Tantangan Komunikasi dalam Membangun Startup di Daerah (Studi Kasus Website pasarjember.com di Kabupaten Jember Jawa Timur)

Authors

  • Bambang Riawan Eko BPSDMP Kominfo Surabaya, Indonesia
  • Trisnani Trisnani BPSDMP Kominfo Surabaya, Indonesia
  • Wahyudiyono Wahyudiyono BPSDMP Kominfo Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v9i2.3588

Keywords:

community writer, idntimes.com, komodifikasi, media online.

Abstract

Keberadaan pasarjember.com patut dipertanyakan, karena aplikasi ini kurang dikenal oleh masyarakat Jember. Kehadiran aplikasi ini bertujuan  mengurangi jumlah orang untuk berkunjung ke pasar saat pandemi virus corona sedang tinggi di Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan komunikasi apa saja yang menyebabkan aplikasi pasarjember.com kurang terkenal di masyarakat. Dalam rangka merespon perkembangan  komunikasi dalam membangun startup  tersebut, untuk mendapatkan data yang valit penelitian ini menggunakan metode kualitatif   melakukan  wawancara mendalam kepada 4 instansi yang ada di  Pemerintah Daerah kabupaten Jember, yaitu: Dinas Kominfo, Dinas Perindag, Dinas Perhubungan dan Politeknik Negeri Jember. Kesimpulan yang dipeoleh adalah: 1) pasarjember.com masih dalam tahap uji coba, sehingga belum diperkenalkan kepada masyarakat; 2) Secara teknis aplikasi pasarjember.com kurang familiar di masyarakat, ini disebabkan aplikasi yang digunakan berbasis web, bukan android.

References

Kurniawan, D. (2018). Komunikasi Model Laswell d an Stimulus-Organism Response dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 60-68.

Heru. (2017, September 28). Komunikasi Langsung dan Tidak Langsung. Retrieved from:https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-langsung-dan-tidak-langsung

Littlejohn, S. W., & Karen A, F. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Daeng , I. T., Kalesaran, E. R., & Mewengkang, N. (2017).

Penggunaan Smartphone dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. "Acta Diurna", VI(1). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/91161-ID-penggunaan-smartphone-dalam-menunjang-ak.pdf

Tuner, L. H., & Richard, W. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

(2019). Pajak e-Commerce Hambat UMKM. Jawa Pos.

(2020). Jatim Produktif Lakukan Startup. Jawa Pos.

(2019). Inisiasi Website pasartrenggalek.com Berharap Kurangi Orang. Bhirawa.

Mendrofa, N. A., & Sunaryanto, L. T. (2020, Mei 30). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP BELANJA ONLINE DI PASAR TRADISIONAL KOTA SEMARANG (Studi Kasus Pada Konsumen Situs Tumbasin.id). Agrika, 14(1).

Nuraini, D. (2019, Oktober). Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen terhadap Pembelian Produk Baju secara Online dan Offline. Ekonomi-Manajemen Equilibrium: Jurnal Akuntansi, 15(2).

Downloads

Additional Files

Published

2020-12-31

Issue

Section

Media and Communication