Pemanfaatan Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution dalam Menentukan Prestasi Akademik Siswa di SMK 17 Agustus 1945 Cluring Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v9i2.2528Keywords:
alternatif, kriteria, prestasi akademik siswa, TOPSISAbstract
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan kualitas peserta didik serta kemajuan bangsa. Penentuan penilaian pada SMK 17 Agustus 1945 Cluring memiliki peranan yang penting dalam penilaian akademik masing-masing siswa. Penelitian ini membantu guru dalam menentukan prestasi akademik siswa melalui penilaian dengan menggunakan metode Technique for Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). TOPSIS merupakan suatu bentuk metode pendukung keputusan yang didasarkan pada konsep bahwa alternatif yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif tetapi juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif yang akan memberikan rekomendasi penentuan prestasi akademik siswa seperti yang diharapkan. Pada akhirnya, sistem yang dibangun dengan metode TOPSIS mampu menghasilkan data prestasi akademik siswa SMK 17 Agustus 1945 Cluring dengan menggunakan kriteria kehadiran, nilai ujian tengah semester (UTS), UAS, dan kompetensi praktik. Berdasarkan hasil perhitungan akhir dapat diperolah nilai prestasi siswa tertinggi dan terendah secara efektif dan efisien.
References
Creswell, J. W. (2011). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed, edisi ketiga. (Terjemahan Achmad Fawaid). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2(November 2012), 1–11.
Deng, H., Yeh, C. H., & Willis, R. J. (2000). Inter-company comparison using modified TOPSIS with objective weights. Computers and Operations Research, 27(10), 963–973. https://doi.org/10.1016/S0305-0548(99)00069-6
Desi Leha Kurniasih. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Dengan Metode Topsis. Pelita Informatika Budi Darma, III(April), 29–36.
Irawan, M. T., & Kriestanto, D. (2017). Penerapan Profile Matching Untuk Pencarian Siswa Smp Penerima Beasiswa Miskin Dan Berprestasi. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 1(1), 24–29. https://doi.org/10.26798/jiko.2016.v1i1.11
Kavita, Yadav, S. P., & Kumar, S. (2009). A multi-criteria interval-valued intuitionistic fuzzy group decision making for supplier selection with TOPSIS method. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 5908 LNAI, 303–312. https://doi.org/10.1007/978-3-642-10646-0_37
Lemantara, J. (2018). IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN GRAPHIC RATING SCALES. 7(1), 1–8.
Lumentut, H. B., & Hartati, S. (2017). Sistem Pendukung Keputusan untuk Memilih Budidaya Ikan Air Tawar Menggunakan AF-TOPSIS. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 9(2), 197. https://doi.org/10.22146/ijccs.7548
Mallu, S. (2015). Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap menggunakan metode topsis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, I(2), 36–42.
Sandy Kosasi. (2015). Perancangan Sistem E-Commerce untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak. Snastia, 2015(Oktober), 110–119.
Setya Putra, A., Rahma Aryanti, D., & Hartati, I. (2018). Seminar Nasional Teknologi dan Bisnis 2018 IIB DARMAJAYA Bandar Lampung.
Sistem, P., Keputusan, P., Prestasi, P., Penelitian, D. B., Pengabdian, D., Sri, M., Dan, E., Candra, R., & Santi, N. (2010). Definisi Sistem Pendukung Keputusan. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XV(2), 136–142.
Sjukur SMK Negeri, S. B., & Kab Tanah Bumbu, S. (2012). PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA TINGKAT SMK THE EFFECTS OF BLENDED LEARNING ON THE LEARNING MOTIVATION AND ACHIEVEMENT STUDENTS LEVEL SMK (Vol. 2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.