IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS SEBAGAI PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK, DILINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH DI JAWA TIMUR DAN NUSA TENGGARA BARAT

Trisnani Trisnani

Abstract

Survei Implementasi E-Government Public Relations Sebagai Peningkatan Pelayanan informasi Publik, Dilingkungan Pemerintah Daerah, telah dilaksanakan pada bulan april 2018. Menggunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, latar belakang penelitian ini, di era digital sudah seharusnya pelayanan publik menggunakan kanal-kanal yang terintegrasi untuk memudahkan masyarakat mencari informasi. Permasalahnya; Bagaimana pemahaman ASN terhadap pelayanan informasi publik secara online?. Bagaimana proses penggunaan media sosial sebagai peningkatan peran pelayanan informasi publik?. Seberapa besar penggunaan Instant Messaging untuk pelayanan informasi Publik?bagaimana sikap ASN Public Relations terhadap penerapan integrasi jaringan yang digunakan untuk proses komunikasi antara pemerintah pusat dan daerah? Hasilnya sebagian besar ASN memahami pelayanan informasi publik secara online, ASN secara individu sebagian besar menggunakan media sosial, akun media sosial yang sering digunakan untuk pelayanan informasi publik facebook.ASN sebagian besar menggunakan Instant Messaging, aplikasi yang sering digunakan untuk pelayanan publik WhatsApp, informasi yang dibutuhkan masyarakat informasi pekerjaan. Sikap ASN terhadap penerapan integrasi jaringan sebagian besar sangat setuju. Hasil penelitian ini, termasuk kategori positif, karena ASN Public relations memiliki Pemahaman yang baik, kecenderungan dan perilaku setuju menggunakan TIK dan Media sosial serta penerapan integrasi jaringan. Dengan demikian ASN mendukung terhadap integrasi jaringan.


Keywords


Implementasi E-Government; Public Relations; Pelayanan Publik; Pemerintah Daereah

Full Text:

PDF

References

http://www.gurupendidikan.co.id

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 Th 2010 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik

http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt55c19d9479936/ini-isi-inpres-pengelolaan-komunikasi-publik dikutip tanggal 5 Maret 2018

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015. Tentang Pengelolaan Komunikasi Publik

Coulson-Thomas, Colin. 2002. Public relations : pedoman praktis untuk PR / Colin Coulson-Thomas; penerjemah Lucas Ginting. Penerbit Jakarta: Bumi Aksara

http://jurnal- dm.blogspot.co.id/2009/07/public- relation -definisi-fungsi-dan.html

Hermawan, C.W. (2009). Cara Mudah Membuat Komunitas Online dengan PHPBB Yogyakarta

https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/32909772/egovtpemdaindo dikutip tanggal 5 Maret 2018

http://repository.uin-suska.ac.id/4852/3/BAB%20II%282%29.pdf

http://hawarimuhtarom.blogspot.co.id/2016/11/makalah-tantangan-era-digital.html dikutip tanggal 5 April 2018.

Singarimbun Masri, Sofian Effendi 2006 Metode Penelitian Survai. Jakarta Barat PustakaLP3ES Indonesia

Sugiyono, 2010 Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif Dan R&D

https://statmat.id/ukuran-sampel-penelitian/dikutip pada tanggal, 9 April 2018

Sugiyono,2017 Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif Dan R&D

http://bappeda.jatimprov.go.id/2018/05/10/tingkat-pengangguran-terbuka-jawa-timur-sebesar-385-persen/

https://ntb.bps.go.id/pressrelease/2017/11/06/357/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--agustus-2017-provinsi-ntb-sebesar-3-32-persen.ht




DOI: http://dx.doi.org/10.31504/komunika.v7i3.1781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 trisnani trisnani

License URL: Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License
Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika.
 
VISITOR STATISTIK