Tantangan Komunikasi dalam Membangun Startup di Daerah (Studi Kasus Website pasarjember.com di Kabupaten Jember Jawa Timur)
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v9i2.3588Keywords:
community writer, idntimes.com, komodifikasi, media online.Abstract
Keberadaan pasarjember.com patut dipertanyakan, karena aplikasi ini kurang dikenal oleh masyarakat Jember. Kehadiran aplikasi ini bertujuan mengurangi jumlah orang untuk berkunjung ke pasar saat pandemi virus corona sedang tinggi di Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan komunikasi apa saja yang menyebabkan aplikasi pasarjember.com kurang terkenal di masyarakat. Dalam rangka merespon perkembangan komunikasi dalam membangun startup tersebut, untuk mendapatkan data yang valit penelitian ini menggunakan metode kualitatif melakukan wawancara mendalam kepada 4 instansi yang ada di Pemerintah Daerah kabupaten Jember, yaitu: Dinas Kominfo, Dinas Perindag, Dinas Perhubungan dan Politeknik Negeri Jember. Kesimpulan yang dipeoleh adalah: 1) pasarjember.com masih dalam tahap uji coba, sehingga belum diperkenalkan kepada masyarakat; 2) Secara teknis aplikasi pasarjember.com kurang familiar di masyarakat, ini disebabkan aplikasi yang digunakan berbasis web, bukan android.
References
Kurniawan, D. (2018). Komunikasi Model Laswell d an Stimulus-Organism Response dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 60-68.
Heru. (2017, September 28). Komunikasi Langsung dan Tidak Langsung. Retrieved from:https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-langsung-dan-tidak-langsung
Littlejohn, S. W., & Karen A, F. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
Daeng , I. T., Kalesaran, E. R., & Mewengkang, N. (2017).
Penggunaan Smartphone dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. "Acta Diurna", VI(1). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/91161-ID-penggunaan-smartphone-dalam-menunjang-ak.pdf
Tuner, L. H., & Richard, W. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.
(2019). Pajak e-Commerce Hambat UMKM. Jawa Pos.
(2020). Jatim Produktif Lakukan Startup. Jawa Pos.
(2019). Inisiasi Website pasartrenggalek.com Berharap Kurangi Orang. Bhirawa.
Mendrofa, N. A., & Sunaryanto, L. T. (2020, Mei 30). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP BELANJA ONLINE DI PASAR TRADISIONAL KOTA SEMARANG (Studi Kasus Pada Konsumen Situs Tumbasin.id). Agrika, 14(1).
Nuraini, D. (2019, Oktober). Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen terhadap Pembelian Produk Baju secara Online dan Offline. Ekonomi-Manajemen Equilibrium: Jurnal Akuntansi, 15(2).
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.