IMPLEMENTASI METODE SERVQUAL DAN SAW UNTUK ANALISA KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN POLI RAWAT JALAN

Authors

  • Sigit Susanto Putro Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura
  • Eza Rahmanita Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura
  • R Siti Isnaniyah Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v6i2.1119

Keywords:

Instalasi Rawat Jalan, Kualitas Pelayanan, Service Quality, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW)

Abstract

Pelayanan rumah sakit berperan penting dalam menjaga nama baik sebuah instansi rumah sakit. Untuk mencapai pelayanan yang prima, perlu adanya suatu ulasan kepada pegawai rumah sakit agar dapat melakukan peningkatan dan perbaikan dalam pelayanannya. Oleh sebab itu dibangun aplikasi analisa kepuasan pasien berdasarkan kualitas pelayanan rumah sakit untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien. Aplikasi ini mengimplementasikan metode Service Quality (ServQual) untuk menghitung kualitas pelayanan yang diberikan dan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk melakukan perhitungan pembobotan dan pencarian prioritas. Berdasarkan uji coba sistem yang dilakukan pada 8 poli rawat jalan di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan didapatkan hasil pihak rumah sakit harus memperbaiki jadwal kedatangan dokter dengan nilai gap sebesar 0,8900, nilai ini lebih tinggi dibandingkan pernyataan yang lain. Sedangkan poli mata pada instalasi ini memiliki prioritas terbesar untuk dilakukan perbaikan dibandingkan dengan 7 poli lainnya dengan nilai akhir 0,9229. Dengan hasil yang didapatkan tersebut, diharapkan pihak rumah sakit dapat memberikan perbaikan pelayanannya.

References

Menteri Kesehatan, “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif Di Rumah Sakit,” 2016.

A. K. Sari, E. Sihombing, And Solikhatun, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Bidang Kesehatan,” Semin. Nas. Mat. Dan Pendidik. Mat. 2006, 2006.

R. R. Ranas, “Analisis Dan Perbaikan Layanan Hotel Menggunakan Servqual Dan Diagram Kartesius ( Studi Kasus Di Hotel Kombokarno ),” Vol. 14, Pp. 119–132, 2013.

R. Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., Dan Wardoyo, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy Madm). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, “Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 560/Menkes/Sk/Iv/2003 Tentang Pola Tarif Perjan Rumah Sakit Menteri,” P. 11, 2003.

Dirjen Yanmed Depkes Ri, “Standart Pelayanan Rumah Sakit,” 1999.

I. S. Pohan, Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: Egc, 2004.

F. & G. C. Tjiptono, Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi, 2005.

Supranto, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta, 2006.

A. Brysland And A. Curry, “Service Improvements In Public Services Using Servqual,” Manag. Serv. Qual., Vol. 11 (6), Pp. 389–401, 2001.

Fathoni, “Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Menggunakan,” No. 12, Pp. 185–188, 2009.

D. Pawestri, “Perbandingan Penggunaan Metode Ahp Dan Metode Saw Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Layanan Internet,” 2013.

Downloads

Published

2017-11-01

Issue

Section

Artikel