INDUSTRI TELEVISI DAN WAJAH BURAM POLITIK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v6i2.1109Keywords:
Politik, Televisi.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya komersialisasi penyiaran publik di Indonesia, khususnya dalam industri televisi. Industri televisi yang hanya mementingkan kepentingan komersil berdampak pada menurunnya nilai-nilai demokarasi (degradasi) dan juga akan berdampak terjadinya pluktokrasi politik. Hal tersebut akhirnya berdampak buruk pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Penelitian ini mengungkap persoalan tersebut dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dimana data sekunder penelitian ini ada teks-teks yang sudah berhasil dikumpulkan dari pustaka. Penelitian ini merujuk pada pendapat Edward S Herman tentang eksternalitas komersialisasi penyiaran publik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komersialisasi televisi berdampak negatif terhadap penyiaran publik di Indonesia. Bentuk komersialisasi televisi itu juga telah merasuk ke panggung politik, sehingga menurunkan kualitas demokrasi di Indonesia. Dampak eksternalitas ini juga dapat dilihat dari tampilnya orang-orang kaya di panggung politik.
References
Foucault, Michel. 2002. Pengetahuan dan Metode karya Penting Foucault, Jalasutra, Jogjakarta.
Kellner, Douglas. 2010. Budaya Media Cultural Studies, identitas, dan Politik: Antara Modern dan Postmodern. Jalasutra. Jogjakarta.
Littlejohn, Stephen dan Karen A Foss. 2010. Theories of Human Communication. (Terjemahan), Pustaka Pelajar, Jogjakarta.
McQuail, Dennis. 2005. McQuail’s Mass Communication Theory, Sage Publication, London.
L.J Schrum (edt). 2010. Psikologi Media Entertaintmen Membedah Keampuhan Periklanan Subliminal dan Bujukan yang Tak Disadari Konsumen. Jalasutra. Jogjakarta.
Herman, Edwar S. 1997. “The Externalities Effects of Commercial and Public Broadcasting” dalam Peter Golding and Graham Murdock. The Political Economy of the Media, Edward Elgar Publishing, London.
Rasyid, Mochamad Riyanto. 2013. Kekerasan di layar Kaca: Bisnis Siaran, Peran KPI, dan Hukum. Penerbit Kompas, Jakarta.
Siskawati, Isna. 2006. Jurnal Penelitian Ilmu Komunikasi Thesis Volume V/No.2 Mei-Agustus 2006, “Komodifikasi Nilai-Nilai Agama dalam Sinetron Televisi,” Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia, Jakarta.
SK, Ishadi. 2014. Media dan Kekuasaan: Televisi di Hari-Hari Terakhir Presiden Soeharto. Penerbit Kompas, Jakarta.
Wibowo, Wahyu (Ed.) 2013. Kedaulatan Frekuensi: Regulasi Penyiaran, Peran KPI, dan Konvergensi Media. Penerbit Kompas, Jakarta.
Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.