Adoption of Innovation Online Transportation Application in Post-Millennial Generation in Pekanbaru City

Muhammad Badri

Abstract

Revolusi industri 4.0 mendorong berkembangnya industri transportasi berbasis aplikasi. Difusi inovasi aplikasi transportasi daring terjadi hampir di seluruh kota di Indonesia dan mulai dikenalkan di Kota Pekanbaru sejak 2017. Salah satu pengguna potensial aplikasi ini adalah generasi pasca-milenial. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui adopsi inovasi aplikasi transportasi daring pada generasi pasca-milenial di Kota Pekanbaru. Model penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan format deskriptif untuk menganalisis tahapan proses keputusan inovasi: (1) pengetahuan, (2) persuasi, (3) keputusan dan implementasi, dan (4) konfirmasi. Jumlah sampel penelitian 100 orang pengguna aplikasi transportasi daring berusia 17 sampai 23 tahun. Hasil penelitian menemukan bahwa skor tahap pengetahuan kuat (77,8%) terutama pada indikator pengguna gawai sangat aktif. Skor persuasi sangat kuat (80,6%) terutama indikator kemudahan instalasi aplikasi tansportasi daring. Tahap keputusan dan implementasi sebagian besar responden merupakan kelompok inovator (36%) dengan skor implementasi cukup (43,4%) paling banyak untuk layanan pengantaran makanan dan ojek. Pada tahap konfirmasi skor meningkat menjadi 59,8% dengan indikator tertinggi tetap menginstal aplikasi dan meningkatkan penggunaan transportasi ojek dan taksi.


Keywords


Inovasi; transportasi daring; pasca-milenial


References

Afrianto, Dedy. “Transportasi Online, Era Baru Generasi Millenial Indonesia.” Okezone, March 3, 2016, https://economy.okezone.com/read/2016/03/22/320/1342641/transportasi-online-era-baru-generasi-millenial-indonesia.

Anwar, Ahsani Amalia. “Online vs Konvensional: Keunggulan dan Konflik Antar Moda Transportasi di Kota Makassar”. Etnosia: Jurnal Etnografi Indonesia 2-2 (2017): 220-224.

Aziah, Ayu dan Popon Rabia Adawia. Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia). Cakrawala 18-2 (2018):149–156. doi: https://doi.org/10.31294/jc.v18i2

Bartodziej, Christoph Jan. The Concept Industry 4.0 An Empirical Analysis of Technologies and Applications in Production Logistics. Wiesbaden: Springer, 2017.

BPS. Profil Generasi Milenial Indonesia Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 2018.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana, 2014.

Cleveland, Mark and Laroche, Michel. “Acculturaton to the global consumer culture: Scale development and research paradigm.” Journal of Business Research 60, Issue 3 (2007): 249-259. Doi: 10.1016/j.jbusres.2006.11.006.

Detikinet. “Awal Mula Transportasi Online Menjamur di Indonesia.” August 22, 2017, https://inet.detik.com/cyberlife/d-3609781/awal-mula-transportasi-online-menjamur-di-indonesia

Gilchrist, Alasdair. Industry 4.0: The Industrial Internet of Things. California: Apress, 2017.

Graham, Laura P. Generation Z Goes to Law School: Teaching and Reaching Law Students in the Post-Millennial Generation (September 17, 2018). University of Arkansas at Little Rock Law Review, 2019, Forthcoming, https://ssrn.com/abstract=3271137

Hidayatullah, Syarif., Abdul Waris, Riezky Chris Devianti, Syafitrilliana Ratna Sari, Irawan Ardi Wibowo, dan Pande Made PW. Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan 6-2 (2018): 240-249.

Holton, Tara and Fraser, Brenda. Generation Z and Technology. Defence Research and Development Canada, 2015. http://cradpdf.drdc-rddc.gc.ca/PDFS/unc199/p802434_A1b.pdf

Juditha, Christiany dan Darmawan, Josep. “Penggunaan Media Digital dan Partisipasi Politik Generasi Milenial.” Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik 22-2 (2018): 94-109. doi: http://dx.doi.org/10.33299/jpkop.22.2.1628

Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana, 2006.

Kurniawan, Ivana. Pengaruh Awareness dan Faktor Lainnya terhadap Niat Milenial Menggunakan Transportasi Berbasis Aplikasi, 2018. https://www.researchgate.net/publication/329911586

Leeuwis, Cees. Komunikasi untuk Inovasi Pedesaan. Yogyakarta: Kanisius, 2009.

Liao, Yongxin., Luiz Felipe Pierin Ramos, Maicon Saturno, Fernando Deschamps, Eduardode Freitas Rocha Loures, and Anderson LuisSzejka. “The Role of Interoperability in The Fourth Industrial Revolution Era Author links open overlay panel”. IFAC-PapersOnLine 50, Issue 1 (2017): 12434 - 12439. Doi: 10.1016/j.ifacol.2017.08.1248.

Licsandru, Tana Cristina and Chui, Charles Chi. “Ethnic marketing to the global millennial consumers: Challenges and opportunities”. Journal of Business Research 2019. Doi: 10.1016/j.jbusres.2019.01.052.

Mardikanto, Totok. Komunikasi Pembangunan. Surakarta: UNS Press, 2008.

Michelle. Pengaruh Trust dan Faktor Lainnya terhadap Niat Milenial Menggunakan Transportasi Berbasis Aplikasi, 2018. https://www.researchgate.net/publication/329894791

Oblinger, Diana G and Oblinger, James L (eds). Educating the Net Generation. EDUCAUSE, 2005. www.educause.edu/educatingthenetgen/

Pfeffermann, Nicole, “The Scent of Innovation: Towards an Integrated Management Framework for Innovation Communication,” in Strategy and Communication for Innovation, edited by Nicole Pfeffermann, Tim Minshall and Letizia Mortara, 205-224. Heidelberg: Springer, 2013

Posard, Marek N., Jennifer Kavanagh, Kathryn Edwards and Sonni Efron. Millennial Perceptions of Security. RAND Corporation, 2018. https://www.rand.org/content/dam/rand/pubs/research_reports/RR2500/RR2571/RAND_RR2571.pdf

Pratama, Aditya Hadi. “Kilas Balik Perkembangan Layanan Transportasi Online di Tahun 2016”. Techinasia, December 20, 2016. https://id.techinasia.com/kilas-balik-perkembangan-transportasi-online-sepanjang-tahun-2016

Purani, Keyoor., D.S. Kumar and S. Sahadev. “e-Loyalty among millennials: Personal characteristics and social influences”. Journal of Retailing and Consumer Services 48 (2019): 215-223. Doi: 10.1016/j.jretconser.2019.02.006.

Putra, Yanuar Surya. Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti 9-18 (2016): 123-134.

Riansyah, Rifki dan Sya’roni, D.A.W. Faktor-faktor yang mempengaruhi kreatifitas dan inovasi serta implikasinya terhadap kinerja karyawan pada konsultan perencanaan dan pengawasan arsitektur di kota Serang provinsi Banten. Jurnal Ilmiah Magister Managemen UNIKOM 2-1 (2017): 1-17

Riduwan. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta, 2008.

Supratman, Lucy Pujasari. Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal Ilmu Komunikasi 15-1 (2018): 47-60.

Tirto.id. “Gojek dan Revolusi Transportasi Umum.” Tirto, Januari 21, 2016. https://tirto.id/gojek-dan-revolusi-transportasi-umum-b2.




DOI: http://dx.doi.org/10.33299/jpkop.23.2.2320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.