Strategi Media Relations dalam Launching Produk Vivo S1 Periode Juli 2019 (Studi Kasus PT Srikandi Imaji Lintaskreasi)
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.3005Keywords:
Strategi, Public Relations, Media Relations, Konsultan Public Relations, PublisitasAbstract
Penelitian ini membahas tentang strategi Media Relations yang digunakan oleh salah satu konsultan Public Relations di Jakarta yaitu PT Srikandi Imaji Lintaskreasi atau Kandi Imaji dalam launching produk Vivo S1 Periode Juli 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan Media Relations Kandi Imaji. Metode penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan melalui indepth interview dengan Tim Public Relations Kandi Imaji yang terdiri dari Content Manager, Media Relations Officer dan Public Relations Officer, media teknologi yaitu Technologue.id, studi kepustakaan dan data dokumentasi. Penelitian ini menemukan hasil bahwa strategi Media Relations Kandi Imaji yaitu keterbukaan informasi kepada media dan pendekatan personal yang kuat antara Kandi Imaji sebagai konsultan PR dan media secara langsung. Strategi tersebut diaplikasikan melalui kegiatan-kegiatan Media Relations. Kegiatan Media Relations Kandi Imaji dalam launching produk Vivo S1 yaitu Product Review, Photo Competition, Media Handling saat Product Launching, Post Launching, Press Release, Press Calls, Regular Networking dan Press Gathering. Selain itu, adanya hubungan yang kuat dengan media dapat memberikan manfaat bagi Kandi Imaji sebagai Konsultan PR seperti pencapaian publisitas di berbagai kanal media (media cetak, media online dan media elektronik) bagi klien.
References
Abidin, Y. Z. (2015). Manajemen Komunikasi; Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Pustaka Setia.
Ardianto, E. (2009). Public Relations Praktis. Widya Padjadjaran.
Ardianto, E. (1999). Teori dan Metodologi Penelitian “ Public Relations ” Teori dan Model Public Relations. Jurnal Public Relations, 5(2), 231–241.
Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.
Cutlip, M. S., Center, H. A., & Broom, M. G. (2009). Effective Public Relations. Kencana Prenada Media Group.
Darmastuti, R. (2012). Media Relations : Konsep, Strategi , dan Aplikasi (Edisi 1). Andi.
Dasrun, H. (2014). Media Public Relations ; Pendekatan Studi Kasus Cyber Public Relations Sebagai Metode Kerja PR Digital (A. Bajari (ed.); Yogyakarta). Graha Ilmu.
Gifari, F., & Purnama, H. (2018). Strategi Asiapr Dalam Memperkuat Hubungan Media Dengan Forum Wartawan Otomotif (Forwot). PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 1(2), 101. https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.11665
Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu.
Hafied, C. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Raja Grafindo Persada.
Fauzi, Moch Prima. (2019, Agustus). Kenal Lebih Dekat dengan vivo S1, Smartphone-nya Anak Muda. Diakses dari : https://inet.detik.com/consumer/d-4684745/kenal-lebih-dekat-dengan-vivo-s1-smartphone-nya-anak-muda
Nasrulhak, Akfa. (2019, Juli). 3 Keunggulan vivo S1
yang Jadi Dambaan Anak Muda Diakses dari : https://inet.detik.com/consumer/d-4633763/3-keunggulan-vivo-s1-yang-jadi-dambaan-anak-muda
Iriantara, Y. (2005). Media Relations Konsep, Pendekatan dan Praktik. Simbiosa Rekatama Media.
Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations. Pustaka Utama Grafiti.
Kriyantono, R. (2008). Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Kencana Prenada Media Group.
Kriyantono, R. (2012). Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis, dan Kualitatif. Kencana Prenada Media Group.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Morissan, M. A. (2010). Teori Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia.
Nova, F. (2009). Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Raja Grafindo Persada.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 1(1), 320.
http://digilibfkip.univetbantara.ac.id/materi/Buku.pdf
Prajarto, N. (2008). Efektivitas Publisitas: Menilai Reputasi Institusi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 78–84.
Ruslan, R. (2010). Manajemen Publik Relation dan Media Komunikasi. Raja Grafindo Persada.
Sharma, Parv. (2019). Top Five Smartphone Brands in Indonesia Captured a Record 84% Share During Q3 2019. Retrieved November 7, 2019, from
Soemirat, S., & Ardianto, E. (2010). Dasar-Dasar Public Relations. Remaja Rosdakarya.
Taufiqurokman. (2016). Manajemen Strategik. In Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.
Advertorial. (2019, Juli). Alasan Vivo S1 jadi pilihan Smartphone yang cocok untuk anak muda. Diakses dari https://www.tribunnews.com/techno/2019/07/22/alasan-vivo-s1-jadi-pilihan-smartphone-yang-cocok-untuk-anak-muda
Tim Viva. (2019, Juli). Vivo S1 meluncur, Spesifikasi Penuh gaya untuk anak muda. Diakses dari : https://www.viva.co.id/digital/piranti/1166363-vivo-s1-meluncur-spesifikasi-penuh-gaya-untuk-anak-muda
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.