Implikasi Pengggunaan Internet terhadap Partisipasi Sosial di Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2487Keywords:
implikasi, internet, partisipasiAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat implikasi penggunaan internet terhadap partisipasi sosial di Jawa Timur. Teori yang dipakai adalah teori uses and gratification. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dilakukan melalui metode survei. Sampel lokasi ditentukan dengan teknik multistage area random sampling secara proporsional. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner melalui wawancara dengan responden. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internet mengakibatkan meningkatnya partisipasi aktif pada responden untuk terlibat dalam kegiatan di masyarakat. Pengggunaan internet juga turut berperan dalam pengambilan keputusan. Hanya separo responden yang menilai bahwa penggunaan internet dapat memberikan partisipasi aktif pada responden untuk mengikuti aktifitas politik. Penggunaan internet oleh masyarakat juga dinilai responden dapat meningkatkan pastisipasi aktif bagi warga sekitar untuk terlibat dalam kegiatan masyarakat. Sebagian besar responden juga berpendapat penggunaan internet berperan bagi warga untuk mengambil keputusan. Separo responden berpendapat penggunaan internet berperan bagi warga untuk mengikuti aktifitas politik.
References
Ajat Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
APJII. (2018). Indonesia Internet Users, Laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Diakses pada 4 Agustus 2019, dari http://www.apjii.or.id/v2/read/page/halaman- data/9/statistik.html.
Katz, E., Blumer J. G. Dan Gurevitch, M. 1974. ‘Utilization of mass communication by the individual,’ dalam J.G. Blumer dan E. Katz (eds), The Uses of Mass Communication. Baverly Hills: Sage.
Mc.Quail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika
Pan, B. & Crotts, J.C (2012). Theoretical Models of Social Media, Marketing Implications, and Future Research Directions. In M. Sigala, E. Christou, U. Gretzel (Eds.) Social Media in Travel, Tourism and Hospitality: Theory, Practice and Cases.Ashgate Publishing Company, pp.73-86
Rakhmat, Jalaluddin (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Cetakan Keduabelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Straubhaar & LaRose. (2008), Media Now : Understanding Media, Culture and Technology, Fifth Edition, Thomson Wadsworth.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.