Strategi Pemanfaatan Media Baru NET. TV

Isi Artikel Utama

Rangga Saptya Mohamad Permana
Jimi Narotama Mahameruaji

Abstrak

Sudah hampir 30 tahun sejak televisi swasta nasional pertama mengudara di Indonesia. Sejak saat itu, televisi-televisi swasta nasional terus bermunculan, hingga kini lebih dari 15 stasiun televisi swasta nasional mengudara di Indonesia. Dengan persaingan yang ketat, terutama sejak era digital di Indonesia dimulai pada pertengahan tahun 2000-an, stasiun-stasiun televisi swasta nasional di Indonesia harus memikirkan strategi manajemen media mereka, termasuk di dalamnya NET. TV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media baru sebagai platform utama NET. TV untuk bersaing memperebutkan pasar penonton di Indonesia. Metode penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi pustaka digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan new media memang menjadi strategi utama NET. TV dalam persaingan televisi swasta nasional di Indonesia, dengan menggunakan beragam media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, LikedIn, dan Google+) serta kanal digital khusus milik mereka, yakni Zulu.id.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

A.S., A. B. (2014). Periode Perkembangan Media Massa (Sebuah Tinjauan). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 18(1), 119–132.

Bajari, A. (2015). Metode Penelitian Komunikasi: Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Biagi, S. (2005). Media Impact: An Introduction to Mass Media. Belmont, CA: Thomson Wadsworth.

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya (2nd ed.). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Christians, C. G. (2014). The Philosophy of Technology and Communication Systems. In R. S. Fortner & P. M. Fackler (Eds.), The Handbook of Media and Mass Communication Theory, Vol. II (pp. 513–534). Malden: John Wiley & Sons, Inc.

Crowdtap. (2014). Millenials Rack Up 18 Hours of Media Use Per Day. Retrieved from The Wall Street Journal website: https://infographic.statista.com/normal/chartoftheday_2002_Time_millennials_spend_interacting_with_media_n

Cummings, K., & Gottshall, C. (2014). Citizenship and Consumption: Media Theory in the Age of Twitter. In R. S. Fortner & P. M. Fackler (Eds.), The Handbook of Media and Mass Communication Theory, Vol. II (pp. 612–628). Malden: John Wiley & Sons, Inc.

Digital Product of Net Mediatama. (n.d.). Retrieved November 4, 2018, from http://apps.netmedia.co.id/

Gemiharto, I. (2015). Teknologi 4G-LTE dan Tantangan Konvergensi Media di Indonesia. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(2), 212–220. https://doi.org/10.1037/h0048001

Gumilar, G., & Zulfan, I. (2014). Penggunaan Media Massa dan Internet sebagai Sarana Penyampaian Informasi dan Promosi oleh Pengelola Industri Kecil dan Menengah di Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 2(1), 85–92.

Hartono, Y. (2011). Aktifitas Komunikasi Masyarakat Melalui Situs Jejaring Sosial. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(2), 175–190.

Hartoyo, N. M., & Supriadi, D. (2015). Aktivisme Sosial Melalui Penggunaan Media Sosial: Studi Kasus Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Jurnal Kajian Komunikasi, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.24198/jkk.v3i1.7388

Hidayat, D. R. (2015). Dinamika Iklan Pengobatan Alternatif di Televisi. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(2), 112–119.

Holmes, D. (2012). Teori Komunikasi: Media, Teknologi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Imran, H. A. (2016). Penggunaan TV Streaming di Kalangan Masyarakat Perkotaan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 20(2), 119–137.

Indonesia Digital Landscape 2018 .pdf. (2018). Retrieved November 4, 2018, from Scribd website: https://www.scribd.com/document/371225373/Indonesia-Digital-Landscape-2018-pdf

Karman. (2014). Media Sosial: Antara Kebebasan dan Eksploitasi. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 18(1), 75–88.

Kautsarina. (2013). Pemasaran Elektronik Melalui Aplikasi Jejaring Sosial (Survei Pelaku UKM di Provinsi Jambi dan Bengkulu). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 17(2), 135–147.

Media. (n.d.). Retrieved November 4, 2018, from http://world.std.com/~mehopper/Media/Media.htm

Mudjiyanto, B. (2013). Sikap Penyelenggaraan Siaran Televisi terhadap Penyelenggaraan Siaran Televisi Digital. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 17(2), 123–133.

Mudjiyanto, B. (2017). Realitas Penelitian Komunikasi Berbasis Internet (Sebuah Tinjauan). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(2), 247–258.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Net. — Televisi Masa Kini. (n.d.). Retrieved November 4, 2018, from http://www.netmedia.co.id/about

No Title. (2018). Retrieved from https://4.bp.blogspot.com/-_GLBDyIpvAQ/V-6FyOX_MlI/AAAAAAAAAHw/RuAe-lUstrECGmH9vuLmSzTsE4eeaxFCQCLcB/s1600/ZUlu.jpg

Pala, R. (2014). Penggunaan Internet dan Kategori Sosial Penggunanya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 18(1), 1–19.

Pala, R. (2017). Televisi dan Masyarakat Perkotaan (Survai Kebiasaan Menonton TV Masyarakat Kelurahan Tammamaung Kecamatan Panakkukang Kota Makassar Provinsi Selawesi Selatan). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(2), 193–201.

RCTI. (n.d.). Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/RCTI

Rustam, M. (2017). Network Society, Internet, dan Aktivitas Komunikasi Masyarakat (Survai Aktivitas Komunikasi Masyarakat Melalui Social Network Websites di kelurahan Tamalanrea Indah Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 21(2), 165–180.

Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2008). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa (5th ed.). Jakarta: Kencana.

Stake, R. E. (2009). Studi Kasus. In S. Z. Qudsy (Ed.), Handbook of Qualitative Research (pp. 299–315). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sunarwan, B. (2013). Pola Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Lingkungan Masyarakat Pedesaan (Survei pada Komunitas Anggota Penerima PNPM Provinsi Jambi). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 17(2), 149–162.

Tamaka, G. I., & Susanto, E. H. (2013). Pencitraan Aburizal Bakrie Melalui Iklan Televisi. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(1), 32–50.

Triwijanarko, R. (2017). Branding Net TV Menjadi Stasiun Televisi Yang Kece dan Masa Kini | Marketeers - Majalah Bisnis & Marketing Online - Marketeers.com. Retrieved November 4, 2018, from Marketeers website: http://marketeers.com/44485-2/

Vebrynda, R., Maryani, E., & Abdullah, A. (2017). Konvergensi dalam Program NET Citizen Journalism. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(1), 53–68.

Vivian, J. (2015). Teori Komunikasi Massa (8th ed.). Jakarta: Kencana.

Wibowo, K. A., & Mirawati, I. (2013). Realitas Politik Indonesia dalam Kacamata Pengguna Twitter. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(1), 11–17.

Yasundari. (2016). Hubungan Penggunaan Instagram dengan Motivasi Wirausaha Pebisnis Daring (Online) dalam Meningkatkan Produktivitas. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 208–218. https://doi.org/10.24198/jkk.v4i2.7737