PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI PERCEPATAN BERUSAHA OLEH EKONOMI KREATIF

Putri Pradnyawidya Sari

Abstract

Kontribusi Ekonomi Kreatif (Ekraf) mengalami peningkatan setiap tahun, bahkan pertumbuhannya  berada diatas pertumbuhan sektor listrik, gas dan air bersih, pertambangan dan penggalian, pertanian, peternakkan, kehutanan dan perikanan, jasa-jasa dan industri pengolahan. Berdasarkan hal tersebut maka terbitlah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 tahun 2018 mengenai perijinan berusaha melalui One Single Submission (OSS) yaitu sebuah sistem perijinan online yang terintegrasi. Salah satu tujuan OSS adalah untuk mempermudah perizinan berusaha terutama bagi pelaku ekonomi kreatif. Hadirnya OSS membuat Dinas Perizinan Pelayanan Publik di daerah merubah prosedur perizinan dan sistem manajemen maupun infrastruktur yang sudah ada. Berdasarkan beberapa hal tersebut diatas maka penelitian ini bermaksud merumuskan Perencanaan Strategis Pengembangan SI/TI terkait sistem perizinan usaha yang berkaitan dengan pengintegrasian One Single Submission (OSS). Hasil dari penelitian ini adalah suatu rumusan strategis untuk mengembangkan sistem perizinan yang terintegrasi dengan OSS. Dengan menggunakan metode Perencanaan Strategis Sistem Informasi (PSSI) dan analisis SWOT di Kabupaten Banyuwangi sebagai lokasi untuk studi kasus maka penelitian ini menghasilkan sebuah rencana strategis pengembangan sistem informasi salah satunya integrasis sistem dengan OSS.


Keywords


OSS; SWOT; PSSI

Full Text:

PDF

References

Yoseph Hendrik Maturbongs, Riri Satria. “Perencanaan Strategis SI pada Institusi Pendidikkan Tinggi Studi Kasus Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretaris Tarakanita”. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 2011.

Bekraf , 2017. “Buku Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif” kerjasama antara Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Pusat Statistik (BPS)”.

Bekraf, 2016. “ Infografis Ringkasan Data Statistik Ekonomi Kreatif Indonesia” kerjasama antara Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Pusat Statistik (BPS)”.

BBPPKI Makassar, 2016. “Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kabupaten Pinrang”

Prof.Dr.Sumartono, M.S., Prof.Dr.Soesilo Zauhar, M.S., Dr.Hermawan, SIP, M.Si. “Model Sistem Monitoring Dan Evaluasi Tata Kelola Sektor Ekonomi Kreatif Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Kajian Atas Pengembangan Ekonomi Kreatif di JawaTimur)”. Universitas Brawijaya Malang, November 2014.

Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, 2013. “Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Kota Surabaya 2014-2015”.

Dirjen Aptika Kemkominfo, 2017.Skema dukungan Kominfo Guna mendukung Implementasi Perpres 91/2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha .

A. Holil Noor Ali.2007. Materi Kuliah “Perencanaan Strategi Sistem Informasi” ITS.

https://dpmptsp.bogorkab.go.id/strategi/




DOI: http://dx.doi.org/10.31504/komunika.v7i3.1824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 putri pradnyawidya sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika.
 
VISITOR STATISTIK