Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v8i1.1832Keywords:
C2C, E-commerce, UMLAbstract
Persaingan bisnis e-commerce semakin ketat.Terdapat beberapa jenis e-commerce yang sering dijumpai. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah jenis C2C (Customer-to-Customer). E-commerce jenis ini memfasilitasi transaksi langsung antara pembeli dan penjual. Penelitian ini bermaksud mengembangkan model C2C dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Kebaruan dari pemodelan C2C dengan menggunakan UML terletak pada karakteristik UML yang memungkinkan identifikasi terhadap objek mana saja yang memengaruhi sistem. Pemodelan C2C dengan menggunakan UML dapat memberikan manfaat kepada customer e-commerce yang masih awam terhadap transaksi C2C dan kepada penjualnya. Penelitian ini menghasilkan bentuk rancangan pemodelan menggunakan UML yang memungkinkan setiap objek terlihat jelas dan mudah dimengerti.
References
Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distri Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV(2), 107–116. Retrieved from https://doi.org/10.2135/cropsci1983.0011183X002300020002x
Heru, M. M. S. R. S. (2015). Implementasi E-commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 1–9.
Lenti, F. N. (2014). Vol. 6 No. 2 Februari 2014 ISSN: 1979-8415 REKAYASA DATABASE TERDISTRIBUSI PADA LAYANAN PEMESANAN Vol. 6 No. 2 Februari 2014 ISSN: 1979-8415, 6(2), 129–134.
Lupi, F. R., & Nurdin, N. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan E-Commerce Pada Tokopedia.Com. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(1), 20–29.
Pradana, M. (2003). PND Hacia un Estado Comunitario (2002-2006) - Álvaro Uribe Vélez, 27(2), 163–174. Retrieved from https://colaboracion.dnp.gov.co/CDT/Normatividad/Ley812_de_2003.pdf
Purnama, R. (2010). Analisa dan Perancangan Sistem E-Commerce Dengan Menggunakan UML (Unified Modeling Language) (Study Kasus: Rumah Mode Namira).
Rohandi, M. M. A. (2017). Effectiveness C2C E-Commerce Media In Bandung (Case study at Tokopedia.com and Bukalapak.com), 177–197.
Sandy Kosasi. (2015). Perancangan Sistem E-Commerce untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak. Snastia, 2015 (Oktober), 110–119.
Simaremare, Y. P. W., Pribadi, A., & Wibowo, R. P. (2013).
Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Manajemen Publikasi Ilmiah Berbasis Online pada Jurnal SISFO. Teknik Pomits, 2(3), 470–475. Retrieved from https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.3.2.2015.320-334.
Susandi, D., & Sukisno. (2017). Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear. Jurnal Sistem Informasi, 4, 5–8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.