MEDIA WHATS APP SEBAGAI RUANG POLITIK DALAM MENGHADAPI PILKADA SERENTAK DI KOTA MAKASSAR TAHUN 2018

Authors

  • Emilsyah Nur BBPPKI Makassar,Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v7i1.1400

Keywords:

Medsos, Politik dan Kandidat

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu untuk memberikan gambaran pemanfaatan media Whats App sebagai ruang  politik dalam menghadapi pilkada serentak di Kota Makassar tahun 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan wawancara langsung dengan informan sebagai narasumber dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terjadi dalam media Whats App adalah komunikasi dua arah/ interaktif dan secara realtime. Dalam kampanye politik, kandidat bisa saling berhubungan langsung dengan khalayak melalui tulisan di wall atau forum diskusi lainnya yang bisa di koment oleh tiap orang. Pemanfaatan media sosial seperti Whats App untuk kampanye politik ternyata belum merata, nampaknya belum bisa mengoptimalkan manfaat internet dan media sosial. Padahal media sosial ini selain sebagai sarana bersosialisasi atau pemasaran secara online, bisa dimanfaatkan pula sebagai alat kampanye politik yang terbilang praktis.

References

Budiman. (2016). Deskripsi tentang Pengaruh Media dalam Pilkda Kabupaten Banyuwangi, Jurnal Dinas Infokom Kabupaten Banyuwangi Vol. XXII Edisi September 2016.

Darmadjid. (2014). Wajah Media Sosial dalam Politik Indonesia, Jakarta, Panembahan

Darmin. (2016). Pemanfaatan Media Massa sebagai Wujud tercapainya Politik Indonesia, Jakarta, Rineka Cipta.

Ernawan. (2017). Peran Media sebagai Sarana Penyampaian Aspirasi Masyarakat, Jakarta, Makalah Universitas Fajar.

Jashali. (2011). Korelasi Media Massa terhadap Politik di Indoensia, Jakarta, Panembahan.

Komaruddin. (2003). Komunikasi Politik sebagai Sarana Penyampaian Aspirasi Masyaraka, Jakarta, Rosdakarya.

Kurniadi. (2004). Media Massa Pemersatu Bangsa (Konsep Komunikasi dan Praktek),Bandung, Mandar Maju.

Mardiasmo. (2015). Peran Media Sosial Dalam Konstelasi Pilkada Tahun 2014, Jurnal Vol. 12. Edisi Desember 2016.

Ruchyat. (2010). Politik dan Media Massa, Jakarta, Rineka Cipta.

Sakarman. (2011). Komunikasi dan Politik Dalam Mendukung Pemerintahan yang Bersih dan Berwibawa, Jakarta, Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-05-25

Issue

Section

Artikel