Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Shopee

Authors

  • Nur Afifah Rosnadia Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Setyo Iriani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2391

Keywords:

citra perusahaan, kepercayaan, kemudahan, keputusan pembelian, e-commerce

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis dan membahas citra perusahaan, kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian pada E-Commerce Shopee secara parsial.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian riset konklusif dengan pendekatan kausal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Shopee yang melakukan belanja melalui mobile shopping dengan ketentuan melakukan pembelian dalam satu bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dan snowballing sampling. Untuk sampel yang digunakan yaitu sebanyak 220 responden. Angket peneliti disebarkan melalui online menggunakan skala likert dan menggunakan analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra perusahaan, kepercayaan, dan kemudahan  secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada E-Commerce Shopee.

Author Biographies

Nur Afifah Rosnadia Putri, Universitas Negeri Surabaya

Manajemen

Sri Setyo Iriani, Universitas Negeri Surabaya

Manajemen

References

Aldo.(2019). Kilas Balik E-Commerce Platform di Indonesia Tahun 2018. Diakses pada 28 Juli 2019 dari www.iprice.co.id/trend/insights/kilas-balik-e-commerce-di-indonesia-tahun-2018/

Andjarwati, A. L., & Juniarti, R. P. (2018). Improving Corporate Image : The role of Suitability of Social Responsibility Program, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 222,98–101.

Ardianto, Elvinaro, .(2011). Handbook Of Public Relation. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Boyke, Rosmayanti.(2019). YLKI : Belanja dan Pinnjaman Online Dominasi Aduan Konsumen. Diakses pada 28 Juli 2019 dari www.wartaekonomi.co.id/read213018/ylki-belanja-dan-pinjaman-online-dominasi-aduan-konsumen.html

Databoks.(2017). Transaksi E-Commerce Indonesia Naik 500% dalam 5 Tahun. Diakses pada 28 Juli 2019 dari www.databoks.kata-data.co.id/datapublish/2016/11/16/transaksi-e-commerce-indonesia-naik-500-dalam-5-tahun

Davis, F,D. (1989). Perceived Usefullness, Perceived Ease Of Use, and User Acceptance Of Information Technology. MIS Quarterly. 13(3), pp 319-340.

Devaraj, Sarv, Ming Fan, and Rajiv Kohli, 2003. E-Loyalty – elusive ideal or competitive edge?. Communication of the ACM.Vol. 46 (9): hal. 184-191.

Feroza A, Muhdiyanto, D. A. (2018). Creating E-Loyalty On Online Shopping Transaction Through E-Service Quality And E-Trust. Economics and Bussiness, 1(1), 39–45.

Geffen, D. (2002). Refflection On The Dimentions Of Trust And Trustworthiness Among Online Consumers. ACM SIGMIS Database, 33(3), 38-53. Doi: 10.1145/569905.569910

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8 ed.). Semarang, Jawa Tengah: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hurriyati, Ratih & Santi., S. (2010). Pengarug Corporate Social Responsibility Terhadap Corporate Image PT. Bank Negara Indonesia TBK. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis. 9(18).

Jayanti, Ratna Dwi. (2015). Pengaruh Harga dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Harapan Maulina Hijab Jombang). EKSIS. Vol. X, No.1.

Kim, D.J., Ferrin, D.L. dan Rao, H.R. (2008). A trust-based consumer decision-making model in electronic commerce: the role of trust, perceived risk, and their antecedents. Decision Support Systems, Vol. 44 No. 2, pp. 544-564.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (11 ed.). Jakarta: Erlangga.

Ling, K.C., Chai, L.T., dan Piew, T.H., (2010), The Effects of Shopping Orientations, Online Trust and Prior Online Purchase Experience toward Customers’ Online Purchase Intention, International Business Research, Vol. 3, No. 3; July 2010.

Mahkota, A. P., Suyadi, I., & Riyadi. (2014). Pengaruh Kepercayaan Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online. Administrasi Bisnis. Vol. 8(2): hal. 1–7.

Malholtra, N. K. (2017). Riset Pemasaran (Jilid 1 Ed). Jakarta: Indeks.

McCloskey, Donna Weaver. 2006. The Importance of Ease of Use, Usefulness, and Trust to Online Consumers: An Examination of the Technology Acceptance Model with Older Consumers, Journal of Organizational and End User Computing, vol. 18, no. 3

Marketeers. (2018). Indonesia E-Commerce Top Of Mind. Diakses pada 28 Juli 2019 dari www.instagram.com/p/Bp6wpAbgmrL/?igshid=1pqktrbjgfi4t

Nimas.(2017). 5 Prediksi Tren E-Commerce di Indonesia Pada 2018. Diakses pada 28 Juli 2019 dari https://www.shopback.co.id/blog/prediksi-tren-e-commerce-di-indonesia-pada-2018

Pangandaheng, Fony. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Hadji Kalla. Thesis. S2 Manajemen Unievristas Tadulako.

Pudjihardjo, Maria Carolina. & Wijaya, Helen. (2015). Analisa Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Pemasaran di Media Sosial (Studi pada Pengguna Media Sosial di Shapeharve).Jurnal Universitas Kristen Petra Surabaya.

Sari, Sella. K. 2012. “Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Minat Konsumen (Evaluasi Penjualan Jasa Kamar Aston Karimun City hotel)”. Jurnal Pemasaran.

Slimani. Ilyes, Soud & Abduljali. 2017. The Corporate Image And Its Impact In The Purchase Decision Study In Orascom Telecom Corporation Djezzy Bechar – Algeria. International Jurnal Of Advanced Research, ISSN: 2320-5407

Sudjatmika, Fransiska Vania. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.com. Jurnal AGORA. Vol 5. No. 1.Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapan Pemasaran (edisi kedua). Ghalia Indonesia. Bogor.

Suhari, Yohanes. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Teknologi informasi. Vol.93(2): hal. 141-142.Turban, Efraim, David King, Dennis Viehland, Jae Lee. (2010). Electronic Commerce a Managerial Perspective. International Edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Turban, Efraim, David King, Jae Kyu Lee.(2015).Electronic Commerce A Managerial and Social Networks Perspecive Eight Edition. Diakses pada 28 Juli 2019 dari https://sabraz.files.wordpress.com/2017/08/e-commerce-turban.pdf

Venkatesh, V., & Davis, F.D. (2002). A Theority Extention Of The Technology Accepatnce Model. Four Longitudinal Field Studies, 46(2), 186-204.

Wardoyo., & Andini, I. (2017). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada mahasiswa universitas gunadarma. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Vol.19(1): hal 12-26.

Wen, Chao; Prybutok, Victor.R dan Xu, Chenyan 2011. “An Integrated Model for Customer Online Repurchase Intention”. 2011. Journal of Computer Information Systems.

Downloads

Published

2019-11-01

Issue

Section

Artikel