TRANSAKSI E-COMMERCE MASYARAKAT JAWA TIMUR

Wahyudiyono Wahyudiyono

Abstract

E-commerce di Indonesia tumbuh pesat seiring dengan pesatnya pertumbuhan pengguan internet. Pelaku e-commerce juga tumbuh mengikuti trend belanja online di masyarakat. Pelaku transaksi e-commerce oleh perusahaan e-commerce besar yang menjual barang secara online mudah dilihat perkembangannya tetapi pelaku e-commerce yaitu penjual dan pembeli di masyarakat jarang memperoleh perhatian. Penelitian ini melihat profil pelaku e-commerce dan bagaimana transaksi e-commerce dilakukan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Jawa Timur dengan melakukan clustering terhadap kota sampai tingkat Rukun Tetangga. Pemilihan responden di tingkat RT menggunakan systematic sampling. Pelaku e-commerce merata dari kalangan muda mulai umur 15 tahun sampai 45 tahun. Barang yang dibeli dan dijual paling banyak pakaian, sepatu, perhiasan serta perangkat elektronik. Pembayaran transaksi e-commerce kebanyakan dilakukan dengan transfer ke rekening penjual atau ke rekening pihak ketiga dan pembayaran di tempat setelah barang diterima (cash on delivery). Media penjualan kebanyakan dilakukan dengan media online yang tidak berbayar seperti media sosial dan iklan baris online.


Keywords


transaksi, e-commerce, masyarakat

Full Text:

PDF

References

Balai Pengkajian Pengembangan Komunikasi dan Informatika Surabaya, 2016, Laporan Penyusunan Indikator Kominfo Indonesia Tahun 2016, BPPKI Surabaya.

Dewi Irmawati, Pemanfaatan E-commerce dalam Dunia Bisnis, Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – Issn: 2085-1375 Edisi Ke-VI, November 2011. https://orasibisnis.files.wordpress.com/201

/05/dewi-imarwati_pemanfaatan-e-commerce-dalam-dunia-bisnis.pdf

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Laporan Tahunan Kemkominfo ,2015

Laudon Kenneth C., & Jane P. Laudon, 2010, Manajemen Information System :Managing the Digital Firm. New Jersey: Prentice-Hall

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor: 74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Road Map e- commerce)Tahun 2017-2019

Sukmadinata, 2006, Metode Penelitian Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung Siregar, Riki

R. 2010. Strategi Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan dengan Penerapan E-commerce.

http://blog.trisakti.ac.id/riki/2010/03/12/strategi-meningkatkan-persaingan-bisnis-perusahaan-dengan-penerapan-e-commerce/. Diakses tanggal 25 September 2017.

Sukmajati, Anina. 2009. Penerapan E-ommerce untuk Meningkatkan Nilai Tambah (Added Value) bagi Perusahaan.

http://aninasukmajati.wordpress.com. Diakses : 2 September 2017.

Sugiyono (2009),Metode deskriptif, Edisi kedua, Penerbit Alfabeta, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31504/komunika.v6i3.1250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Wahyudiyono -

License URL: Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License
Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika.
 
VISITOR STATISTIK