Analisis Elaboration Likelihood Theory Pada Kampanye “Go Green, No Plastic” Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Authors

  • Qhori Anandra Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Uljanatunnisa Uljanatunnisa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Intan Putri Cahyani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v9i2.3421

Keywords:

ELM, Kampanye, Kampus Hijau

Abstract

Meningkatnya jumlah penggunaan kemasan plastik tiap tahun dan diterapkannya program penghijauan oleh pemerintah Indonesia mendasari UPNVJ mencanangkan program “Go Green, No Plastic”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pesan kampanye “Go Green, No Plastic” yang diterapkan oleh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta dengan sikap mahasiswa UPNVJ untuk tidak menggunakan kemasan plastik di lingkungan kampus, menggunakan Theory of Elaboration Likelihood. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 99 responden, yang diseleksi dari 10.011 mahasiswa UPNVJ, dengan menggunakan teknik probability sampling dan proportional stratified sampling. Hipotesis hubungan diuji dengan menggunakan uji korelasi, koefisien determinasi dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pesan kampanye“Go Green, No Plastic” UPN Veteran Jakarta terhadap sikap mahasiswa dalam menggunakan kemasan plastik di lingkungan kampus.

 

 

References

Arifin, B. S. (2015). Psikologi Sosial. CV Pustaka Setia.

Azwar, S. (2012). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Liberty.

Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik Lingkungan Hidup Indonesia (SLHI) 2018. Badan Pusat Statistik, 1–224. https://doi.org/3305001

Bobbitt, R. dan, & Sullivan, R. (2014). Developing The Public Relations Campaign. Perason Education, Inc.

Borawska, A., Borawski, M., & Łatuszyńska, M. (2018). The Concept of Virtual Reality System to Study the Media Message Effectiveness of Social Campaigns. Procedia Computer Science, 126, 1616–1626. https://doi.org/10.1016/j.procS.2018.08.135

Geyer, R., Jambeck, J. R., & Law, K. L. (2017). Production, use, and fate of all plastics ever made. Science Advances, 3(7), 25–29. https://doi.org/10.1126/sciadv.1700782

Griffin, E. (2012). In A First Look At Communication Theory (p. eight edition). McGrew Hill.

Kotler, P., Eduardo, L. R. (1989). Social Marketing: Strategies for Changing Public Behavior. Free Press.

Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantiatif dan Kualitatif (2nd ed.). Prenada Media Grup.

Kurniadi, H., & Hizasalasi, M. (2017). Strategi Komunikasi Dalam Kampanye Diet Kantong Plastik Oleh Gidkp Di Indonesia. Medium, 6(1), 21–31. https://doi.org/10.25299/medium.2017.vol6(1).1085

Littlejohn, S., Karen, A. F. (2008). Theories of Human Communication. Ninth Edition. Thomson Wadsworth.

Petty, R. E., Cacioppo, J. T. (1983). Central and Peripheral Routes to Persuasion: Application To Adcertising. Advertising and Consumer Psychology. MA: Lexingtoon Books.

Rahman, F. (2019). Save the world versus man-made disaster: A cultural perspective. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 235(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/235/1/012071

Roger, E, M dan Storey, J, D. (1987). Communication Campaign. Dalam C. R. Berger & S.H. Chaffe (Eds.). Handbook of Communication Science. Sage.

Venus, A. (2004). Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.

Xu, F., & Warkentin, M. (2020). Integrating elaboration likelihood model and herd theory in information security message persuasiveness. Computers and Security, 98, 102009. https://doi.org/10.1016/j.cose.2020.102009

Zen, I. S., Ahamad, R., & Omar, W. (2013). No plastic bag campaign day in Malaysia and the policy implication. Environment, Development and Sustainability, 15(5), 1259–1269. https://doi.org/10.1007/s10668-013-9437-1

Downloads

Additional Files

Published

2020-12-18

Issue

Section

Media and Communication