Analisis Manajemen Redaksi Media Online di Masa Pandemi Covid19 di Tirto.id Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v10i2.3979Keywords:
Pandemi, Covid-19, Manajemen Redaksi, Media Online, Tirto.id.Abstract
Pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia sejak awal tahun 2020 membawa pengaruh yang signifikan kepada kehidupan masyarakat. Masyarakat diminta untuk melakukan segala aktivitas dari rumah, termasuk aktivitas bekerja, untuk menanggulangi penyebaran virus Covid-19. Dampaknya, banyak perusahaan media harus melakukan penyesuaian manajemen redaksional, tidak terkecuali tirto.id Yogyakarta. Oleh karena itu, penelitian kualitatif ini bermaksud melakukan analisis penerapan manajemen redaksi tirto.id di masa pandemi Covid-19. Teknik observasi, studi literatur dan wawancara daring diterapkan sebagai metode pengumpulan data. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diketahui bahwa secara umum, manajemen redaksi tirto.id telah menjalankan fungsi manajemen seperti planning, organizing, actuating, dan controlling dengan baik di masa Covid-19. Alur kerja redaksi tetap berjalan seperti biasa, mulai dari perencanaan, liputan daring dan proses penulisan berita serta penyuntingan naskah dilakukan secara virtual sebelum berita ditayangkan di portal tirto.id. Penugasan dilakukan secara daring memanfaatkan platform digital seperti WhatsApp atau email. Dalam pelaksanaan liputan, redaksi tirto.id tidak mengizinkan reporternya melakukan liputan lapangan, termasuk ke wilayah zona merah. Walaupun demikian, peliputan tetap bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai platform daring seperti aplikasi video conference atau aplikasi percakapan. Namun, bila terdapat kebutuhan untuk melakukan peliputan di lapangan, reporter harus mematuhi aturan yang dikeluarkan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) selama masa pandemi Covid-19. Pengawasan tetap dilakukan secara ketat, baik di masa normal maupun pandemi Covid-19, agar kualitas liputan terjaga dan tetap baik.
References
Covid-19, G. T. (2020). Kebijakan PSBB Pilihan Paling Rasional di Tengah COVID-19 - Berita Terkini | Covid19.go.id. Covid19.Go.Id. https://covid19.go.id/p/berita/kebijakan-psbb-pilihan-paling-rasional-di-tengah-Covid-19
Djuroto, T. (2004). Manajemen Penerbitan Pers. Remaja Rosdakarya.
Gitiyarko, V. (2020). Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Kompaspedia.Kompas.Id. https://kompaspedia.kompas.id/baca/profil/lembaga/gugus-tugas-percepatan-penanganan-Covid-19-2
Haryadi, D. (2020). Nasional | PWI Terbitkan Panduan Peliputan Wabah Covid-19. Ayobandung.Com. https://ayobandung.com/read/2020/04/07/85266/pwi-terbitkan-panduan-peliputan-wabah-Covid-19
Ihsanuddin. (2020). Pengumuman Mendadak Jokowi yang Kejutkan Pasien Positif Corona... Halaman all - Kompas.com. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2020/03/04/08051361/pengumuman-mendadak-jokowi-yang-kejutkan-pasien-positif-corona?page=all
Junaedi, F. (2014). Manajemen Media Massa Teori, Aplikasi, dan Riset. Buku Litera.
Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Kencana Prenada.
Mutia, T. (2012). Manajemen Media. Arsad Press.
Nodia, F. P. (2014). Penerapan Integrated Newsroom pada Manajemen Redaksi Beritasatu Media Holdings. Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie, 2(4). http://journal.bakrie.ac.id/index.php/jurnal_ilmiah_ub/article/view/566
Nurudin. (2009). Jurnalisme Masa Kini. Rajawali Press.
Pareno, S. A. (2003). Manajemen Berita : antara idealisme dan realita. Papyrus.
Rh, P. (2011). Pedoman Uji Kompetensi Wartawan (Penerapan Standar Kompetensi Wartawan). Yayasan TIFA.
Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik online : panduan praktis mengelola media online. Nuansa Cendekia.
Santana, Septiawan. (2005). Jurnalisme Kontemporer. Yayasan Obor Indonesia.
Santana, Setiawan. (2003). Jurnalisme Investigasi. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Satria. (2017). Jurnalisme di Era Digital sebagai Transformasi sekaligus Tantangan | Universitas Gadjah Mada. Ugm.Ac.Id. https://ugm.ac.id/id/berita/14661-jurnalisme-di-era-digital-sebagai-transformasi-sekaligus-tantangan
Siregar, A., & Pasaribu, R. (2004). Bagaimana mengelola media korporasi-organisasi. kanisius.
Siswanto, H. B. (2006). Pengantar Manajemen. Bumi Aksara.
Sucahya, M. (2017). Manajemen Media Digital. Tarbawi, 3(01), 43–58.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suhandang, K. (2007). Manajemen pers dakwah : dari perencanaan hingga pengawasan. Marja.
Wendratama, E. (2017). Jurnalisme Online: Panduan Membuat Konten Online yang Berkualitas dan Menarik. PT Bentang Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.