PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI PROTOTYPE MEDIA BELAJAR PENDUKUNG DALAM PRAKTIKUM PENYAMBUNGAN SERAT OPTIK

Authors

  • Elisa Usada Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v7i1.1221

Keywords:

augmented reality, media belajar AR, fusion splicing

Abstract

Institut Teknologi Telkom Purwokerto saat ini masih mengalami kendala keterbatasan perangkat praktikum pada beberapa mata kuliah praktikum, salah satunya adalah pada penyelenggaraan praktikum penyambungan serat optik. Perangkat penyambungan yaitu fusion splicer yang dimiliki oleh laboratorium ITTP saat ini baru berjumlah satu buah. Eksplorasi mahasiswa terhadap perangkat fusion splicer hanya terbatas pada saat pertemuan praktikum saja. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dikembangkan media belajar pendukung yang memberi peluang kepada mahasiswa untuk dapat mengeksplorasi perangkat fusion splicer selain di laboratorium. Teknologi AR dapat menampilkan model 3D dari suatu perangkat beserta animasinya, sehingga mahasiswa dapat mengetahui bentuk usion splicer beserta bagian-bagiannya. AR juga dapat menampilkan video, sehingga aktifitas penggunaan fusion splicer secara nyata dapat ditampilkan kepada mahasiswa. Rumusan masalah yang akan dikaji lebih lanjut adalah bagaimana susunan muatan materi praktikum yang akan ditampilkan, interaktifitas yang akan diterapkan, dan apakah aplikasi dapat tampil dengan baik di smartphone. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah SDLC dengan siklus waterfall. Penelitian menghasilkan prototype media belajar praktikum berbasis mobile AR dengan materi yang disampaikan; persiapan praktikum, pemotongan serat optik, penyambungan serat optik, dan pengetesan. Interaksi dengan pengguna menggunakan virtual button.

Author Biography

  • Elisa Usada, Institut Teknologi Telkom Purwokerto
    Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri dan Informatika

References

Darmawan, D., et al., 2017, Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis English Simple Sentences pada Mata Kuliah Basic Writing di STKIP Garut, Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Vol 15, No 1, hal 630-643.

La Hompu, U. H., et al., 2016, Multimedia Pembelajaran Interaktif Makhraj Huruf Hijaiyah, Wudu, dan Sholat Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Android, Jurnal Semantik Universitas Halu Oleo, Vol 2, No 2, hal 103-112.

Susilo, J., et al., 2017, Pengembangan Media Pembelajaran Virtual dan Interaktif untuk Mensimulasikan Instalasi Jaringan Listrik di SMK 2 Surakarta, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pasca Sarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta, hal 104-116.

Hanafi, H., Nurhasanah, E., 2017, Penggunaan Multimedia Pembelajaran Berbasis Tutorial dengan Software Autoplay Media Studio 7.0, Prosiding Semnasteknomedia STMIK AMIKOM Yogyakarta, Vol 5, No 1, hal. I.2-187 - 192.

Hartanto, N., et al., 2016, Rancang Bangun Media Pembelajaran IPA Organ Pencernaan Berbasis Role Playing Game untuk Kelas V SD, Komputaki, Jurnal Fakultas Ilmu Komputer Universitas AKI Semarang, Vol 1, No 1, hal 39-55.

Rofiq, A., 2012, Peningkatan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia di SMP Negeri 1 Banjarnegara, AL Qalam, Jurnal Kependidikan,Vol 6, No 1, hal. 84-101.

Musahrain, et al., 2017, Pengaplikasian Mobile Learning sebagai Media dalam Pembelajaran, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pasca Sarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta hal 125-130.

Wu, H. K., et al., 2013, Current Status, Opportunities and Challenges of Augmented Reality in Education, Computers & Education, Vol. 62: hal 41-49.

Sommerville, I., 2011, Software Engineering; Ninth Edition, Ch. 2, Addison-Wesley, USA.

Yablon, A. D., 2005, Optical Fiber Fusion Splicing, Ch. 1, Springer.

Fitrian, A., et al., 2016, Modul Praktikum Komunikasi Serat Optik, Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom, Purwokerto.

Billinghurst, M., et al., 2014, A Survey of Augmented Reality, Foundations and Trends in Human Computer Interaction, Vol. 8, No. 2-3, hal 73-272.

Downloads

Published

2018-05-25

Issue

Section

Artikel