KOMUNIKASI KELOMPOK DAN UPAYA PENGEMBANGANNYA (Kasus Pada Galeri Internet BPPKI Jakata Terkait Upaya Revisi Instrument Evaluasi Peserta)

Main Article Content

Dewi Hernikawati

Abstract

BPPKI Jakarta memiliki program prioritas untuk melakukan pelatihan Internet yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan bagi pesertanya. Oleh karena itu diperlukan suatu evaluasi untuk melihat keberhasilan dari program ini. Penelitian ini akan mengembangkan instrumen penelitian untuk mengevaluasi pelatihan pada komunikasi kelompok. Upaya pengembangan dilakukan dengan pengujian secara korelasional antara Variabel Laten (Pengajar; Suasana; sarana-prasarana; dan diskusi) terhadap indikator masing-masing variabel Laten dimaksud. Hasilnya menunjukkan bahwa semua indikator berkorelasi secara signifikan kecuali indikator banyak diskusi pada variabel suasana. Berdasarkan hasil tersebut untuk melakukan evaluasi pelatihan sebaiknya indikator banyak diskusi dihapus dari daftar pertanyaan. Untuk pengembangan selanjutnya bisa menambahkan variabel kepuasan.

Article Details

Section
Articles

References

Maiyanti, Sri Indra. Dwipurwani, Oki. Desiani, Anita. Aprianah, Betty. 2008. Aplikasi Analisis Faktor Konfirmatori untuk Mengetahui Hubungan Indikator Dengan Peubah Laten Yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa di Jurusan Matematika FMIPA UNSRI. Jurnal Pendidikan Matematika, VOLUME 2. NO.1, JANUARI 2008.

Riyadi, Agus. 2011. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Penyelenggaraan pameran Studi Kasus : PT. Dyandra Promosindo. Tesis. Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Amelia, Mira. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Siswa Dalam Mengikuti Kursus di Lembaga Bimbingan Belajar (Studi pada Siswa SMA Lembaga Bimbingan Belajar IPIEMS Cabang Banyumanik Semarang). Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Moenir, H.A.S. (2002). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara. Mote, Frederik. 2008. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Publik Di Puskesmas Ngesrep Semarang. Semarang, Universitas Diponegoro

Widyarini. 2015. Survey Kepuasan Peserta Diklat terhadap penyelenggaraan Diklat di Balai Diklat Keuangan dengan Menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA). Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan.

Riyadi, Agus. 2011. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Penyelenggara Pameran Studi Kasus : PT. Dyandra Promosindo. Tesis Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Giri, C Narayan. (2004). Multivariate Statistical Analysis Second Edition, Revised and Expanded, Marcell Dekker Inc, New York.

Puspitasari, Dyah Ayu. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Siswa Dalam Mengikuti Kursus Di Lembaga Bimbingan belajar (Studi Pada LBB Ganesha Operation Cabang Gayungsari Surabaya. E-Journal UNESA