POLA PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DI KALANGAN ANAK DAN REMAJA (Kasus di Kota Jayapura Provinsi Papua)

karman karman

Sari

Anak dan remaja memiliki hak mengakses informasi. Hak ini perlu diperhatikan, dilindungi, dan dipenuhi.
Indonesia –bekerjasama dengan berbagai organisasi- berupaya mengembangkan kebijakan dan programprogram
untuk memenuhi hak tersebut. Salah satu programnya adalah kota layak anak. Penelitian ini
memberikan dukungan data dan informasi mengenai pola penggunaan media digital pada anak dan remaja di
Papua. Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif-eksploratif dengan teknik pengumpulan data dengan FGD.
Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media digital bertujuan untuk mendapatkan informasi dan
hiburan termasuk media sosial. Salah satu tempat mereka mengakses internet adalah warnet. Menurut data,
sebagian besar warnet tidak dilengkapi dengan teknologi fi ltering atau pemberitahuan berbentuk pamplet
atau lainya. Selain itu, mereka belum pernah mendapatkan sosialisasi internet sehat. Akibatnya, sisi negatif
penggunaan internet lebih kuat dan lebih dominan ketimbang sisi positifnya (seperti penggunaan internet
untuk belajar, memperoleh informasi, dan interaksi sosial). Dampak negatif yang dimaksud adalah penggunaan
internet sebaagi medium berpacaran. Selain itu, keranjingan bermain games online mendorong anak dan
remaja mencuri uang dan melakukan pemalakkan, serta menggunakan waktu secara tidak proporsional.
Sedangkan sisi positifnya adalah internet membantu pengerjaan tugas sekolah. Karena itu, pemerintah
diharapkan menangani dampak negatif penggunaan internet.
Kata Kunci : Penggunaan Media; Media Digital.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Convention On The Rights Of The Child 1989

Courtois, Mechant, De Marez, Verleye.

Grativication and Seeding Behavior of Online

Adolescent. Journal of Computer-Mediated

Communication, 15 (2009) 109–137

Ferguson, D. & Perse, E. (2000). The World Wide

Web as a functional alternative to television.

Journal of Broadcasting & Electronic Media,

(2), 155-174. Gigil, Susan. (2004). Children,

Youth and Media Around the World: An

Overview of Trends and Issues. Laporan

Penelitian. disajikan dalam 4th World Summit

on Media for Children and Adolescents. Rio

de Janeiro, Brazil, April 2004. www.unicef.

org/videoaudio/intermedia_revised.pdf,

diakses 20 Mei 2012.

Flanagin, Andrew J., Metzger, Miriam J. Internet Use

In The Contemporary Media Environment.

Jurnal Human Communication Research, Vol.

No. 1 Januari 2001.

Griffi n, EM, 2003, A First Look At Communication

Theory, Fifth edition, New York, Mc Graw

Hill.

Griffi n, EM, 2003, A First Look At Communication

Theory, Fifth edition, New York, Mc Graw

Hill.

Hasil FGD di Papua tahun 2011 tanggal 14

November-19 November 2011

Infante, Rancer dan Womack, 1990, Building

Communication Theory, Waveland Press Inc.

Johnson, T. J., & Kaye, B. K. (1998). The Internet:

Vehicle for engagement or a haven for the

disaffected? In T. J. Johnson, C. E. Hays &

S. P. Hays (Eds.), Engaging the public: how

government and the media can reinvigorate

American democracy. Lanham, MD: Rowman

& Littlefi eld

Katz, E., Blumer, Jay G., Gurevitch, (1974), Utilization

of Mass Communication by Individual,

“The Uses of Mass Communication: Curent

Perspective on Gratifi cation Research”,

Beverly Hills-London, Sage Publications.

Liu, Vera Youling., Dimitrova, Daniela. The Uses

And Gratifi cation Derived From Bulletin

Board Systems (BBS) in Chinese Youth”. Chine

Media Research 3(2), 2007.

Rafaeli, S. (1986). The electronic bulletin board: A

computer-driven mass medium. Computers

and the Social Sciences, 2(3), 123-136.

Rahardjo, Turnomo. Cetak Biru Teori Komunikasi

dan Studi Komunikasi di Indonesia.

Disampaikan dalam Simposium Nasional:

Arah Depan Pengembangan Ilmu Komunikasi

di Indonesia. Jakarta, 13 Maret 2009.

Reeves, B., & Nass, C. (1996). The media equation:

How people treat computers, television, and

new media like real people and places. New

York: Cambridge University Press


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.