ANALISIS ISI BERITA PROF. A. AMIRUDDIN SEBAGAI KOMUNIKATOR DAN VISIONER DI HARIAN FAJAR MAKASSAR

Authors

  • Baharuddin Dollah Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makassar - BBPPKI Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v6i1.1013

Keywords:

Kepemimpinan, Komunikator, Visioner

Abstract

Analisis isi berita  tentang  Prof. A. Amiruddin sebagai komunikator dan visioner di Harian Fajar Makassar  merupakan suatu kajian yang sangat penting di dalam sebuah proses komunikasi, kepemimpinan dan ke pemerintahan. Permasalahan yang diangkat adalah Bagaimana opini masyarakat yang disampaikan melalui  Harian Fajar tentang  Prof A. Amiruddin; Bagaimana mendeskripsikan kecenderungan isi pemberitaan Prof. A. Amiruddin dan Bagaimana sikap masyarakat terhadap Prof A. Amiruddin. Penelitian ini dilaksanakan di kota Makassar. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh pemberitaan khusus dalam kolom  opini tentang Prof A. Amiruddin yang dimuat di harian Fajar sejak tanggal 24 Maret sampai dengan 30 April 2014. Pengumpulan datanya dilakukan selama tiga puluh delapan (38) hari yang memuat tentang dan sekitar pemberitaan perilaku Prof. A. Amiruddin selama hidupnya (Memorabilia). Dan Objek yang diteliti adalah pemberitaan berupa opini menurut berbagai kalangan, terhadap prilaku  Prof. A. Amiruddin selama menduduki beberapa jabatan penting. Data primer dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara mendokumentasi seluruh berita Prof. A. Amiruddin yang diterbitkan di harian Fajar Makassar. Data yang telah terkumpul selanjutnya dicoding dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas berita cenderung agar Prof Amiruddin layak ditetapkan sebagai komunikator dan visioner. Olehnya itu perlu diberi penghargaan untuk mengenang jasa-jasanya.

References

Cangara, Hafied, 2013, Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Jakarta, PT RajaGrafindo Persada

Eriyanto, (2011), Analisis Isi, Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, Kencana Prenada Jakarta

Harun, Rochajat & Ardianto, Elvinaro (2012), Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial, PT RajaGrafindo Persada

Kartono, Kartini, (2014), Pemimpin dan Kepemimpinan, Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?, PT. Raja Grafindo, Jakarta

Martono, Nanang, (2012,Metode Penelitian Kuantitatif, Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Pt. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Mulyana, Deddy, (2003), Ilmu Komunikasi SuatuPengantar, PT Remaja Rosdakarya.

Nawai, Hadari, (1997), Administrasi Pendidikan, Jakarta, PT. Toko Gunung Agung

Nurudin, (2007), Pengantar Komunikasi Massa, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Pasolong, Harbani, (2013), Birokrasi, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Uha Nawawi, Ismail, (2013), Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja, Kencana Penadamedia Group, Jakarta.

Ruslan, Rosady, (2007), Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, PT KepemimpiRaja Grafindo Persada, Jakarta.

Riswandi, (2009), Ilmu Komunikasi, Graha Ilmu.

Rivai, Veithzal & Mulyadi, Deddy, (2012), Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Rajawali Pers, Jakarta

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan, (2009), Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit Alfabet, Bandung

Vardiansyah, Dani, (2004), Pengantar Ilmu Komunikasi, Penerbit Ghalia Indonesia.

Wardhani, Andy Corry, (2011), Komunikasi Politik Kepala Daerah, Ilmu Komunikasi Sekarang dan Tantangan Masa Depan, Kencana Prenada Media Group.

Anom, Erman, (2008), Kepemimpinan Visioner Dalam Mewujudkan Keutuhan NKRI, Lex Jurnalica Vol. 5 No. 3, Agustus 2008.

Gayatri, Gati, (2012), Peran Komunikasi dan Media dalam Perubahan Sosial di Indonesia, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika, Volume III No.1 Juli 2012

Baso, Sohra Andi, Fajar 24 April 2014

Penerbitan Skh. Fajar edisi tanggal 24 Maret – 30 April 2014.

Downloads

Published

2017-06-19

Issue

Section

Artikel