HUBUNGAN RISK TOLERANCE DAN RISK PERCEPTION TERHADAP PERILAKU KEAMANAN INFORMASI

Main Article Content

Dewi Hernikawati

Abstract

Informasi merupakan asset yang penting bagi organisasi saat ini. Dengan kecepatan akses internet menjadikan informasi mudah diperoleh, namun hal ini menimbulkan ancaman dan kerawanan terhadap informasi tersebut. Oleh karena itu kemanan informasi menjadi penting. Dalam penelitian ini akan dilihat hubungan antara variabel risk perception dan risk tolerance terhadap keamanan informasi. Metode kuantitatif digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian dilakukan dengan populasi PNS di Jakarta Pusat. Data dianalisis dengan bantuan SPSS untuk melihat korelasinya. Hasil dari penelitian ini adalah variabel Keamanan Informasi dipengaruhi oleh variabel risk tolerance dan risk perception. Semakin rendah risk perception seseorang maka akan semakin tinggi kemanan Informasi orang tersebut. Begitu pula semakin rendah risk tolerance seseorang maka akan semakin tinggi kemanan Informasi orang tersebut.

 

Dimensions

Article Details

Section
Articles

References

ISO 27000:2012 : Information technology, security techniques, Information Security Management System Overview and vocabulary.

Dupuis Marc J., Crossler Robert E., Popovsky Barbara Endicott, “The Information Security Behavior of Home Users : Exploring a User’s Risk Tolerance and Past Experiences in the Context of Backing Up Information” http://faculty.washington.edu/marcjd/pubs/risk-tolerance.pdf diakses 11 Maret 2016 jam 14

Mattord, H. J. & Whitman, M.E. 2012. Principles of information security. (4th edition). Course Technology : Cengage Learning.

Hal Tipton and Micki Krause. 2005. Handbook of Information Security Management, CRC Press LLC.

National Institute of Standards and Technology Special Publication (NIST SP) 800-59. 2003. Guideline for Identifying an Informastion System as a National Security System.

Mattord, H. J. & Whitman, M.E. 2012. Principles of information security. (4th edition). Course Technology : Cengage Learning.