Strategi Media Relations dalam Launching Produk Vivo S1 Periode Juli 2019 (Studi Kasus PT Srikandi Imaji Lintaskreasi)

Authors

  • Nindyta Dyda Iswara Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Uljanatunnisa Uljanatunnisa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Vina Mahdalena Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.3005

Keywords:

Strategi, Public Relations, Media Relations, Konsultan Public Relations, Publisitas

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi Media Relations yang digunakan oleh salah satu konsultan Public Relations di Jakarta yaitu PT Srikandi Imaji Lintaskreasi atau Kandi Imaji dalam launching produk Vivo S1 Periode Juli 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan Media Relations Kandi Imaji. Metode penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan melalui indepth interview dengan Tim Public Relations Kandi Imaji yang terdiri dari Content Manager, Media Relations Officer dan Public Relations Officer, media teknologi yaitu Technologue.id, studi kepustakaan dan data dokumentasi. Penelitian ini menemukan hasil bahwa strategi Media Relations Kandi Imaji yaitu keterbukaan informasi kepada media dan pendekatan personal yang kuat antara Kandi Imaji sebagai konsultan PR dan media secara langsung. Strategi tersebut diaplikasikan melalui kegiatan-kegiatan Media Relations. Kegiatan Media Relations Kandi Imaji dalam launching produk Vivo S1 yaitu Product Review, Photo Competition, Media Handling saat Product Launching, Post Launching, Press Release, Press Calls, Regular Networking dan Press Gathering. Selain itu, adanya hubungan yang kuat dengan media dapat memberikan manfaat bagi Kandi Imaji sebagai Konsultan PR seperti pencapaian publisitas di berbagai kanal media (media cetak, media online dan media elektronik) bagi klien.

References

Abidin, Y. Z. (2015). Manajemen Komunikasi; Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Pustaka Setia.

Ardianto, E. (2009). Public Relations Praktis. Widya Padjadjaran.

Ardianto, E. (1999). Teori dan Metodologi Penelitian “ Public Relations ” Teori dan Model Public Relations. Jurnal Public Relations, 5(2), 231–241.

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Cutlip, M. S., Center, H. A., & Broom, M. G. (2009). Effective Public Relations. Kencana Prenada Media Group.

Darmastuti, R. (2012). Media Relations : Konsep, Strategi , dan Aplikasi (Edisi 1). Andi.

Dasrun, H. (2014). Media Public Relations ; Pendekatan Studi Kasus Cyber Public Relations Sebagai Metode Kerja PR Digital (A. Bajari (ed.); Yogyakarta). Graha Ilmu.

Gifari, F., & Purnama, H. (2018). Strategi Asiapr Dalam Memperkuat Hubungan Media Dengan Forum Wartawan Otomotif (Forwot). PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 1(2), 101. https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.11665

Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu.

Hafied, C. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Fauzi, Moch Prima. (2019, Agustus). Kenal Lebih Dekat dengan vivo S1, Smartphone-nya Anak Muda. Diakses dari : https://inet.detik.com/consumer/d-4684745/kenal-lebih-dekat-dengan-vivo-s1-smartphone-nya-anak-muda

Nasrulhak, Akfa. (2019, Juli). 3 Keunggulan vivo S1

yang Jadi Dambaan Anak Muda Diakses dari : https://inet.detik.com/consumer/d-4633763/3-keunggulan-vivo-s1-yang-jadi-dambaan-anak-muda

Iriantara, Y. (2005). Media Relations Konsep, Pendekatan dan Praktik. Simbiosa Rekatama Media.

Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations. Pustaka Utama Grafiti.

Kriyantono, R. (2008). Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Kencana Prenada Media Group.

Kriyantono, R. (2012). Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis, dan Kualitatif. Kencana Prenada Media Group.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Morissan, M. A. (2010). Teori Komunikasi Massa. Ghalia Indonesia.

Nova, F. (2009). Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Raja Grafindo Persada.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 1(1), 320.

http://digilibfkip.univetbantara.ac.id/materi/Buku.pdf

Prajarto, N. (2008). Efektivitas Publisitas: Menilai Reputasi Institusi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 78–84.

Ruslan, R. (2010). Manajemen Publik Relation dan Media Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Sharma, Parv. (2019). Top Five Smartphone Brands in Indonesia Captured a Record 84% Share During Q3 2019. Retrieved November 7, 2019, from

https://www.counterpointresearch.com/top-five-smartphone-brands-indonesia-captured-record-84-share-q3-2019/

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2010). Dasar-Dasar Public Relations. Remaja Rosdakarya.

Taufiqurokman. (2016). Manajemen Strategik. In Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Advertorial. (2019, Juli). Alasan Vivo S1 jadi pilihan Smartphone yang cocok untuk anak muda. Diakses dari https://www.tribunnews.com/techno/2019/07/22/alasan-vivo-s1-jadi-pilihan-smartphone-yang-cocok-untuk-anak-muda

Tim Viva. (2019, Juli). Vivo S1 meluncur, Spesifikasi Penuh gaya untuk anak muda. Diakses dari : https://www.viva.co.id/digital/piranti/1166363-vivo-s1-meluncur-spesifikasi-penuh-gaya-untuk-anak-muda

Downloads

Published

2020-06-16

Issue

Section

Media and Communication