REPRESENTASI SIKAP MEDIA TERHADAP CALON KEPALA DAERAH

Main Article Content

RUKMAN PALA

Abstract

Sikap merupakan a "readiness of the psyche to act or react in a certain way" (Jung, [1921] 1971:par. 687). Dijelaskan pula bahwa sikap ini merupakan suatu konstruksi yang bersifat hipotesis yang mencerminkan suka tidak suka atau netralnya individu terhadap suatu persoalan. Ini sejalan dengan asumsi Sherif (2003.) yang dikemukakannya melalui Social Judgement Theory.-nya, bahwa dalam diri individu itu memang ada wilayah sikap yang terbagi menjadi tiga, dan masing-masing wilayah ini berisi tentang bentuk-bentuk sikap individu terhadap obyek. Tiga bentuk sikap tadi  terdiri dari : latitude of acceptance (sikap menerima) ; latitude of non commitment (netral) ; latitude of rejection (sikap menolak). Namun, ke mana pilihan bentuk sikap ini ditentukan, maka menurut Sherif ini dipengaruhi oleh faktor ego involvement, yaitu relevansi individu dengan sesuatu obyek sikap. 

Dimensions

Article Details

Section
Articles

References

Griffin, EM . 2003. A First Look at Communication Theory, Fifth Edition. New York. McGraw Hill.

Infante, Dominic A., Andrew S. Rancer and Deanna F. Womack. 1990. Building Communication Theory, Illinois : Waveland Press, Inc.

Littlejohn, Stephen W. 1996, Theories of Human Communication, Washington: Wadsworth Publishing Company.

Lippman, Walter, Public Opinion With New Introduction . Diterjemahkan oleh S. Maimoen . Jakarta:Yayasasan Obor Michael Curtis,New Jersey; Transaction Publisher, Indonesia, 1999.

Sobur, Alex. 2002 . Semiotika Komunikasi. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Wright, Charles R. 1988. Sosiologi Komunikasi Massa. Ed. Jalaluddin Rakhmat, Bandung, Remadja Karya.

Halliday. M.A.K. dan Ruqaiya Hasan, (1994), Bahasa, Konteks, dan Teks, Aspek-Aspek bahasan dalam Pandangan Semiotik Sosial, Yogyakarta, Gadjahmada University Press, hal.16.

http://en.wikipedia.org/wiki/Attitude_(psychology