HUBUNGAN ANTARA IKLAN POLITIK DI MEDIA CETAK DAN PERILAKU MEMILIH MASYARAKAT PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR MALUKU PERIODE 2008 - 2013 DI KOTA AMBON
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara intensitas membaca iklan politik di media cetak dan perilaku memilih masyarakat pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Periode 2008 – 2013 di Kota Ambon, (2) mengetahui hubungan antara daya tarik iklan politik di media cetak dan perilaku memilih masyarakat pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Periode 2008 – 2013 di Kota Ambon. Penelitian dilakukan di Kota Ambon Provinsi Maluku. Penarikan sampel dilakukan dua tahap yaitu pertama, berdasarkan areal sampling yaitu Kecamatan Sirimau dan Nusaniwe, dan kedua, penarikan sampel berdasarkan tabel Krejcie yang menghasilkan 285 responden dari 1.097 pelanggan (populasi) dari tiga media cetak di Kota Ambon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara iklan politik di media cetak dan perilaku memilih masyarakat pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2008 - 2013 di Kota Ambon. Namun hubungan ini berada pada kategori rendah. Secara keseluruhan rendahnya hubungan antara iklan politik di media cetak dengan perilaku memilih masyarakat salah satunya disebabkan oleh kuatnya hubungan emosional pemilih berdasarkan kelompok rujukan di dalam masyarakat untuk menentukan pilihan politiknya.
Kata kunci : iklan politik, media cetak, perilaku memilih.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).