Analisis The Whalen Seven Steps Strategic Divisi Komunikasi dan Marketing Jakarta Smart City pada Aplikasi Jakarta Kini
DOI:
https://doi.org/10.31504/komunika.v10i2.4406Keywords:
Marketing Public Relations, Strategi Pull and Pass, Jakarta Smart City, Aplikasi JAKIAbstract
Kehidupan manusia modern tidak dapat dilepaskan dari kemajuan teknologi karena dampaknya yang memberikan kemudahan dalam beraktivitas, seperti kemudahan dalam memperoleh informasi dari media. Pemanfaatan media ini tidak hanya dilakukan oleh individu, tetapi juga oleh institusi seperti Jakarta Smart City (JSC). Jakarta Smart City hadir dalam bentuk aplikasi yang bernama JAKI (Jakarta Kini) dengan berbagai fitur yang bertujuan untuk mempermudah kehidupan masyarakat yang tinggal ataupun beraktivitas di Jakarta. Untuk memperkenalkan aplikasi JAKI ke masyarakat, divisi komunikasi dan marketing JSC menerapkan dua dari tiga konsep marketing public relations (PR), yaitu pull and pass strategy. Hasilnya, JSC berhasil mencapai target jumlah pengguna aplikasi Jakarta Kini sebanyak satu juta orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kunci keberhasilan dari strategi pull and pass yang dijalankan oleh Divisi Komunikasi dan Marketing untuk aplikasi JAKI. Analisis penelitian ini menggunakan konsep the Whalen 7 Steps Strategic dengan metode penelitian studi kasus dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pull and pass yang dijalankan oleh Divisi Komunikasi dan Marketing sesuai dengan konsep the Whalen 7 Steps Strategic, seperti pemanfaatan media sosial, website, press release, pemuka masyarakat, email blast, JSC talks, dan pameran.
References
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April). Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.
Ali, D. S. F. (2017). Marketing Public Relations Diantara Penjualan dan Pencitraan. Yogyakarta: Deepublish.
Bazaza, O. (2020). Effect of Pull and Push Marketing Strategies in the Pharmaceutical Field. International Journal of Business Marketing and Management, 5(2), 2456–4559. www.ijbmm.com
Ediraras, D. T., Rahayu, D. A., Natalina, A., & Widya, W. (2013). Political Marketing Strategy of Jakarta Governor Election in The 2012s. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 81(1976), 584–588. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.480
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Studi Kasus Single Case, Instrumental Case, Multicase & Multisite Dilengkapi Contoh Tahapan Proses dan Hasil Penelitian (N. A. Rahma (ed.)). Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.)). Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Khopipah, S. (2019). Challenges Of A Dual Role Of Marketing Public Relations And Public Relations In Developing A Positive Image Of Pt Overseas Zone. 49. http://doi.org/10.21831/informasi.v49i2.28256
Kitchen, P. J. (2015). The Quarterly Review of Marketing Communications. International Journal of Advertising, 367-382. http://dx.doi.org/10.1080/02650487.1993.11104551
Leppäniemi, M. & H. K. (2008). Mobile Marketing: From Marketing Strategy To Mobile Marketing Campaign Implementation. International Journal of Mobile Marketing, 3 No. 1. https://www.researchgate.net/profile/Heikki-Karjaluoto/publication/252113084_Mobile_Marketing_From_Marketing_Strategy_to_Mobile_Marketing_Campaign_Implementation/links/567148a008ae2b1f87aee230/Mobile-Marketing-From-Marketing-Strategy-to-Mobile-Marketing-C
Messakh, K. K., & Fuady, M. (2017). Perencanaan Marketing Public Relations Program Net Citizen Journalism PT. Net Mediatama Indonesia. Prosiding Hubungan Masyarakat, 3. http://hdl.handle.net/123456789/23119
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2. https://doi.org/2502-1648
Nugrahani, D. S. (2006). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Periklanan Public Relations. SEGMEN - Manajemen, No 1 (2006). Jurnal Manajemen & Bisnis. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/614
Papasolomou, L. & Y. M. (2012). Social Media: Marketing Public Relations’ New Best Friend. Journal of Promotion Management. http://dx.doi.org/10.1080/10496491.2012.696458
Rahman, A., Subiakto, V. U., Susanti, S., & Purwoputro, D. (2020). The Implementation of Marketing Public Relations Strategy by the FF Luxury Watch Store on the Jakarta Based Customers. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(6), 1029–1037. https://doi.org/10.38124/ijisrt20jun920
Rahmawati, S. A., Setianti, Y., & Lukman, S. (2019). Strategi Marketing Public Relations Checo Café Resto. 8(1). Jurnal Komunika : Komunikasi dan Informatika. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i2.4488
Suprawoto. (2018). Government Public Relations Perkembangan & Praktik di Indonesia (1st ed.). Jakarta : Prenadamedia Group. https://books.google.co.id/books?id=ApNeDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Wijaya, C. R., Waluya, B., & Setyorini, P. D. S. (2012). Pengaruh Program Marketing Public Relations Terhadap Keputusan Berkunjung Di Pantai Pangandaran (Survei pada Wisatawan yang Berkunjung ke Destinasi Pariwisata Pantai Pangandaran). Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 2. https://doi.org/10.17509/thej.v2i2.1939
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.