ANALISIS ISI BERITA PROF. A. AMIRUDDIN SEBAGAI KOMUNIKATOR DAN VISIONER DI HARIAN FAJAR MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v6i1.1013Keywords:
Kepemimpinan, Komunikator, VisionerAbstract
Analisis isi berita tentang Prof. A. Amiruddin sebagai komunikator dan visioner di Harian Fajar Makassar merupakan suatu kajian yang sangat penting di dalam sebuah proses komunikasi, kepemimpinan dan ke pemerintahan. Permasalahan yang diangkat adalah Bagaimana opini masyarakat yang disampaikan melalui Harian Fajar tentang Prof A. Amiruddin; Bagaimana mendeskripsikan kecenderungan isi pemberitaan Prof. A. Amiruddin dan Bagaimana sikap masyarakat terhadap Prof A. Amiruddin. Penelitian ini dilaksanakan di kota Makassar. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh pemberitaan khusus dalam kolom opini tentang Prof A. Amiruddin yang dimuat di harian Fajar sejak tanggal 24 Maret sampai dengan 30 April 2014. Pengumpulan datanya dilakukan selama tiga puluh delapan (38) hari yang memuat tentang dan sekitar pemberitaan perilaku Prof. A. Amiruddin selama hidupnya (Memorabilia). Dan Objek yang diteliti adalah pemberitaan berupa opini menurut berbagai kalangan, terhadap prilaku Prof. A. Amiruddin selama menduduki beberapa jabatan penting. Data primer dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara mendokumentasi seluruh berita Prof. A. Amiruddin yang diterbitkan di harian Fajar Makassar. Data yang telah terkumpul selanjutnya dicoding dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas berita cenderung agar Prof Amiruddin layak ditetapkan sebagai komunikator dan visioner. Olehnya itu perlu diberi penghargaan untuk mengenang jasa-jasanya.
References
Cangara, Hafied, 2013, Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Jakarta, PT RajaGrafindo Persada
Eriyanto, (2011), Analisis Isi, Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, Kencana Prenada Jakarta
Harun, Rochajat & Ardianto, Elvinaro (2012), Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial, PT RajaGrafindo Persada
Kartono, Kartini, (2014), Pemimpin dan Kepemimpinan, Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?, PT. Raja Grafindo, Jakarta
Martono, Nanang, (2012,Metode Penelitian Kuantitatif, Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Pt. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Mulyana, Deddy, (2003), Ilmu Komunikasi SuatuPengantar, PT Remaja Rosdakarya.
Nawai, Hadari, (1997), Administrasi Pendidikan, Jakarta, PT. Toko Gunung Agung
Nurudin, (2007), Pengantar Komunikasi Massa, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Pasolong, Harbani, (2013), Birokrasi, Penerbit Alfabeta, Bandung.
Uha Nawawi, Ismail, (2013), Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja, Kencana Penadamedia Group, Jakarta.
Ruslan, Rosady, (2007), Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, PT KepemimpiRaja Grafindo Persada, Jakarta.
Riswandi, (2009), Ilmu Komunikasi, Graha Ilmu.
Rivai, Veithzal & Mulyadi, Deddy, (2012), Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Rajawali Pers, Jakarta
Satori, Djam’an dan Komariah, Aan, (2009), Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit Alfabet, Bandung
Vardiansyah, Dani, (2004), Pengantar Ilmu Komunikasi, Penerbit Ghalia Indonesia.
Wardhani, Andy Corry, (2011), Komunikasi Politik Kepala Daerah, Ilmu Komunikasi Sekarang dan Tantangan Masa Depan, Kencana Prenada Media Group.
Anom, Erman, (2008), Kepemimpinan Visioner Dalam Mewujudkan Keutuhan NKRI, Lex Jurnalica Vol. 5 No. 3, Agustus 2008.
Gayatri, Gati, (2012), Peran Komunikasi dan Media dalam Perubahan Sosial di Indonesia, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika, Volume III No.1 Juli 2012
Baso, Sohra Andi, Fajar 24 April 2014
Penerbitan Skh. Fajar edisi tanggal 24 Maret – 30 April 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.