MENILIK DILEMA IDEOLOGI RADIO SWASTA LOKAL DAN STRATEGI PERIKLANANNYA
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v6i2.1047Keywords:
periklanan, strategi, lokalitasAbstract
Periklanan adalah penghasilan utama sebuah media untuk menutupi biaya operasional mereka. Namun faktanya, distribusi iklan di Indonesia sebagian besar hanya berputar di Jakarta, dan sisanya diperebutkan oleh stasiun radio lokal di seluruh Indonesia. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui strategi periklanan yang dilakukan oleh radio lokal dalam mendapatkan pengiklan. Lebih dari itu, radio lokal perlu menjaga unsur lokalitas. Jadi, tujuan kedua artikel ini adalah mengetahui strategi untuk mendapatkan iklan lokal. Artikel deskriptif ini menggunakan metode studi pustaka dan wawancara tidak terstruktur dengan pemilik radio Dieng Selaras, Banjarnegara. Hasilnya menemukan bahwa strategi periklanan radio lokal menerapkan manajerial modern, melakukan survei, menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, menciptakan hubungan yang terpercaya, dan inovasi program. Sedangkan strategi untuk menarik pengiklan lokal antara lain menetapkan suku bunga rendah, berkomitmen untuk memberikan porsi iklan lokal yang lebih besar, dan pengiklan yang terlibat dalam proses produksi iklan sebelum ditayangkan.
References
Eriyanto. (2008), Konsentrasi Kepemilikan Media dan Ancaman Ruang Publik. Jurnal JSP Volume 12, Nomor 2, halaman 121-256.
McQuail, Dennis. (2012), Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.
Nurhajmi. (2009), Manajemen Pemasaran Radio Lokal: Studi Perbandingan Strategi Pemasaran Radio Unisi FM dan Swaragama FM. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia
Rahayu. (2006), Problem Lokalitas dalam Bisnis Radio Network di Indonesia. Jurnal JSP Volume 9, Nomor 3, Halaman 355-368.
Rosalina, Risqi. (2012), Studi Komunikasi Pemasaran Stasiun Radio Damashinta 97.1 FM Pekalongan dalam Mendapatkan Pengiklan. Skripsi. Yogyakarta: UPN “VETERAN” YOGYAKARTA.
Sudibyo, Agus. (2004), Ekonomi Politik Media Penyiaran. Yogyakarta: LKiS.
Yuliati, Tika. (2016), Komodifikasi Media Cetak: Analisis Ekonomi Politik pada Media Indonesia. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Yusuf, Iwan Awaluddin. (2011), Media Lokal dalam Konstelasi Komunikasi Politik di Daerah. Jurnal JSP Volume 14, Nomor 3, Halaman 297-316.
Kasmita, Reni dkk. (2009), Manajemen Produksi dan Penyiaran Radio Megaswara 100.8 FM Bogor. Laporan Praktikum. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Nugroho, Y., Putri, DA., Laksmi, S. (2012), Memetakan Lansekap Industri Media Kontemporer di Indonesia (Edisi Bahasa Indonesia). Laporan. Bermedia, Memberdayakan Masyarakat: Memahami Kebijakan tata Kelola Media di Indonesia melalui Kacamata Hak Warga Negara. Riset kerjasama antara centre for Innovation Policy and Governance dan HIVOS Kantor Regional Asia Tenggara, didanai oleh Ford Foundation. Jakarta: CIPG dan HIVOS.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.