Strategi Pemanfaatan E-Learning berbasis Resource Sharing untuk Pengembangan SDM UMKM

Authors

  • Putri Pradnyawidya Sari BPSDMP Kominfo Surabaya
  • Bambang Riawan Eko BPSDMP Kominfo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2749

Keywords:

Analysis Requirement, LMS, Edmodo, UMKM

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi yang cukup signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Sumbangsih sektor ini akan semakin besar manakala mereka berhasil memasarkan produk  ke pasar digital. Namun, pelaku UMKM masih mengalami kesulitan menjual produk mereka secara online. Makalah ini membahas mengenai upaya pembinaan sumber daya manusia (SDM) UMKM yang berlangsung saat ini dan merancang sebuah sistem e-learning dengan pendekatan resource sharing yang sesuai dengan kebutuhan belajar dan pelatihan bagi pelaku UMKM. Penelitian dilakukan pada UMKM di beberapa kabupaten di Jawa Timur. Pemilihan kabupaten/kota dilakukan secara acak. Unit analisis dalam penelitian ini ada dua, yakni Dinas Koperasi dan UKM atau Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jawa Timur, untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan pemerintah terkait pengembangan SDM UMKM dan kebutuhan pembuatan desain e-learning. Implementasi pada perancangan ini menggunakan LMS Edmodo. Hasil dari penelitian ini adalah strategi desain e-learning untuk pelaku UMKM.

Author Biography

  • Putri Pradnyawidya Sari, BPSDMP Kominfo Surabaya
    BPPKI Surabaya - Eselon 3

References

Ayoo, P. O., & Lubega, J. T. (2014). A Framework for e-Learning Resources Sharing (FeLRS). International Journal of Information and Education Technology, 4(1), 112–119. https://doi.org/10.7763/ijiet.2014.v4.380

No, W. W., & Ii, T. X. (2013). Widya Warta No. 01 Tahun XXXV II/ Januari 2013 ISSN 0854-1981. (01), 140–151.

Ismantohadi, E., Edi Nugroho, L., & Suning Kusumawardani, S. (2015). Prototipe Sistem E-Learning dengan Pendekatan Gaya Belajar VARK (Kasus: Politeknik Indramayu). Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 4(3). https://doi.org/10.22146/jnteti.v4i3.156

Rahayu, R., & Day, J. (2017). E-commerce adoption by SMEs in developing countries: evidence from Indonesia. Eurasian Business Review, 7(1), 25–41. https://doi.org/10.1007/s40821-016-0044-6

Casquero, O., Portillo, J., Ovelar, R., Romo, J., & Benito, M. (2010). Strategy approach for elearning 2.0 deployment in universities. Digital Education Review, 18(1), 1–8. https://doi.org/10.1344/der.2010.18.1-8

Rosi Subhiyakto, E., & Wahyu Utomo, D. (2017). Analisis Dan Perancangan Aplikasi Pemodelan Kebutuhan Perangkat Lunak Menggunakan Metode Prototyping. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers UNISBANK Ke-3(SENDI_U 3) 2017, (207), 57–62. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/174414-ID-analisis-dan-perancangan-aplikasi-pemode.pdf

Prananto, A., McKay, J. A., & Marshall, P. (2003). A study of the progression of e-business maturity in Australian SMEs: some evidence of the applicability of the stages of growth for e-business model (pp. 68–80). pp. 68–80. University of South Australia.

Bisnis, I., Informatika, D. A. N., & Surabaya, S. (2018). MODUL PELATIHAN PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK GURU SEKOLAH MENENGAH.

Panduan Edmodo Mhs dan Dosen melalui browser.pdf. (n.d.).

Quinn, C. (2009). Populating the Learnscape: E-Learning As Strategy. Michael Allen's ELearning Annual. Pfeiffer: San. Retrieved from http://quinnovation.com:8000/eLearningStrategyAllenAnnual2009.pdf

Downloads

Published

2019-12-29

Issue

Section

Artikel