KOMUNIKASI KELOMPOK DAN UPAYA PENGEMBANGANNYA (Kasus Pada Galeri Internet BPPKI Jakata Terkait Upaya Revisi Instrument Evaluasi Peserta)
Main Article Content
Abstract
BPPKI Jakarta memiliki program prioritas untuk melakukan pelatihan Internet yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan bagi pesertanya. Oleh karena itu diperlukan suatu evaluasi untuk melihat keberhasilan dari program ini. Penelitian ini akan mengembangkan instrumen penelitian untuk mengevaluasi pelatihan pada komunikasi kelompok. Upaya pengembangan dilakukan dengan pengujian secara korelasional antara Variabel Laten (Pengajar; Suasana; sarana-prasarana; dan diskusi) terhadap indikator masing-masing variabel Laten dimaksud. Hasilnya menunjukkan bahwa semua indikator berkorelasi secara signifikan kecuali indikator banyak diskusi pada variabel suasana. Berdasarkan hasil tersebut untuk melakukan evaluasi pelatihan sebaiknya indikator banyak diskusi dihapus dari daftar pertanyaan. Untuk pengembangan selanjutnya bisa menambahkan variabel kepuasan.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License
References
Maiyanti, Sri Indra. Dwipurwani, Oki. Desiani, Anita. Aprianah, Betty. 2008. Aplikasi Analisis Faktor Konfirmatori untuk Mengetahui Hubungan Indikator Dengan Peubah Laten Yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa di Jurusan Matematika FMIPA UNSRI. Jurnal Pendidikan Matematika, VOLUME 2. NO.1, JANUARI 2008.
Riyadi, Agus. 2011. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Penyelenggaraan pameran Studi Kasus : PT. Dyandra Promosindo. Tesis. Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.
Amelia, Mira. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Siswa Dalam Mengikuti Kursus di Lembaga Bimbingan Belajar (Studi pada Siswa SMA Lembaga Bimbingan Belajar IPIEMS Cabang Banyumanik Semarang). Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.
Moenir, H.A.S. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara. Mote, Frederik. 2008. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Publik Di Puskesmas Ngesrep Semarang. Semarang, Universitas Diponegoro
Widyarini. 2015. Survey Kepuasan Peserta Diklat terhadap penyelenggaraan Diklat di Balai Diklat Keuangan dengan Menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA). Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan.
Riyadi, Agus. 2011. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Penyelenggara Pameran Studi Kasus : PT. Dyandra Promosindo. Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Giri, C Narayan. (2004). Multivariate Statistical Analysis Second Edition, Revised and Expanded, Marcell Dekker Inc, New York.
Puspitasari, Dyah Ayu. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Siswa Dalam Mengikuti Kursus Di Lembaga Bimbingan belajar (Studi Pada LBB Ganesha Operation Cabang Gayungsari Surabaya. E-Journal UNESA