Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer

Fifin Sonata

Abstract

Persaingan bisnis e-commerce semakin ketat.Terdapat beberapa jenis e-commerce yang sering dijumpai. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah jenis C2C (Customer-to-Customer). E-commerce jenis ini memfasilitasi transaksi langsung antara pembeli dan penjual. Penelitian ini bermaksud mengembangkan model C2C dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Kebaruan dari pemodelan C2C dengan menggunakan UML terletak pada karakteristik UML yang memungkinkan identifikasi terhadap objek mana saja yang memengaruhi sistem. Pemodelan C2C  dengan menggunakan UML dapat memberikan manfaat kepada customer e-commerce yang masih awam terhadap transaksi C2C dan kepada penjualnya. Penelitian ini menghasilkan bentuk rancangan pemodelan menggunakan UML yang  memungkinkan setiap objek terlihat jelas dan mudah dimengerti.


Keywords


C2C; E-commerce; UML

Full Text:

PDF

References

Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distri Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV(2), 107–116. Retrieved from https://doi.org/10.2135/cropsci1983.0011183X002300020002x

Heru, M. M. S. R. S. (2015). Implementasi E-commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 1–9.

Lenti, F. N. (2014). Vol. 6 No. 2 Februari 2014 ISSN: 1979-8415 REKAYASA DATABASE TERDISTRIBUSI PADA LAYANAN PEMESANAN Vol. 6 No. 2 Februari 2014 ISSN: 1979-8415, 6(2), 129–134.

Lupi, F. R., & Nurdin, N. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan E-Commerce Pada Tokopedia.Com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 20–29.

Pradana, M. (2003). PND Hacia un Estado Comunitario (2002-2006) - Álvaro Uribe Vélez, 27(2), 163–174. Retrieved from https://colaboracion.dnp.gov.co/CDT/Normatividad/Ley812_de_2003.pdf

Purnama, R. (2010). Analisa dan Perancangan Sistem E-Commerce Dengan Menggunakan UML (Unified Modeling Language) (Study Kasus: Rumah Mode Namira).

Rohandi, M. M. A. (2017). Effectiveness C2C E-Commerce Media In Bandung (Case study at Tokopedia.com and Bukalapak.com), 177–197.

Sandy Kosasi. (2015). Perancangan Sistem E-Commerce untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak. Snastia, 2015 (Oktober), 110–119.

Simaremare, Y. P. W., Pribadi, A., & Wibowo, R. P. (2013).

Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Manajemen Publikasi Ilmiah Berbasis Online pada Jurnal SISFO. Teknik Pomits, 2(3), 470–475. Retrieved from https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.3.2.2015.320-334.

Susandi, D., & Sukisno. (2017). Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear. Jurnal Sistem Informasi, 4, 5–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.31504/komunika.v8i1.1832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fifin - Sonata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/komunika.
 
VISITOR STATISTIK