Strategi Pemanfaatan E-Learning berbasis Resource Sharing untuk Pengembangan SDM UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2749Keywords:
Analysis Requirement, LMS, Edmodo, UMKMAbstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi yang cukup signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Sumbangsih sektor ini akan semakin besar manakala mereka berhasil memasarkan produk ke pasar digital. Namun, pelaku UMKM masih mengalami kesulitan menjual produk mereka secara online. Makalah ini membahas mengenai upaya pembinaan sumber daya manusia (SDM) UMKM yang berlangsung saat ini dan merancang sebuah sistem e-learning dengan pendekatan resource sharing yang sesuai dengan kebutuhan belajar dan pelatihan bagi pelaku UMKM. Penelitian dilakukan pada UMKM di beberapa kabupaten di Jawa Timur. Pemilihan kabupaten/kota dilakukan secara acak. Unit analisis dalam penelitian ini ada dua, yakni Dinas Koperasi dan UKM atau Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jawa Timur, untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan pemerintah terkait pengembangan SDM UMKM dan kebutuhan pembuatan desain e-learning. Implementasi pada perancangan ini menggunakan LMS Edmodo. Hasil dari penelitian ini adalah strategi desain e-learning untuk pelaku UMKM.
References
Ayoo, P. O., & Lubega, J. T. (2014). A Framework for e-Learning Resources Sharing (FeLRS). International Journal of Information and Education Technology, 4(1), 112–119. https://doi.org/10.7763/ijiet.2014.v4.380
No, W. W., & Ii, T. X. (2013). Widya Warta No. 01 Tahun XXXV II/ Januari 2013 ISSN 0854-1981. (01), 140–151.
Ismantohadi, E., Edi Nugroho, L., & Suning Kusumawardani, S. (2015). Prototipe Sistem E-Learning dengan Pendekatan Gaya Belajar VARK (Kasus: Politeknik Indramayu). Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 4(3). https://doi.org/10.22146/jnteti.v4i3.156
Rahayu, R., & Day, J. (2017). E-commerce adoption by SMEs in developing countries: evidence from Indonesia. Eurasian Business Review, 7(1), 25–41. https://doi.org/10.1007/s40821-016-0044-6
Casquero, O., Portillo, J., Ovelar, R., Romo, J., & Benito, M. (2010). Strategy approach for elearning 2.0 deployment in universities. Digital Education Review, 18(1), 1–8. https://doi.org/10.1344/der.2010.18.1-8
Rosi Subhiyakto, E., & Wahyu Utomo, D. (2017). Analisis Dan Perancangan Aplikasi Pemodelan Kebutuhan Perangkat Lunak Menggunakan Metode Prototyping. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers UNISBANK Ke-3(SENDI_U 3) 2017, (207), 57–62. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/174414-ID-analisis-dan-perancangan-aplikasi-pemode.pdf
Prananto, A., McKay, J. A., & Marshall, P. (2003). A study of the progression of e-business maturity in Australian SMEs: some evidence of the applicability of the stages of growth for e-business model (pp. 68–80). pp. 68–80. University of South Australia.
Bisnis, I., Informatika, D. A. N., & Surabaya, S. (2018). MODUL PELATIHAN PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK GURU SEKOLAH MENENGAH.
Panduan Edmodo Mhs dan Dosen melalui browser.pdf. (n.d.).
Quinn, C. (2009). Populating the Learnscape: E-Learning As Strategy. Michael Allen's ELearning Annual. Pfeiffer: San. Retrieved from http://quinnovation.com:8000/eLearningStrategyAllenAnnual2009.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.