Pengaruh Social Media Marketing terhadap Ekuitas Merek
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa besar pengaruh social media marketing program “Kulineria” di Instagram terhadap ekuitas merek Tehbotol Sosro berdasarkan teori ekologi media. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal, di mana penelitian meneliti pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan menunjukkan hasil dari kuesioner yang disebar valid, reliabel, dan lolos uji asumsi klasik. Sehingga simpulan dari penelitian ini, terdapat hubungan yang kuat dan positif pada uji korelasi dengan nilai sebesar 0.664. Koefisien determinasi yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh social media marketing program “Kulineria” di Instagram terhadap ekuitas merek Tehbotol Sosro sebesar 44% dengan persamaan regresi Y = 22.65 + 0.549 X. Pengaruh tersebut dapat dijelaskan oleh asumsi kedua dari teori ekologi media yang menyatakan bahwa media memperbaiki persepsi dan mengelola pengalaman. Penelitian ini juga membuktikan asumsi pertama dan ketiga dari teori ekologi media berdasarkan gambaran umum responden. Saran dari penelitian ini adalah perusahaan perlu merancang social media marketing yang dapat meningkatkan engagement antara konsumen dengan perusahaan sehingga dapat memberikan dampak yang lebih signifikan terhadap ekuitas merek.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. New York: McGraw Hill.
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Penelitian Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Mayfield, A. (2008). What is Social Media. London: iCrossing.
Sadat, A. M. (2009). Brand Belief. Jakarta: Salemba Empat.
Sterne, J. (2010). Social Media Metrics: How to Measure and Optimize your Marketing Investmenet. New Jersey: John Wiley & Sons.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Taprial, V., & Kanwar, P. (2012). Understanding Social Media. United States: Ventus Publishing.
Tim Mercu Buana. (2012). The Repotition of Communication in the Dynamic of Convergence. Jakarta: Kencana.
West, R., & Turner, L. H. (2010). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. New York: McGraw-Hill.
Zimmerman, J., & Sahlin, D. (2010). Social Media Marketing All-in-One for Dummies. Hoboken: Wiley Publishing.
Abu-Rumman, A. H., & Alhadid, A. Y. (2014). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordan. Review of Intergrated Business Economic Research, Vol.3 No.1, 315-326.
Muchardie, B. G., Yudiana, N. H., & Gunawan, A. (2016). Effect of Social Media Marketing on Customer Engangement and Its Impact on Brand Loyalty in Caring Colors Cosmetics Martha Tilaar. Binus Business Review, 7 (1), 83-87.
Mailanto, Arsan. (10 Mei 2017). Pengguna Instagram di Indonesia Terbanyak, Mencapai 89%. Diakses dari techno.okezone.com : http://techno.okezone.com/read/2016/01/14/207/1288332/pengguna-instagram-di-indonesia-terbanyak-mencapai-89 pada tanggal 10 Mei 2017.
www.top-brandaward.com. Diakses dari http://www.topbrand-award.com/ pada tanggal 29 Maret 2017 dan 4 April 2017.
www.wearesocial.com. Diakses dari https://wearesocial.com/special-reports/digital-southeast-asia-2017 pada tanggal 29 Maret 2017.
www.instagram.com/tehbotolsosroid. Diakses dari http:// www.instagram.com/tehbotolsosroid/ pada tanggal 25 Maret 2017 dan 4 April 2017.