PERANCANGAN TATA KELOLA TI KOTA PASURUAN DENGAN COBIT 4.1

Authors

  • Suryo Setiyo Kardono BPPKI Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v6i3.1245

Abstract

Teknologi informasi (TI) dapat digunakan dalam membantu proses penyelenggaraan pemerintahan dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Penggunaan TI pada Pemerintah Kota Pasuruan saat ini tidak berjalan secara maksimal dalam proses pelayanan kepada masyarakat walaupun telah ditunjang oleh infrastruktur TI dan web site. Hal ini dikarenakan pelaksanaan tata kelola TI di Pemerintah Kota Pasuruan masih mengalami permasalahan pada proses perencanaan strategis TI yang belum didukung dengan aturan dan prinsip-prinsip tata kelola TI yang baik. Sehingga perencanaan investasi TI yang dilakukan tidak didasari dari analisis kebutuhan bisnis Kota Pasuruan, serta belum adanya kesadaran mengenai pentingnya perencanaan investasi TI yang dilakukan selaras dan terintegrasi dengan visi, misi, tujuan dan strategi Pemerintah Kota Pasuruan. Penelitian ini mencoba merancang suatu model tata kelola TI yang berupa usulan kebijakan pendefinisian rencana strategis TI (PO1) menggunakan COBIT framework 4.1. Penelitian pada penelitian ini mengunakan metode mixed methods dengan pendekatan Sequential Transformative Strategy mempunyai perbedaan pada metode pengumpulan data yaitu metode kualitatif dan metode induktif. Hasilnya adalah metode tata kelola TI untuk Pemkot Pasuruan.

References

DETIKNAS, Pedoman Umum Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional. Versi 1. Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, 2007.

IT Governance Institute, COBIT 4.1 Framework, Control Objectives, Management Guidelines & Maturity Models. IT Governance Institute: Rolling Meadows, IL 60008 USA, 2007.

Ward, John and Joe Peppard, Strategic Planning for Information System. Cranfield School of Management, Cranfield, Bedfordshire, UK, 2002 .

Weill, Peter and Jeanne W. Ross, IT Governance, How Top Performers Manage IT Decision Rights for Superior Results. Harvard Business School Press. Boston, Massachusetts, United States of America, 2004.

Creswell, John W, Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches, Second Edition. SAGE Publications, 2003.

Diana Effendi, Perancangan IT Governance pada Layanan Akademik di Unikom Menggunakan COBIT Versi 4.0. Penelitian Intitut Teknologi Bandung, 2008.

U. Tresna Lenggana, Perancangan Model Tata Kelola Teknologi Informasi pada PT.Kereta Api Indonesia Berbasis Framework COBIT. Penelitian Institut Teknologi Bandung, 2007.

Kridanto Surendro, Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi. Penerbit Informatika, Bandung, 2009.

Boar, Bernard, The Art of Strategic Planning for Information Technology. John Wiley & Sons, Inc, 2001.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pasuruan Tahun 2003-2018.

QuickMBA, SWOT Analysis, http://www.quickmba.com/strategy/swot/, Juni 2010.

Downloads

Published

2017-12-06

Issue

Section

Artikel