PENGUKURAN KUALITAS MEDIA DAN INFORMASI WEBSITE DALAM DISEMINASI PARIWISATA UNTUK MENDUKUNG VIRAL MARKETING (STUDI: WEB PARIWISATA KABUPATEN BANTUL)
Keywords:
diseminasi, promosi, viral marketing, electronic word of mouthAbstract
Website pemerintah adalah alat promosi yang penting untuk tujuan wisata karena merupakan saluran informasi dalam memperkenalkan semua calon wisatawan sebagai dasar keputusan perjalanan dan pemilihan destinasi. Kabupaten Bantul telah menerapkan teknik promosi melalui website. Namun sayangnya, promosi dengan menggunakan website tersebut kurang maksimal dan kurang mendapat kepercayaan pengguna, terlihat dari tingkat kunjungan pengguna ke website Disbudpar Kabupaten Bantul yang tidak selalu mengalami peningkatan per bulannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui persepsi pengguna mengenai kualitas website dan tingkat kepercayaan dalam menggunakan website sebagai media promosi pariwisata. Hal tersebut diprediksi mendorong adopsi informasi dan terwujudnya viral marketing. Peneliti mengusulkan model tingkat kepercayaaan yang memberikan pengaruh terhadap terciptanya viral marketing berdasarkan model Filieri yang dimodifikasi. Populasi melibatkan masyarakat umum yang membutuhkan informasi tentang pariwisata di Bantul yang mempunyai media sosial. Sampel dengan menggunakan metode simple random sampling. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan skala Likert dan dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi dan kualitas website yang dirasakan oleh pengguna terbukti meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap website pariwisata. Kepercayaan pengguna terhadap website pariwisata juga terbukti meningkatkan niat pengguna untuk mengadopsi informasi pariwisata dan mendorong pengguna untuk melakukan kegiatan viral marketing. Penelitian juga memberikan hasil yang menarik bahwa kualitas layanan, kepuasan pengguna serta pengalaman dan kemampuan pengguna tidak terbukti secara signifikan terhadap kepercayaan pengguna website pariwisata.Downloads
Published
2017-01-12
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- Author grant the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License