AKTIFITAS KOMUNIKASI DAN MEDIA SOSIAL(Survai Pola Komunikasi Masyarakat DKI Jakarta Melalui Social Network Sites)

Isi Artikel Utama

Sunarwan Bambang

Abstrak

ABSTRACT
This research dealts with people’s communication activities by social network sites. To answer it, -by
survey method- this one observed that phenomenon on the basis of activities introduced by Levy and
Windahl, activities are divided into two dimension, dimension of communication sequence especially
in activities“during”of media exposure. Variety of communication activities through social networking
sites indicates that in terms of the media use including internet, individuals activly direct themselves.
They become active independent selectors to meet with their satisfaction. These research findings
provide empirical facts that strengthen the assumptions of uses and gratification theory model. The
reason why the respondents have a specific activity pattern in the use of social networking sites,
according to the assumption of uses-and-gratification theory model, it results from antecedent
variable e.g., motive, individual characteristics and the like.For further researches, it needs to involve
antecedent variables in research so as to be a guide to obtain empirical data for uses-and-
gratification theory model development.
Keywords : communication activities; social media;social network sites

ABSTRAK
Riset ini pada persoalan bagaimana aktifitas komunikasi masyarakat melalui social network sites.
Dalam upaya menjawab persoalan tersebut, melalui metode survai penelitian ini mengoservasi
fenomena dimaksud berdasarkan penggunaan konsep aktifitasnya Levy dan Windahl, aktifitas dalam
dimensi kedua, dimensi urutan komunikasi terutama pada aktifitas selama terjadinya terpaan media.
Ragam aktifitas komunikasi melalui situs jejaring sosial mengindikasikan bahwa dalam kaitan
penggunaan media termasuk medium internet, individu itu aktif atau mengarahkan dirinya sendiri.
Individu sepenuhnya menjadi selektor aktif yang independen guna memenuhi kepuasan dirinya.
Temuan riset ini kembali menjadi fakta empirikal yang dapat memperkuat asumsi dalam model teori
uses and gratification. Penyebab mengapa kalangan responden dalam penelitian ini menjadi memiliki
pola-polanya secara tertentu dalam beraktifitas menggunakan situs jejaring sosial tadi, sesuai dengan
asumsi dalam model teori uses and gratification, penyebabnya berkaitan dengan variabel anteseden
seperti motif, karakteristik individu dan sejenisnya. Peneliti yang tertarik melakukan penelitian serupa
di masa mendatang, kiranya sangat perlu memasukkan variabel anteseden tadi dalam riset sebagai
penuntun bagi perolehan data empirik demi pengembangan model teori uses and gratifitcation.
Kata-kata kunci : Aktifitas Komunikasi ; Media Sosial ; Social Network Sites

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Biro Statistik Tenaga Kerja USA dalam News United States Departement of Labor; dalam

ttp://www.bls.gov/cps/

Castells, Manuel dan Maria Isabel Diaz de Isia dalam : http://www.uoc.edu/in3/wp /picwp1201/

Choi et al,, Motives of Internet uses : Crosscultural Perspective- The US, The Netherlands, and South

Korea.

Imran , Hasyim Ali dan Hanif Hoesin, (2007), “Literasi Komputer Masyarakat Pedesaan”, dalam

Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol. 11 (2), hm.170, Jakarta, Balai Pengkajian dan

Pengembangan Informasi Wilayah II Jakarta.

Levy dan Windahl dalam Gayatri, 1997: 3.

Levy, Mark dan Sven Windahl. 1985 “The Concept of Audience Activity”, dalam Rosengren, Werner

dan Palmgreen (eds) Media Gratification Research. Beverly Hill Sage, Hal 109-122.

Lily Tomlin; dalam http://www.udel.edu/interlit/contents.html)

M., J Ridwann . ejaring Sosial (Social Networking), dalam : ttp://www.ridwanforge.net/blog/jejaring-

sosial-social-networking

Mc Luhan, Marshal, ”Technology Determinism”, In A First Look at Communication Theory, Fifth

Edition, by EM Griffin, New York, McGraw Hill, 2003).

Meskill, Judith , These social networking categories are: business; common interest; dating; face-to-

face facilitation; friends; MoSoSo (Mobile Social Software); pets; photos; and 'edge' cases or

social networking 'plus' sites. Jhttp://socialsoftware.weblogsinc.com/2005/02/14/home-of-

the-social-networking-services-meta-list/; 7 juli 09.

Tan, 1981 : 301).

http://fantastic4.blogdetik.com/2009/03/06/friendster-vs-facebook/

Baca, http://en.wikipedia.org/wiki/Online_social_networking

http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_social_networking_websiteshttp://en.wikipedia.org/wiki/Internet_

social_network

http://sharkofagus.com/2009/03/privasi-dalam-aplikasi-jejaring-sosial-berbasis-lokasi-1/7juli09

American Life Project, (dalam : http://www.pewtrusts.org/our_work_category.aspx?id=48)