IMPLEMENTASI METODE SERVQUAL DAN SAW UNTUK ANALISA KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN POLI RAWAT JALAN
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v6i2.1119Keywords:
Instalasi Rawat Jalan, Kualitas Pelayanan, Service Quality, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW)Abstract
Pelayanan rumah sakit berperan penting dalam menjaga nama baik sebuah instansi rumah sakit. Untuk mencapai pelayanan yang prima, perlu adanya suatu ulasan kepada pegawai rumah sakit agar dapat melakukan peningkatan dan perbaikan dalam pelayanannya. Oleh sebab itu dibangun aplikasi analisa kepuasan pasien berdasarkan kualitas pelayanan rumah sakit untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien. Aplikasi ini mengimplementasikan metode Service Quality (ServQual) untuk menghitung kualitas pelayanan yang diberikan dan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk melakukan perhitungan pembobotan dan pencarian prioritas. Berdasarkan uji coba sistem yang dilakukan pada 8 poli rawat jalan di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan didapatkan hasil pihak rumah sakit harus memperbaiki jadwal kedatangan dokter dengan nilai gap sebesar 0,8900, nilai ini lebih tinggi dibandingkan pernyataan yang lain. Sedangkan poli mata pada instalasi ini memiliki prioritas terbesar untuk dilakukan perbaikan dibandingkan dengan 7 poli lainnya dengan nilai akhir 0,9229. Dengan hasil yang didapatkan tersebut, diharapkan pihak rumah sakit dapat memberikan perbaikan pelayanannya.
References
Menteri Kesehatan, “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif Di Rumah Sakit,” 2016.
A. K. Sari, E. Sihombing, And Solikhatun, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Bidang Kesehatan,” Semin. Nas. Mat. Dan Pendidik. Mat. 2006, 2006.
R. R. Ranas, “Analisis Dan Perbaikan Layanan Hotel Menggunakan Servqual Dan Diagram Kartesius ( Studi Kasus Di Hotel Kombokarno ),” Vol. 14, Pp. 119–132, 2013.
R. Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., Dan Wardoyo, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy Madm). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia, “Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 560/Menkes/Sk/Iv/2003 Tentang Pola Tarif Perjan Rumah Sakit Menteri,” P. 11, 2003.
Dirjen Yanmed Depkes Ri, “Standart Pelayanan Rumah Sakit,” 1999.
I. S. Pohan, Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: Egc, 2004.
F. & G. C. Tjiptono, Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi, 2005.
Supranto, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta, 2006.
A. Brysland And A. Curry, “Service Improvements In Public Services Using Servqual,” Manag. Serv. Qual., Vol. 11 (6), Pp. 389–401, 2001.
Fathoni, “Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Menggunakan,” No. 12, Pp. 185–188, 2009.
D. Pawestri, “Perbandingan Penggunaan Metode Ahp Dan Metode Saw Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Layanan Internet,” 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.