Komodifikasi Pekerja Lepas di Industri Media Online: Pemanfaatan Community Writers oleh Idntimes.com
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v9i2.3219Keywords:
community writer, idntimes.com, komodifikasi, media onlineAbstract
idntimes.com membentuk komunitas penulis bernama Community Writer yang berkesempatan menulis di portal berita idntimes.com. Sebagai bentuk imbalan, idntimes.com memberikan reward berupa poin yang bisa ditukar dengan uang tunai. Minimal penukaran poin sebesar 2.500 poin atau setara Rp250.000. Untuk dapat mendapatkan 2.500 poin, Community Writers harus mendapatkan 2.500 pembaca. Sampai 4 Januari 2020 Community Writer sudah berjumlah 210.551 anggota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah kritis. Data yang digunakan untuk menganalisis yaitu data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menyatakan adanya komodifikasi yang dilakukan oleh idntimes.com berupa pemanfaatan terhadap Community Writer. idntimes.com diuntungkan dengan meningkatnya traffic portal yang mampu menggaet 2,8 juta pembaca per harinya tanpa harus mempekerjakan wartawan atau peneliti dalam jumlah banyak dan tidak perlu memberikan upah sesuai aturan UMR yang berlaku. Hal ini menambah catatan negatif industri media di Indonesia.
References
Adila, I. (2011) ‘Spasialisasi Dalam Ekonomi Politik Komunikasi (Studi Kasus MRA Media)’, Jurnal Ilmu Komunikasi.
Dwita, D. (2015) ‘Televisi dan Kepentingan Pemilik Modal dalam Perspektif Teori Ekonomi Politik Media’, Jurnal Ipteks Terapan. doi: 10.22216/jit.2014.v8i4.21.
Effendy, O.U. (2007) Ilmu komunikasi, Bandung Rosdakarya.
‘Ekonomi Politik Media Komodifikasi Pekerja Dalam Industri Media Hiburan Indonesia’ (2015) Wardah.
Fadillah, D. (2016) ‘Komodifikasi Seksual Dalam Kepentingan Ekonomi Portal Berita Online’, Informasi. doi: 10.21831/informasi.v45i2.7990.
Foust, J. C. (2019) ‘Web Page Design’, in Online Journalism. doi: 10.4324/9781315212555-7.
Kurnia, S. S. (2006) ‘Wacana “Investigative Reporting”’, Mediator: Jurnal Komunikasi. doi: 10.29313/mediator.v7i2.1289.
Larcinese, V. (2008) ‘McChesney, R. W.: Communication revolution: critical junctures and the future of media’, Journal of Economics. doi: 10.1007/s00712-008-0043-x.
McQuail, D. (1994) ‘The rise of media of mass communication’, Mass communication theory: An introduction.
McQuail, D. (1996) ‘Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar’, Jakarta: Erlangga.
McQuail, D. (2014) Mass Communication, Mass Communication. doi: 10.4135/9781446262467.
Mosco, V. (2009) The political economy of communication, The Political Economy of Communication. doi: 10.4135/9781446279946.
Muktiyo, W. (2015) ‘Komodifikasi Budaya Dalam Konstruksi Realitas Media Massa’, MIMBAR, Jurnal Sosial dan Pembangunan. doi: 10.29313/mimbar.v31i1.1262.
Mustofa, S. (2019) ‘Berebut Wacana: Hilangnya Etika Komunikasi di Ruang Publik Dunia Maya’, Jurnal Studi Agama dan Masyarakat. doi: 10.23971/jsam.v15i1.1139.
Nurudin (2013) ‘Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi’, Jurnal Komunikator.
Putri, I. N. (2004) ‘Spasialisasi Dan Konglomerasi Media (Analisis Deskriptif Ekonomi Politik Media pada Kelompok Kompas Gramedia)’, CWL Publishing Enterprises, Inc., Madison.
Subandi, Z. E. and Sadono, T. P. (2018) ‘Komodifikasi, Spasialisasi, Dan Strukturasi Dalam Media Baru Di Indonesia (Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco Pada Line Webtoon)’, National Conference of Creative Industry. doi: 10.30813/ncci.v0i0.1297.
Wenerda, I. (2015) ‘Ekonomi Politik Vincent Moscow oleh Media Online Entertainment kapanlagi.comTM’, CHANNEL Jurnal Komunikasi. doi: 10.12928/channel.v3i1.2417.
Yusuf, M. F. (2016) ‘Komodifikasi: Cermin Retidak Agama Di Televisi: Perspektif Ekonomi Politik Media’, Inject (Interdisciplinary Journal of Communication). doi: 10.18326/inject.v1i1.672.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.