MENILIK DILEMA IDEOLOGI RADIO SWASTA LOKAL DAN STRATEGI PERIKLANANNYA

Authors

  • Anjang Priliantini Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UPN "veteran" Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v6i2.1047

Keywords:

periklanan, strategi, lokalitas

Abstract

Periklanan adalah penghasilan utama sebuah media untuk menutupi biaya operasional mereka. Namun faktanya, distribusi iklan di Indonesia sebagian besar hanya berputar di Jakarta, dan sisanya diperebutkan oleh stasiun radio lokal di seluruh Indonesia. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui strategi periklanan yang dilakukan oleh radio lokal dalam mendapatkan pengiklan. Lebih dari itu, radio lokal perlu menjaga unsur lokalitas. Jadi, tujuan kedua artikel ini adalah mengetahui strategi untuk mendapatkan iklan lokal. Artikel deskriptif ini menggunakan metode studi pustaka dan wawancara tidak terstruktur dengan pemilik radio Dieng Selaras, Banjarnegara. Hasilnya menemukan bahwa strategi periklanan radio lokal menerapkan manajerial modern, melakukan survei, menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, menciptakan hubungan yang terpercaya, dan inovasi program. Sedangkan strategi untuk menarik pengiklan lokal antara lain menetapkan suku bunga rendah, berkomitmen untuk memberikan porsi iklan lokal yang lebih besar, dan pengiklan yang terlibat dalam proses produksi iklan sebelum ditayangkan. 

 

Author Biography

  • Anjang Priliantini, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UPN "veteran" Jakarta

    Program Studi Ilmu Komunikasi

    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

    Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

References

Eriyanto. (2008), Konsentrasi Kepemilikan Media dan Ancaman Ruang Publik. Jurnal JSP Volume 12, Nomor 2, halaman 121-256.

McQuail, Dennis. (2012), Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Nurhajmi. (2009), Manajemen Pemasaran Radio Lokal: Studi Perbandingan Strategi Pemasaran Radio Unisi FM dan Swaragama FM. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia

Rahayu. (2006), Problem Lokalitas dalam Bisnis Radio Network di Indonesia. Jurnal JSP Volume 9, Nomor 3, Halaman 355-368.

Rosalina, Risqi. (2012), Studi Komunikasi Pemasaran Stasiun Radio Damashinta 97.1 FM Pekalongan dalam Mendapatkan Pengiklan. Skripsi. Yogyakarta: UPN “VETERAN” YOGYAKARTA.

Sudibyo, Agus. (2004), Ekonomi Politik Media Penyiaran. Yogyakarta: LKiS.

Yuliati, Tika. (2016), Komodifikasi Media Cetak: Analisis Ekonomi Politik pada Media Indonesia. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Yusuf, Iwan Awaluddin. (2011), Media Lokal dalam Konstelasi Komunikasi Politik di Daerah. Jurnal JSP Volume 14, Nomor 3, Halaman 297-316.

Kasmita, Reni dkk. (2009), Manajemen Produksi dan Penyiaran Radio Megaswara 100.8 FM Bogor. Laporan Praktikum. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Nugroho, Y., Putri, DA., Laksmi, S. (2012), Memetakan Lansekap Industri Media Kontemporer di Indonesia (Edisi Bahasa Indonesia). Laporan. Bermedia, Memberdayakan Masyarakat: Memahami Kebijakan tata Kelola Media di Indonesia melalui Kacamata Hak Warga Negara. Riset kerjasama antara centre for Innovation Policy and Governance dan HIVOS Kantor Regional Asia Tenggara, didanai oleh Ford Foundation. Jakarta: CIPG dan HIVOS.

Downloads

Published

2017-11-01

Issue

Section

Artikel