Information Technology Governance untuk Manajemen Delivery dan Support Information Technology Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Studi Kasus: Pemerintah Kota Surabaya)

Authors

  • Agus Ulum Mulyo Dinas Komunikasi dan Informasi Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v6i1.1011

Keywords:

Tata Kelola TI, COBIT, SWOT, BSC, CSF, DS (delivery and support)

Abstract

Tata kelola Teknologi Informasi (TI) akan berjalan dengan baik tergantung pada manajemen harmonisasi antara business strategy dan strategi TI instansi pemerintah, manajemen sumber daya TI dan manajemen resiko yang berhubungan dengan TI. Nilai TI merupakan elemen kunci untuk pendukung jalannya proses bisnis penyelenggaraan tata kelola TI di pemerintahan. Pencapaian nilai TI (IT value) memerlukan kerangka kerja (framework) supaya dapat mengontrol tata kelola lembaga.
COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) didesain untuk keperluan tata kelola TI guna mengelola keseluruhan pengertian, pemahaman dan manajemen resiko serta keuntungan yang saling terkait antara informasi dan teknologinya. COBIT merupakan platform teknis TI yang independen yang dapat diadopsi oleh setiap organisasi, berstandar terbuka guna pengontrolan teknologi informasi. Tujuan yang akan dicapai pada penulisan ini adalah menghasilkan usulan dan rekomendasi terhadap tata kelola TI domain delivery dan support sebagai bagian dari proses tata kelola TI bagi pemerintah kota Surabaya guna mewujudkan lembaga pemerintahan yang profesional, transparan dan akuntabel dalam mencapai visi “Surabaya Cerdas dan Peduli”. Hasil kajian ini adalah proses TI dalam domain delivery dan support masih dikelola secara sebagian, sehingga ke depan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari nilai TI yang diinvestasikan memerlukan perhatian yang lebih komprehensif dan integral.

References

PERMEN KOMINFO No. 41 Tahun 2007 tentang Panduan Umum Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional, Versi 1, Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Jakarta, 2007.

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 1 Tahun 2006 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Surabaya Tahun 2006-2010.

Johnson III C., Information Technology Management Structure and Governance Framework, Memorandom For The Head Of Executive Departement and Agencies, Executive Office of The President, Deputy Director for Management, Washington D.C., 2008.

Suhono H. Supangkat, Sembiring J., Rachmad B., IT Governance Nasional: Kerangka dan Urgensinya, Pertemuan Dewan TIK Nasional, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika-Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2007.

IT Governance Institute. CobiT 4.1 - Framework, Control Objectives, Management Guidelines & Maturity Models. IT Governance Institute: Rolling Meadows, IL 60008 USA, 2007. [E-book] Available: internet.com e-Book Library for Technology Professionals.

Instruksi Walikota Surabaya Nomor 3 Tahun 2006 tentang Integrasi Sistem Informasi Antar Satuan Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.

Van Grembergen, W., De Haes, S., Guldentops, E. (2004), Structures, Processes and Relational Mechanism for IT Governance, dalam Strategis for Information Technology Governance, Van Grembergen, W., Editor Idea Group Inc.

Budiyono, Tesis : Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT dalam Mendukung Layanan Tenologi Informasi, Studi Kasus PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten, ITB, Bandung, 2007.

IT Governance Institute (2003), Board Briefing on IT Governance, 2nd Edition, IT Governance Institute.

Public CIO Magazine, Edisi Mei, 2005.

Alvin A, Arens, James K.Loebbecke, Auditing, Edisi Indonesia, Jakarta, 2003.

Peraturan Walikota Surabaya No. 91 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Dinas Kota Surabaya.

W.Van Grembergen, "Strategies for Information Technology Governance", Idea Group Publishing, 2004.

HP, "HP IT Service Management (ITSM), Transforming IT organizations into service providers", 2003.

N.Venkatraman, "Valuing the IS Contribution to the Business", Computer Sciences Corporation, 1999.

C.M.Young, "An Introduction to IT Service Management.", in Research Note, COM-10-8287, Gartner, 2004.

R.Peterson, "Integration Strategies and Tactics for Information Technology Governance", in Strategies for Information Technology Governance, Ed. Wim Van Grembergen, Idea Group Publishing, 2003.

HP, IT Service Management and IT Governance: Review, Comparative Analysis and their Impact on Utility Computing, 2003.

Accounting and Informating Management Division, "Measuring Performance and Demonstrating Results of Information Technology Investments", GAO/AIMD-98-99, United States General Accounting Office, 1998.

Ahrendt M., ”Balanced Scorecard in Public Sector”, Faculty Computer Science, Reutlingen University, Reutlingen, 2006.

Http://www.balancedscorecard.org/.

Kneale Pauline, Aspinall S., “Enterprising Intrapreneurship: Putting Academic Learning into Real Word Context”, School of Geography, University of Leeds, 2003.

Adhikrisna, L.R, Tesis : Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi PT. Surveyor Indonesia Menggunakan Kerangka Kerja COBIT,Studi Kasus : Proses DS13 - Mengelola Operasi), ITB, Bandung, 2008.

Sekolah Pasca Sarjana, Pedoman Format Penulisan Tesis Magister. SPS – Institut Teknologi Bandung, 2008.

Perda Nomor 2 tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Peraturan Walikota Surabaya No. 96 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Sekretariat Daerah Kota Surabaya.

Peraturan Walikota Surabaya No. 93 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya.

Peraturan Walikota Surabaya No. 92 Tahun 2008 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Inspektorat Kota Surabaya.

Downloads

Published

2017-06-19

Issue

Section

Artikel