POLA PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI

Main Article Content

Hasyim Ali Imran

Abstract

Dengan dilatarbelakangi pemunculaan jenis media baru di lingkungan masyarakat, sehubungan dengan perkembangan TIK, penelitian ini mempelajari fenomena pola aktivitas penggunaannya di kalangan masyarakat. Studinya dilakukan dengan metode survei terhadap 400 responden di empat kota propinsi, yaitu Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Jakarta. Dari hasil diskusi dapat disimpulkan bahwa pola aktivitas penggunaan media oleh mayarakat itu, secara empirik memang sudah mengalami perubahan. Namun demikian, perubahan yang muncul sehubungan karena adanya penambahan dua jenis media baru yaitu (internet dan HP) tampak sifatnya baru sebatas pelengkap media konvensional saja. Sementara media konvensional sendiri tampak tetap masih menjadi media yang dominan dalam pola aktivitas penggunaan media masyarakat.

Dimensions

Article Details

Section
Articles

References

Choi; Watt; Dekkers dan Park. Tanpa tahun. Motives of Internet Uses, Croscultural Perspectives, The US- The Netherlands and South Korea, http://www-unix.oit-umass.edu/-comm-dept/ resources/ bib. Htm 1).

Blumler, Jay G. 1979. The Rule of Theory in Uses and Gratification Studies, Communication Research, 6.

Imran, Hasyim Ali. 2003. “Program Informasi Media Televisi dan Penggunaannya Oleh Khalayak”, Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Informasi, 7 (2), Jakarta, Balai Pengkajian dan Pengembangan Informasi Jakarta.

Infante, Dominic A., Rancer, Andrew S., dan Womack, Deanna F. 1990. Building Communication Theory. Illinois: Waveland Press.

Katz, E., Blumer, Jay G., Gurevitch. Utilization of Mass Communication by Individual, “The Uses of Mass Communication : Curent Perspective on Gratification Research. Beverly Hills-London: Sage Publications.

Kokon, Furkonulhakim. 1989. “Hubungan Antara Kebutuhan Informasi dengan Terpaan Media Para Jupen di Wilayah Priangan, Jawa Barat”. Jurnal Penelitian dan Komunikasi Pembangunan, Jakarta, Balitbang Penerangan, Departemen Penerangan RI, 1989.

Littlejohn, Stephen W. 1986. Theories of Human Communication. Ohio: Charles E. Merril Publishing Company.

Marzuki. 1983. Metodologi Riset. Yogyakarta: FE UII Press.

Mc Quail, Denis. Model-Model Komunikasi. Jakarta: Uni Primas.

Poerwadarminta. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rakhmat, Jalaluddin. 2001. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remadja Karya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2001. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remadja Karya.

Rusadi, Udi. 1995. “Penggunaan Media Massa”, Jurnal Penelitian dan Komunikasi Pembangunan, Jakarta, Balitbang Penerangan, Departemen Penerangan RI.

Singarimbun, Masri, dan Sofyan Effendy (Ed.). 1985. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES

Straubbaar, Joseph dan LaRose Robert. 2002. Media Now, Communications Media in the Information Age, third edition. Belmont: Wadsworth.

Surantio, Hadi. 1997. “Hubungan Motif dengan Kepuasan Mahasiswa IISIP Membaca Suara Pembaruan ”. Jurnal Kampus Tercinta, Jakarta: IISIP Press.

Tan, Alexis. 1981. Mass Communication Theories and Research. Columbus-Ohio: Grid publishing Inc.