FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP ECOMMERCE
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v6i3.1235Keywords:
regresi linier berganda, media online, ecommerce.Abstract
Tingginya pengguna media online di Indonesia menimbulkan optimisme para pelaku industri untuk mulai beralih kebisnis media online. Para creator digital mulai mengkonvergen segala bentuk perkembangan gaya hidup masyarakat dengan teknologi digital termasuk ecommerce. Banyaknya ecommerce yang bermunculan di internet menyebabkan masyarakat mempunyai banyak pilihan untuk memanfaatkannya. Oleh karena itu ketika media online ecommerce menjadi sangat produktif di internet maka menjadi menarik apabila melakukan analisis mengenai parameter-parameter yang mempengaruhi media online ecommerce dan sejauh mana tingkat kepercayaan masyarakat terhadap website travel. Dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda maka diharapkan dapat memberikan analisa yang compatibel mengenai media online ecommerce. Berdasarkan analisa yang sudah dilakukan terhadap data yang diperoleh dari survei online untuk penelitian analisis faktor kepercayaan masyarakat terhadap media online ecommerce adalah dari semua variabel pada faktor personality hanya variabel pendidikkan saja yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel tingkat kepercayaan media online ecommerce. Maka dapat disimpulkan bahwa pendidikkan merupakan variabel terpenting dalam pengaruhnya terhadap tingkat kepercayaan media online ecommerce.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi V. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Cordiaza, Muhammad. and Prahastob, Toni. “Analisis Faktor Kredibilitas Website E-Commerce”.
Cheskin Research. (1999). E-commerce TrustStudy. A Joint Research Project by Cheskin and
Studio.
Archtype/Sapient. Diakses tanggal 20 Juli 2017 dari http://www.studioarchtype.com/cheskinFla
nagin, et.al. 2000.
Jones, K., Leonard, L.N.K. (2008). Trust in consumer to consumer electroniccommerce. Journal
of Information and Management, (45), 88-95.Ghozali, I., 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indonesia Studi pada Online Purchasing, Jurnal Sistem Informasi Bisnis 01(2013), Undip.
Limbong, Juliwati. and Achjari, Didi. “Analisis Hubungan Kualitas Situs Web Dan Kualitas Informasi. Akuntansi Persepsian” JAAI Vol. 18 No. 2, Desember 2014: 101-109.
Makovsky, Stanford. “Web Credibility Study 2002” . 2002.
Mardiani, Iin Endang. and Imanuel, Orland Jorge. “Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (E-Marketing)” Jurnal Ekonomi, Volume 4 Nomor 2, November 201.
Prabowo, Hartiwi. Darman. and Noegraheni, Enny. “Analisis Kepercayaan Dalam C2c E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Repurchase Pada Kaskus” Binus Business Review Vol.5 No. 1 Mei 2014: 301-314.
Schweiger, Fritz. “Multidimensional Continued Fraction”. 2000.
Siagian, Hotlan. and Cahyono, Edwin. “Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty
Pelanggan Online Shop” Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, No. 2, Oktober 2014 doi:
9744/pemasaran.8.2.55-61. ISSN 1907-235X
Survey APJII. “Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia”. 2016.
Tapehe, Yusuf, Statistika dan Rancangan Percobaan, Jakarta: EGC, 2014
Turban, E., et al. (2008) A Managerial Perspective. Electronic Commerce 2006, Pearson
Education Inc., Upper Saddle River.
Yamin dan Kurniawan . SPSS Complete. Jakarta:Salemba.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.