PENGARUH KAMPANYE “LET’S DISCONNECT TO CONNECT” TERHADAP SIKAP ANTI PHUBBING (SURVEI PADA FOLLOWERS OFFICIAL ACCOUNT LINE STARBUCKS INDONESIA)
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v7i3.1665Keywords:
anti-phubbing, gadget problem, social campaign, social media LINEAbstract
Gadget problem menjadi masalah yang tidak banyak disadari. Beberapa survei menemukan bahwa rata-rata orang Indonesia menggunakan gadget selama 5,5 jam per hari, padahal idealnya hanya 257 menit atau 4 jam 17 menit saja dalam sehari. Lebih dari batas penggunaan ideal tersebut, dapat mengancam kinerja otak pengguna.Selain itu, bahaya lainnya adalah kecilnya kemungkinan untuk dapat membangun komunikasi dan hubungan yang berkualitas dengan orang lain (phubbing). Berdasarkan keprihatinan atas masalah gadget problem tersebut, Starbucks Indonesia menyelenggarakan kampanye Let’s Disconnect to Connectdi aplikasi LINE dan gerai Starbucks Indonesia. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh kampanye Let’s Disconnect to Connectterhadap sikap anti-phubbing followers official account LINE Starbucks Indonesia. Survei yang melibatkan 100 responden yang sebagian besar berada pada kelompok umur 20-25 tahun ini menggunakan Teori Komunikasi Antarpribadi dan Model Ostergaard untuk memandu penyelenggaraan kampanye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye Let’s Disconnect to Connect mampu mempengaruhi terciptanya sikap anti-phubbing sebanyak 65,2%. Isi dan struktur pesan yang disajikan pada broadcast official account LINE dianggap menarik dan informatif, sehingga mampu memberikan awareness, knowledge, dan motivasi bagi followers official account LINE Starbucks Indonesia untuk melakukan sikap anti-phubbing yang ditunjukkan dengan kesediaannya meletakkan smartphone-nya di stiker yang ada di atas meja setiap gerai Starbucks Indonesia bertuliskan “Park Your Phone Here.”
References
Buku:
Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta.
Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations Praktis. Bandung: Widya Padjadjaran.
Breakenridge, D. 2012. Social Media and Public Relations: Eight New practices for the PR Professional. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Fidler, Roger. 2003. Mediamorfosisi: Memahami Media Baru. Yogyakarta: Bentang Budaya.
Harapan, Edi. 2014. Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Herlina, Dyna. 2012. Gerakan Literasi Media. Yogyakarta: Rumah Sinema.
Kasali, Rhenald. 2008. Membidik Pasar Indonesia: Segmenting, Targeting, Positioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif: teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Robbins, P. Stephen. 2007. Organizational Behavior: 11th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Ruslan, Rosady. 2008. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Syarifuddin, Gassing S. 2016. Public Relations: Edisi 1. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tan, Alexis. 1981. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Jakarta: Jurnal Press.
Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama.
----------. 2009. Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
----------. 2012. Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama.
----------. 2018. Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama.
Jurnal dan Karya Ilmiah:
Chasombat, P. 2014. Social Networking Sites Impacts on Interpersonal Communication Skill and Relationships. Unpublished Thesis. School of International College, National Institute of Development Administration.
Karadag, E., Tousantas, S.B., Erzen, E., Duru, P., Bostan, N., Sahin, B.M., Babadag, B. 2015. Determinants of phubbing, which is the sum of many virtual addictions a structural equation model. Journal of Behavioral Addictions. Tersedia pada http://dx.doi.org/10.1556/2006..4.20.15.005
Portal Berita dan Situs Online:
Ayuningtyas, Rita. 2017. Line Kantongi 171 Juta Pengguna Aktif Bulanan. Berita Online. Tersedia pada https://www.liputan6.com/tekno/read/2997411/line-kantongi-171-juta-pengguna-aktif-bulanan
Cahyo, Dandy. Penggunaan Smartphone di Indonesia Tahun 2017. Artikel Online. Tersedia pada http://dewina-journal.foutap.com/penggunaan-smartphone-di-indonesia-tahun-2017/
Haigh, A. 2015. Stop Phubbing. Artikel Online. Tersedia pada http://stopphubbing.com
Nistanto Reska K. 2015. Kebiasaan Orang Indonesia, Pelototi Smartphone 5,5 Jam Sehari. Berita Online. Tersedia pada https://tekno.kompas.com/read/2015/09/04/11301837/Kebiasaan.Orang.Indonesia.Pelototi.Smartphone.5.5.Jam.Sehari
Sativa, Rahma Lillahi. 2017. Berapa Lama Waktu Ideal Gunakan Gadget? Berita Online. Tersedia pada https://inet.detik.com/cyberlife/d-3398914/berapa-lama-waktu-ideal-gunakan-gadget
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.