PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN KEPUASAN DALAM PENYAMPAIAN PESAN DIKALANGAN TOKOH MASYARAKAT

Authors

  • Trisnani Trisnani BPPKI Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v6i3.1227

Keywords:

Utilization, Whatsapp, Media Communications, Messages

Abstract

Penelitian Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan  Dalam Penyampaian Pesan telah dilakukan bulan Mei 2017. Dengan metode deskriptif didukung wawacara mendalam; Masyarakat sebagian besar sudah memiliki perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi, perangkat yang sering digunakan hendphone (2G). Jenis internet yang digunakan bersama dirumah; Fixed Line dan  Wireless Hotspot. Akun media sosial yang sering di akses. Facebook,. Instagram, google+, linkedIn, Twitter, path, Whatsapp, BBM, Yuotube. Instant Messaging yang sering digunakan; whatsApp  (WA). WA paling dominan digunakan. Pada saat ini, WA telah dimanfaatkan oleh tokoh masyarakat untuk berkomunikasi dalam menyampaikan pesan kepada sasarannya, jadi saat ini meskipun masih berkomunikasi secara langsung. Tokoh masyarakat memanfaatkan WA sebagai media komunikasi dalam menyampaikan pesan,  informasi yang disampaikan lebih efektif dan merupakan kepuasan tersendiri karena menggunakan teknologi informasi (WA) pesan lebih cepat diterima kepada sasaran. Isi pesan; berupa; keamanan lingkungan, ikatan sosial, pendidikan, kesejahteraan dan pekerjaan serta hiburan

References

Arni, Muhammad. (2005). Teori Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT

Remaja Rosda Karya.

Hermawan, C.W. (2009). Cara Mudah Membuat Komunitas Online dengan PHPBB YoNurudin. (2012). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers,

OECD. (2007). CSTD 2010-2011 inter-sessional panel 15-17 December 2010 Geneva, issues paper.

Khoiri. Nur. (2011). Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi terhadap Kehidupan Sosial. http://nurkhoirionline.blogspot.com.Gyakarta

Liliweri Alo (1991). Memahami peran Komunikasi Massa dalam Masyarakat. Bandung . P.T. Citra Aditya Bakti.

Severin Werner J- Tankard James W. 2005. Teori Komunikasi, Prenada Jakarta.

McQuail, Denis. (1987). Mass Communication Theory(Teori Komunikasi Massa). Jakarta: Erlangga.

Mulyana, Deddy. (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja

www. jurnalkommas.com/docs/JURNAL_D diakses pada 30 oktober 2017

http://www.e-jurnal.com/2014/02/pengertian-pesan.html#!/history diakses pada 3 Nopember 2017.

Downloads

Published

2017-12-06

Issue

Section

Artikel