TAJUK RENCANA SURATKABAR DAN KHALAYAK (Sebuah Proposal Riset Survai Penggunaan Rubrik Tajuk di Kalangan Khalayak)
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Usul penelitian ini berlatarbelakangkan fenomena penggunaan rubrik tajuk rencana yang mengindikasikan penurunan minat sekaitan dengan perkembangan media digital belakangan ini. Permasalahan difokuskan pada 1) Bagaimana penggunaan khalayak terhadap isi surat kabar saat ini ? 2) Apakah rubrik tajuk rencana merupakan rubrik penting bagi khalayak pembacanya saat ini ?3) Apakah ada perbedaan dalam menggunakan media suratkabar online dengan media konvensional di kalangan khalayak ? Sedang responden yang diusulkan utk kepentingan ini adalah para aparat Humas dan Dinas Kominfo Pemerintahan Daerah, suatu komunitas yang diduga dianggap dianggap berkepentingan dengan isi rubriktajuk rencana. Metode pengambilan sampelnya yaitu dengan menggunakan standard monogram Harry King.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
Daftar Pustaka
De Fleur , Melvin L. & Sandra Ball Rokeach (1982), Theories of Mass Communication, Fourth Edition, New York, Kongman Inc. p173.
Djuroto, Totok, (2000), Manajemen Penerbitan Pers, Bandung, Remaja Rosdakarya, PT.
Effendy, Onong Uchyana,(2000), Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung, Citra Aditya Bakti, PT.
Imran, Hasyim Ali, (2004) , “Daya Tarik Headline Harian Rakyat Merdeka dan Minat Baca Terhadap Isi Beritanya”, dalam Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Informasi Vol.8 (2), Jakarta, Balai Pengkajian dan Pengembangan Informasi Wilayah II Jakarta, hlm. 2.
Infante, Dominic A., Andrew S. Rancer and Deanna F. Womack, (1990), Building Communication Theory, Illinois : Waveland Press, Inc.
Littlejohn, Stephen W., (1996), Theories of Human Communication, Washington: Wadsworth Publishing Company.
Manihuruk,Amin Sar,(2002),”Medium Internet dan Penggunaannya Oleh Pelajar”,dalam Jurnal Penelitian Pers dan Pendapat Umum, Jakarta, Balai Pengkajian dan Pengembangan Informasi Jakarta, hlm. 14.
Margiono, dalam Majalah Pantau, Tahun II Nomor 21 Juni 2002.
Sumadiria A.S., Haris , (2004), Menulis Artikel dan Tajuk Rencana, Bandung, Simbiosa Rekatama Media.
Wright, Charles R., (1986), Sosiologi Komunikasi Massa, Ed. Jalaluddin Rakhmat, Bandung, Remadja Karya.
Situs Website :
http://en.wikipedia.org/wiki/Newspaper, diakses 22 Juli 2008.
http://www.wordreference.com/definition/editorial, diakses 22 juli 2008.
http://www.brainyquote.com/words/ed/editorial158386.html, diakses 22 Juli 2008.