INDUSTRI TELEVISI DAN WAJAH BURAM POLITIK INDONESIA

Authors

  • Azwar - Azwar Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN "Veteran" Jakarta.

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v6i2.1109

Keywords:

Politik, Televisi.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya komersialisasi penyiaran publik di Indonesia, khususnya dalam industri televisi. Industri televisi yang hanya mementingkan kepentingan komersil berdampak pada menurunnya nilai-nilai demokarasi (degradasi) dan juga akan berdampak terjadinya pluktokrasi politik. Hal tersebut akhirnya berdampak buruk pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Penelitian ini mengungkap persoalan tersebut dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dimana data sekunder penelitian ini ada teks-teks yang sudah berhasil dikumpulkan dari pustaka. Penelitian ini merujuk pada pendapat Edward S Herman tentang eksternalitas komersialisasi penyiaran publik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komersialisasi televisi berdampak negatif terhadap penyiaran publik di Indonesia. Bentuk komersialisasi televisi itu juga telah merasuk ke panggung politik, sehingga menurunkan kualitas demokrasi di Indonesia. Dampak eksternalitas ini juga dapat dilihat dari tampilnya orang-orang kaya di panggung politik.


 


Author Biography

  • Azwar - Azwar, Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN "Veteran" Jakarta.
    Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN "Veteran" Jakarta.

References

Foucault, Michel. 2002. Pengetahuan dan Metode karya Penting Foucault, Jalasutra, Jogjakarta.

Kellner, Douglas. 2010. Budaya Media Cultural Studies, identitas, dan Politik: Antara Modern dan Postmodern. Jalasutra. Jogjakarta.

Littlejohn, Stephen dan Karen A Foss. 2010. Theories of Human Communication. (Terjemahan), Pustaka Pelajar, Jogjakarta.

McQuail, Dennis. 2005. McQuail’s Mass Communication Theory, Sage Publication, London.

L.J Schrum (edt). 2010. Psikologi Media Entertaintmen Membedah Keampuhan Periklanan Subliminal dan Bujukan yang Tak Disadari Konsumen. Jalasutra. Jogjakarta.

Herman, Edwar S. 1997. “The Externalities Effects of Commercial and Public Broadcasting” dalam Peter Golding and Graham Murdock. The Political Economy of the Media, Edward Elgar Publishing, London.

Rasyid, Mochamad Riyanto. 2013. Kekerasan di layar Kaca: Bisnis Siaran, Peran KPI, dan Hukum. Penerbit Kompas, Jakarta.

Siskawati, Isna. 2006. Jurnal Penelitian Ilmu Komunikasi Thesis Volume V/No.2 Mei-Agustus 2006, “Komodifikasi Nilai-Nilai Agama dalam Sinetron Televisi,” Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia, Jakarta.

SK, Ishadi. 2014. Media dan Kekuasaan: Televisi di Hari-Hari Terakhir Presiden Soeharto. Penerbit Kompas, Jakarta.

Wibowo, Wahyu (Ed.) 2013. Kedaulatan Frekuensi: Regulasi Penyiaran, Peran KPI, dan Konvergensi Media. Penerbit Kompas, Jakarta.

Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Downloads

Published

2017-11-01

Issue

Section

Artikel