Komodifikasi Pekerja Lepas di Industri Media Online: Pemanfaatan Community Writers oleh Idntimes.com

Authors

  • Mohammad Jhanattan

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v9i2.3219

Keywords:

community writer, idntimes.com, komodifikasi, media online

Abstract

idntimes.com membentuk komunitas penulis bernama Community Writer yang berkesempatan menulis di portal berita idntimes.com. Sebagai bentuk imbalan, idntimes.com memberikan reward berupa poin yang bisa ditukar dengan uang tunai. Minimal penukaran poin sebesar 2.500 poin atau setara Rp250.000. Untuk dapat mendapatkan 2.500 poin, Community Writers harus mendapatkan 2.500 pembaca. Sampai 4 Januari 2020 Community Writer sudah berjumlah 210.551 anggota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah kritis. Data yang digunakan untuk menganalisis yaitu data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menyatakan adanya komodifikasi yang dilakukan oleh idntimes.com berupa pemanfaatan terhadap Community Writer. idntimes.com diuntungkan dengan meningkatnya traffic portal yang mampu menggaet 2,8 juta pembaca per harinya tanpa harus mempekerjakan wartawan atau peneliti dalam jumlah banyak dan tidak perlu memberikan upah sesuai aturan UMR yang berlaku. Hal ini menambah catatan negatif industri media di Indonesia.

References

Adila, I. (2011) ‘Spasialisasi Dalam Ekonomi Politik Komunikasi (Studi Kasus MRA Media)’, Jurnal Ilmu Komunikasi.

Dwita, D. (2015) ‘Televisi dan Kepentingan Pemilik Modal dalam Perspektif Teori Ekonomi Politik Media’, Jurnal Ipteks Terapan. doi: 10.22216/jit.2014.v8i4.21.

Effendy, O.U. (2007) Ilmu komunikasi, Bandung Rosdakarya.

‘Ekonomi Politik Media Komodifikasi Pekerja Dalam Industri Media Hiburan Indonesia’ (2015) Wardah.

Fadillah, D. (2016) ‘Komodifikasi Seksual Dalam Kepentingan Ekonomi Portal Berita Online’, Informasi. doi: 10.21831/informasi.v45i2.7990.

Foust, J. C. (2019) ‘Web Page Design’, in Online Journalism. doi: 10.4324/9781315212555-7.

Kurnia, S. S. (2006) ‘Wacana “Investigative Reporting”’, Mediator: Jurnal Komunikasi. doi: 10.29313/mediator.v7i2.1289.

Larcinese, V. (2008) ‘McChesney, R. W.: Communication revolution: critical junctures and the future of media’, Journal of Economics. doi: 10.1007/s00712-008-0043-x.

McQuail, D. (1994) ‘The rise of media of mass communication’, Mass communication theory: An introduction.

McQuail, D. (1996) ‘Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar’, Jakarta: Erlangga.

McQuail, D. (2014) Mass Communication, Mass Communication. doi: 10.4135/9781446262467.

Mosco, V. (2009) The political economy of communication, The Political Economy of Communication. doi: 10.4135/9781446279946.

Muktiyo, W. (2015) ‘Komodifikasi Budaya Dalam Konstruksi Realitas Media Massa’, MIMBAR, Jurnal Sosial dan Pembangunan. doi: 10.29313/mimbar.v31i1.1262.

Mustofa, S. (2019) ‘Berebut Wacana: Hilangnya Etika Komunikasi di Ruang Publik Dunia Maya’, Jurnal Studi Agama dan Masyarakat. doi: 10.23971/jsam.v15i1.1139.

Nurudin (2013) ‘Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi’, Jurnal Komunikator.

Putri, I. N. (2004) ‘Spasialisasi Dan Konglomerasi Media (Analisis Deskriptif Ekonomi Politik Media pada Kelompok Kompas Gramedia)’, CWL Publishing Enterprises, Inc., Madison.

Subandi, Z. E. and Sadono, T. P. (2018) ‘Komodifikasi, Spasialisasi, Dan Strukturasi Dalam Media Baru Di Indonesia (Ekonomi Politik Komunikasi Vincent Mosco Pada Line Webtoon)’, National Conference of Creative Industry. doi: 10.30813/ncci.v0i0.1297.

Wenerda, I. (2015) ‘Ekonomi Politik Vincent Moscow oleh Media Online Entertainment kapanlagi.comTM’, CHANNEL Jurnal Komunikasi. doi: 10.12928/channel.v3i1.2417.

Yusuf, M. F. (2016) ‘Komodifikasi: Cermin Retidak Agama Di Televisi: Perspektif Ekonomi Politik Media’, Inject (Interdisciplinary Journal of Communication). doi: 10.18326/inject.v1i1.672.

Downloads

Additional Files

Published

2020-11-27

Issue

Section

Media and Communication