PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DALAM MENINGKATKAN LAYANAN PADA PELANGGAN

Authors

  • Tri Sagirani Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Muhammad Edwin Diradinata Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v7i1.1363

Keywords:

Manajemen hubungan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi saat ini tidak dapat dihindarkan, dan telah berkembang diberbagai sektor, salah satunya adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Revolusi industri 4.0 yang sangat erat dengan modernisasi dan kemajuan teknologi menjadi sebuah momen bagi UMKM untuk melaju dengan berbagai inovasinya untuk tetap bertahan dan tidak tergerus laju zaman.Terbatasnya pemanfaatan teknologi karena dianggap barang yang mahal dan rumit oleh UMKM harus dikikis.Pada penelitian ini dilakukan pengenalan tentang pentingnya Customer Relationship Management kepada UMKM dan melakukan perancangan sistem informasi untuk dapat membantu UMKM melakukan otomasi pada penjualan, pemasaran dan meningkatkan perhatian pada pelanggan yang pada akhirnya menghadirkan layanan yang lebih baik lagi bagi UMKM kepada pelanggan. Dengan perancangan sistem informasi ini pengelola UMKM dapat dengan mudah mengidentifikasi dan berfokus pada pelanggan, memungkinkan penyesuaian secara personal terhadap berbagai produk dan layanan atau jasa yang ditawarkan, mampu menghadirkan pengalaman yang berkesan dan layanan terbaik diseluruh bagian pelayanan dan yang terpenting adalah adanya peningkatan terhadap loyalitas dari pelanggan.Hasil evaluasi saat implementasi aplikasi, pengelola UMKM memiliki kecenderungan sangat setuju dengan hasil nilai rata-rata kuesioner sebesar 3,61 dalam skala nilai 1 sampai 4 terhadap pengukuran kemudahan, kenyamanan dan kepuasan kinerja yang diberikan oleh  sistem informasi.

References

Ali Ahani, Nor Zairah Ab. Rahim, Mehrbakhsh Nilashi. (2017), Firm performance through social Customer Relationship Management Evidence from small and medium enterprises, IEEE International Conference on Research and Innovation in Information Systems (ICRIIS)

Fran Yáñez. (2017), The Goal is Industry 4.0: Technologies and Trends of the Fourth Industrial Revolution, Independently published

James A. O’Brien, George M. Marakas. (2011), Management information systems 10th ed., New York

Kenneth C. Laudon, Jane P. Laudon. (2016), Management Information Systems, Managing The Digital Firm, 14th Edition, Pearson Education Limited.

Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil dan Mengengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2012-2013. www.depkop.go.id diakses pada tanggal 10 Pebruari 2018

Philip T. Kotler,., Kevin L. Keller. (2015), Marketing Management 15th Edition, Pearson

Ovi Dyantina, Mira Afrina, Ali Ibrahim. (2012), Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN), Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 4, NO. 2

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Downloads

Published

2018-05-25

Issue

Section

Artikel