PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN KEPUASAN DALAM PENYAMPAIAN PESAN DIKALANGAN TOKOH MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v6i3.1227Keywords:
Utilization, Whatsapp, Media Communications, MessagesAbstract
Penelitian Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan telah dilakukan bulan Mei 2017. Dengan metode deskriptif didukung wawacara mendalam; Masyarakat sebagian besar sudah memiliki perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi, perangkat yang sering digunakan hendphone (2G). Jenis internet yang digunakan bersama dirumah; Fixed Line dan Wireless Hotspot. Akun media sosial yang sering di akses. Facebook,. Instagram, google+, linkedIn, Twitter, path, Whatsapp, BBM, Yuotube. Instant Messaging yang sering digunakan; whatsApp (WA). WA paling dominan digunakan. Pada saat ini, WA telah dimanfaatkan oleh tokoh masyarakat untuk berkomunikasi dalam menyampaikan pesan kepada sasarannya, jadi saat ini meskipun masih berkomunikasi secara langsung. Tokoh masyarakat memanfaatkan WA sebagai media komunikasi dalam menyampaikan pesan, informasi yang disampaikan lebih efektif dan merupakan kepuasan tersendiri karena menggunakan teknologi informasi (WA) pesan lebih cepat diterima kepada sasaran. Isi pesan; berupa; keamanan lingkungan, ikatan sosial, pendidikan, kesejahteraan dan pekerjaan serta hiburan
References
Arni, Muhammad. (2005). Teori Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT
Remaja Rosda Karya.
Hermawan, C.W. (2009). Cara Mudah Membuat Komunitas Online dengan PHPBB YoNurudin. (2012). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers,
OECD. (2007). CSTD 2010-2011 inter-sessional panel 15-17 December 2010 Geneva, issues paper.
Khoiri. Nur. (2011). Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi terhadap Kehidupan Sosial. http://nurkhoirionline.blogspot.com.Gyakarta
Liliweri Alo (1991). Memahami peran Komunikasi Massa dalam Masyarakat. Bandung . P.T. Citra Aditya Bakti.
Severin Werner J- Tankard James W. 2005. Teori Komunikasi, Prenada Jakarta.
McQuail, Denis. (1987). Mass Communication Theory(Teori Komunikasi Massa). Jakarta: Erlangga.
Mulyana, Deddy. (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaludin. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja
www. jurnalkommas.com/docs/JURNAL_D diakses pada 30 oktober 2017
http://www.e-jurnal.com/2014/02/pengertian-pesan.html#!/history diakses pada 3 Nopember 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.