FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP ECOMMERCE

Authors

  • Putri Pradnyawidya Sari BPPKI Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v6i3.1235

Keywords:

regresi linier berganda, media online, ecommerce.

Abstract

Tingginya pengguna media online di Indonesia menimbulkan optimisme para pelaku industri untuk mulai beralih kebisnis media online. Para creator digital mulai mengkonvergen segala bentuk perkembangan gaya hidup masyarakat dengan teknologi digital termasuk ecommerce.  Banyaknya ecommerce yang bermunculan di internet menyebabkan masyarakat mempunyai banyak pilihan untuk memanfaatkannya. Oleh karena itu ketika media online ecommerce menjadi sangat produktif di internet maka menjadi menarik apabila melakukan analisis mengenai parameter-parameter yang mempengaruhi media online ecommerce dan sejauh mana tingkat kepercayaan masyarakat terhadap website travel. Dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda maka diharapkan dapat memberikan analisa yang compatibel mengenai media online ecommerce. Berdasarkan analisa yang sudah dilakukan terhadap data yang diperoleh dari survei online untuk penelitian analisis faktor kepercayaan masyarakat terhadap media online ecommerce adalah dari semua variabel pada faktor personality hanya variabel pendidikkan saja yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel tingkat kepercayaan media online ecommerce. Maka dapat disimpulkan bahwa pendidikkan merupakan variabel terpenting dalam pengaruhnya terhadap tingkat kepercayaan media online ecommerce.

Author Biography

  • Putri Pradnyawidya Sari, BPPKI Surabaya
    BPPKI Surabaya - Eselon 3

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi V. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Cordiaza, Muhammad. and Prahastob, Toni. “Analisis Faktor Kredibilitas Website E-Commerce”.

Cheskin Research. (1999). E-commerce TrustStudy. A Joint Research Project by Cheskin and

Studio.

Archtype/Sapient. Diakses tanggal 20 Juli 2017 dari http://www.studioarchtype.com/cheskinFla

nagin, et.al. 2000.

Jones, K., Leonard, L.N.K. (2008). Trust in consumer to consumer electroniccommerce. Journal

of Information and Management, (45), 88-95.Ghozali, I., 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indonesia Studi pada Online Purchasing, Jurnal Sistem Informasi Bisnis 01(2013), Undip.

Limbong, Juliwati. and Achjari, Didi. “Analisis Hubungan Kualitas Situs Web Dan Kualitas Informasi. Akuntansi Persepsian” JAAI Vol. 18 No. 2, Desember 2014: 101-109.

Makovsky, Stanford. “Web Credibility Study 2002” . 2002.

Mardiani, Iin Endang. and Imanuel, Orland Jorge. “Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (E-Marketing)” Jurnal Ekonomi, Volume 4 Nomor 2, November 201.

Prabowo, Hartiwi. Darman. and Noegraheni, Enny. “Analisis Kepercayaan Dalam C2c E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Repurchase Pada Kaskus” Binus Business Review Vol.5 No. 1 Mei 2014: 301-314.

Schweiger, Fritz. “Multidimensional Continued Fraction”. 2000.

Siagian, Hotlan. and Cahyono, Edwin. “Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty

Pelanggan Online Shop” Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, No. 2, Oktober 2014 doi:

9744/pemasaran.8.2.55-61. ISSN 1907-235X

Survey APJII. “Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia”. 2016.

Tapehe, Yusuf, Statistika dan Rancangan Percobaan, Jakarta: EGC, 2014

Turban, E., et al. (2008) A Managerial Perspective. Electronic Commerce 2006, Pearson

Education Inc., Upper Saddle River.

Yamin dan Kurniawan . SPSS Complete. Jakarta:Salemba.

Downloads

Published

2017-12-06

Issue

Section

Artikel