ANALISIS ISI OPINI PUBLIK TENTANG KEBIJAKKAN PEMERINTAH PUSAT DI BIDANG SOSIAL, EKONOMI DAN BUDAYA

Authors

  • Fita Sari Purwandini Pengajar Yayasan Galuh Handayani

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v6i1.1035

Keywords:

analisis isi, opini publik, kebijakan pemerintah pusat, bidang sosial, ekonomi dan budaya

Abstract

Berdasarkan data kajian Opini Publik pada Surat kabar Jawa Pos edisi  Februari 2015 dapat disimpulkan bahwa 1). Issue kebijakan pemerintah ditemukan sebanyak 40 bidang pemberitaan , sektor sandang sebanyak 1 kali, sektor pangan sebanyak 8 kali, sektor papan sebanyak 8 kali, sektor kesehatan sebanyak 9 kali, sektor Pendidikan sebanyak 13 kali. Sector Peran Serta Masyarakat sebanyak 1 kali. Informasi terkait kebijakan pemerintah lainnya seperti sanitasi tidak terekspos oleh surat kabar Jawa Pos edisi Februari. Melihat Surat kabar Jawa Pos terbukti mengtamakan berita dan pendidikan sesuai fungsi media, sebagai sumber informasi. 2) Hasil kajian pada Surat kabar Jawa Pos edisi Februari terkait pemberitaan Subyek Berita, menemukan Frame Tentang Kementerian/Lembaga, bekerja sudah maksimal tetapi belum berhasil. Hal ini karena kurang profesional 3). Kesan berita;  terkait pemberitaan kebijakan pemerintah yang di ekspos surat kabar Jawa Pos edisi Februari adalah kesan positif. 4). Jenis kelamin narasumber, lebih besar berjenis kelamin laki-laki saja. Dari pada nara sumber perempuan.

References

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana, Pengantar Analisis Teks Media Yogyakarta: LKIS.

Griffin, EM. 2012. A First Look At Communication The Theory. Eigth Edition. McGraw Hill, New York.

Laswell, H. D. 1971. “The Structure and Function of Communication in Society’, dalam Schramm, W. Dan Roberts, DE (eds), The Process and Effects of mass communication, revised editon, Urbana: University of lllinois Press.

Severin Werner J- Tankard James W. 2005. Teori Komunikasi, Prenada Jakarta

Shah, Dhavan V., Douglas M McLeod, Melisssa R. Gotlieb, dan Nam-Jin Lee dalam Nabi, Robion L. dan Mary Beth Oliver dalam Framing and Agenda Setting, The Handbook of Media Processes and Effects. 2009. SAGE Publications, Thousand Oaks, California.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi penerbit PT Remaja Karya Bandung.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers

Teori Kebutuhan Maslow. praswck.com/aktualisasi-diri-menurut-abraham-maslow. 2015.

Downloads

Published

2017-06-19

Issue

Section

Artikel