Strategi Public Relations dalam Manajemen Isu Keamanan Pangan di Pizza Hut Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v8i1.1876Keywords:
isu, manajemen isu, hubungan masyarakatAbstract
Pada akhir 2017, Pizza Hut Indonesia menghadapi isu menyangkut higienitas makanan yang mereka sajikan. Isu ini bermula dari berita yang dimuat di beberapa media online dan unggahan di media sosial yang kemudian menjadi viral. Jika dibiarkan, berita negatif ini akan berpengaruh buruk bagi citra Pizza Hut. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk mengelola isu tersebut. Penelitian deskriptif kualitatif ini berusaha menggambarkan upaya yang dilakukan oleh Pizza Hut Indonesia terkait hal itu, Upaya tersebut terbagi dalam beberapa tahap, yaitu tahap analisis, eksplorasi informasi, pembuatan keputusan, implementasi, dan penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima tahap tersebut sesuai dengan tahapan manajemen isu menurut Chase dan Jones. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Pizza Hut Indonesia telah menerapkan strategi yang baik dalam mengelola isu tersebut melalui mediasi dengan pelanggan yang merasa dirugikan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pembeli di restoran tersebut.
References
Harrison, K. (2008). Strategic Public Relations: A Practical Guide to Success 5th Edition. Perth: Century Consulting Group.
Kasali, Renald. (2005). Sembilan Fenomena Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kriyantono, Rachmat. (2015). Public Relations Issue and Crisis Management.Jakarta: Prenanda Media Group.
Littlejohn, Stephen W and Karen A. Foss.(2009). Theories of Human Communication 9th Edition. (M. Yusuf Hamdan, Trans.). Jakarta: Salemba Humanika.
Marendra, Aryasena. (2016). Analisis Manajemen Isu Maskapai Lion Air dalam Menangani Isu Penundaan Jadwal Penerbangan: Sstudi Kasus Penundaan Jadwal Penerbangan pada Tanggal 18-20 Februari 2015 (Skripsi). Universitas Indonesia, Jakarta.
Munandar, Haris. (2007). Manajemen Departemen Public Relations. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Rakhmat, Jalaludin. (2004). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ramadhan, Taufik. (2016). Manajemen Isu yang di Blow Up oleh Media Online: Studi Kasus pada Isu Lingkungan PT Semen Padang (Diploma Thesis). Universitas Andalas, Padang.
Regester, Michael and Judy Larkin.(2003). Risk Issues and Crisis Management in Public Relations.New Delhi: Crest Publishing House.
Risk Issues and Crisis Management Third Edition. (2005) USA: Kogan Page.
Silvia, Tresia. (2017). Makan di Restoran Pizza Ternama, Gadis Ini Temukan Hewan Menggeliat Ini di Makanannya, Bikin Mual. Retrieved February 12, 2018, from http://palembang.tribunnews.com/2017/12/18/makan-di-restoran-pizza-ternama-gadis-ini-temukan-hewan-menggeliat-ini-di-makanannya-bikin-mual
Yunus, Eddy. (2016). Manajemen Strategis.Yogyakarta: CV Andi Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.