedoman analisis fenomena pemberitaan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi mengenai destinasi wisata baru geoculture track yang dipublikasikan merupakan hasil liputan media yang bersumber dari sekelompok masyarakat yang menyelenggarakan event pariwisata kontemporer daerah Lembang dan sekitarnya yang mengandung nilai kebersamaan, pelestarian budaya lokal, dan penataan pesona alam yang pegunungan menjadi bernilai ekonomis. Kesimpulan penelitian ini adalah informasi pemberitaan destinasi wisata baru geoculture track telah memberikan penambahan khasanah pariwisata di wilayah kabupaten Bandung Barat walaupun dalam perjalanannya masih ada sebagian besar masyarakat di sekitar destinasi wisata baru geoculture track kurang setuju terhadap pembukaan destinasi wisata baru yang mengarah pada eksploitasi alam yang dapat merusak harmonisasi manusia dengan lingkungannya. 

Dimensions

Article Details

Section
Artikel
Author Biography

Aat Ruchiat Nugraha, Universitas Padjadjaran

Prodi Hubungan Masyarakat

References

Agustina, Tri, and Irwansyah. “Peran Agenda Setting Media Massa Dalam Kebijakan Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras Oleh Pemerintah.” Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi 7, no. 2 (2017): 227–36. https://doi.org/10.34010/JIPSI.V7I2.549.

Asrianti, Nur, Achmad Herman, and Andi Akifah. “Kebijakan Redaksi Kompas TV Makassar Dalam Menayangkan Berita.” Mediakom 2, no. 2 (2019): 135–46. https://doi.org/10.32528/mdk.v2i2.1926.

Baran, Stanley J., and Dennis K. Davis. Mass Communication Theory: Foundations, Ferment, and Future. Six. Boston: Wadsworth, 2012.

Campbell, R., Martin, C., & Fabos, B. Media & Culture: Mass Communication in a Digital Age. Ninth. Boston: Bedford/St. Martin’s Publisher, 2014.

Cindoswari, Ageng Rara, Sholihul Abidin, and Hendri Herman. “Agenda Setting Harian Tribun Batam Dalam Pemberitaan Implementasi Kawasan Ekonomi Khusus.” Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media 2, no. 1 (2017): 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.33884/commed.v2i1.233.

Elfrida, Santhy Verawati. “Proses Membangun Agenda Setting Kebijakan Pada Portal Berita Pemerinyahan Dan Kesesuaiannya Dengan Agenda Media Online.” Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi 6, no. 1 (2015): 13–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17933/mti.v6i1.72.

Hermawan, Hary, and Abdul Yosef Ghani. “Geowisata: Solusi Pemanfaatan Kekayaan Geologi Yang Berwawasan Lingkungan.” Jurnal Sains Terapan Pariwisata 3, no. 3 (2018): 391–408. https://jstp.polteksahid.ac.id/index.php/jstp/article/view/306/179.

Hilman, Yusuf Adam. “Strategi Pengembangan Pariwisata Melalui Media.” Jurnal Nasional Pariwisata 10, no. 1 (2018): 39–45. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jnp.59464.

Hutagalung, Inge. Teori-Teori Komunikasi Dalam Pengaruh Psikologi. Jakarta: Indeks, 2015.

Kasim, Azahar, Mohd Azizuddin Mohd Sani, Awan Ismail, and Az Zamakhsyari Masri. “Pembingkaian Berita Krisis Selatan Thailand Dalam Akhbar Aliran Perdana Di Malaysia.” Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication 31, no. 1 (2015): 27–40. http://www.myjurnal.my/filebank/published_article/29912/3.pdf.

Lestaluhu, Said. “Peran Media Cetak Dalam Mengawal Kebijakan Publik Di Kota Ambon.” Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik 19, no. 1 (2015): 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33299/jpkop.19.1.332.

Lindawati, Lisa. “Media Lokal Dan Suara Desa: Analisis Isi Surat Kabar Lokal Online Di Kabupaten Banyumas.” Jurnal Komunikasi Indonesia 3, no. 2 (2014): 109–18. https://doi.org/https://doi/org/10.7454/jki.v3i2.8845.

Littlejohn, Stephen W., and Karen A. Foss. Teori Komunikasi. 9th ed. Jakarta: Salemba Humanika, 2009.

McCombs, Maxwell. Setting The Agenda: The Mass Media and Public Opinion. Second. Cambridge: Polity Press, 2014.

Muntadliroh. “Komunikasi Multikultural Di Media Televisi Indonesia: Kontrol Pemerintah Terhadap Imperialisme Budaya.” Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik 22, no. 1 (2018): 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33299/jpkop.22.1.1303.

Nida, Fatma Laili Khoirun. “Persuasi Dalam Media Komunikasi Massa.” Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam “AT-TABSYIR” 2, no. 2 (2014): 77–95. https://doi.org/10.21043/at-tabsyir.v2i2.502.

Prabowo, Maybi, and Irwansyah. “Trending Topics Vs Agenda-Setting : Pengaruh Trending Topics Politik Sebagai Reversed Agenda-Setting Dan Haluan Politik Pemilik Terhadap Berita Politik Di Televisi.” Jurnal Komunikasi Indonesia 5, no. 1 (2016): 5–15. https://doi.org/https://doi/org/10.7454/jki.v5i1.8895.

Pujileksono, Sugeng. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Kelompok Instrans Publishing, 2016.

Ritonga, Elfi Yanti. “Teori Agenda Setting Dalam Ilmu Komunikasi.” Jurnal Simbolika 4, no. 1 (2018): 32–41. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1460.

Saeroji, Amad, Deria Adi dan Wijaya, and Wijaya Wardani. “A Study of Solo’s Tourism Product Potential as Halal Tourism Destination in Indonesia.” Jurnal Kawistara 8, no. 3 (2018): 213–309. https://doi.org/10.22146/kawistara.38363.

Sandra, Agus, and Amiruddin Saleh. “Analisis Berita Pertanian Koran Kampus IPB Dari Perspektif Agenda Theory.” Jurnal Komunikasi Pembangunan 11, no. 2 (2013): 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.46937/1120139074.

Sarosa, Samiaji. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar. Jakarta: Penerbit Indeks Jakarta, 2017.

Setyanto, Yugih, and Septia Winduwati. “Diseminasi Informasi Terkait Pariwisata Berwawasan Lingkungan Dan Budaya Guna Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan.” Jurnal Komunikasi 9, no. 2 (2017): 164–75. https://doi.org/10.24912/jk.v9i2.1077.

Solihat, Manap. “Diversifikasi Media Massa Dan Demokrasi Di Indonesia.” Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi 5, no. 2 (2015): 95–102. https://doi.org/10.34010/JIPSI.V5I2.230.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. 4th ed. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2015.

Zotto, Cinzia Dal, and Artur Lugmayr. “Media Convergence as Evolutionary Process.” In Media Convergence Handbook- Vol.2: Firm and User Perspectives, edited by Arthur Lugmayr and Cinzia Dal Zotto, 2:3. New York: Springer, 2016.