Strategi Public Relations dalam Manajemen Isu Keamanan Pangan di Pizza Hut Indonesia

Authors

  • Kiki Kustiawati UPN "Veteran" Jakarta
  • Aan Setiadarma UPN "Veteran" Jakarta
  • Anjang Priliantini UPN "Veteran" Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v8i1.1876

Keywords:

isu, manajemen isu, hubungan masyarakat

Abstract

Pada akhir 2017, Pizza Hut Indonesia menghadapi isu menyangkut higienitas makanan yang mereka sajikan. Isu ini bermula dari berita yang dimuat di beberapa media online dan unggahan di media sosial yang kemudian menjadi viral. Jika dibiarkan, berita negatif ini akan berpengaruh buruk bagi citra Pizza Hut. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk mengelola isu tersebut. Penelitian deskriptif kualitatif ini berusaha menggambarkan upaya yang dilakukan oleh Pizza Hut Indonesia terkait hal itu, Upaya tersebut terbagi dalam beberapa tahap, yaitu tahap analisis, eksplorasi informasi, pembuatan keputusan, implementasi, dan penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima tahap tersebut sesuai dengan tahapan manajemen isu menurut Chase dan Jones. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Pizza Hut Indonesia telah menerapkan strategi yang baik dalam mengelola isu tersebut melalui mediasi dengan pelanggan yang merasa dirugikan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pembeli di restoran tersebut.

Author Biography

  • Kiki Kustiawati, UPN "Veteran" Jakarta

    Program Studi Ilmu Komunikasi

    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

    Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

References

Harrison, K. (2008). Strategic Public Relations: A Practical Guide to Success 5th Edition. Perth: Century Consulting Group.

Kasali, Renald. (2005). Sembilan Fenomena Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kriyantono, Rachmat. (2015). Public Relations Issue and Crisis Management.Jakarta: Prenanda Media Group.

Littlejohn, Stephen W and Karen A. Foss.(2009). Theories of Human Communication 9th Edition. (M. Yusuf Hamdan, Trans.). Jakarta: Salemba Humanika.

Marendra, Aryasena. (2016). Analisis Manajemen Isu Maskapai Lion Air dalam Menangani Isu Penundaan Jadwal Penerbangan: Sstudi Kasus Penundaan Jadwal Penerbangan pada Tanggal 18-20 Februari 2015 (Skripsi). Universitas Indonesia, Jakarta.

Munandar, Haris. (2007). Manajemen Departemen Public Relations. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Rakhmat, Jalaludin. (2004). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramadhan, Taufik. (2016). Manajemen Isu yang di Blow Up oleh Media Online: Studi Kasus pada Isu Lingkungan PT Semen Padang (Diploma Thesis). Universitas Andalas, Padang.

Regester, Michael and Judy Larkin.(2003). Risk Issues and Crisis Management in Public Relations.New Delhi: Crest Publishing House.

Risk Issues and Crisis Management Third Edition. (2005) USA: Kogan Page.

Silvia, Tresia. (2017). Makan di Restoran Pizza Ternama, Gadis Ini Temukan Hewan Menggeliat Ini di Makanannya, Bikin Mual. Retrieved February 12, 2018, from http://palembang.tribunnews.com/2017/12/18/makan-di-restoran-pizza-ternama-gadis-ini-temukan-hewan-menggeliat-ini-di-makanannya-bikin-mual

Yunus, Eddy. (2016). Manajemen Strategis.Yogyakarta: CV Andi Offset.

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Artikel