Analisis The Whalen Seven Steps Strategic Divisi Komunikasi dan Marketing Jakarta Smart City pada Aplikasi Jakarta Kini

Authors

  • Farahdinta Destanti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Uljanatunnisa Uljanatunnisa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Lusia Handayani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31504/komunika.v10i2.4406

Keywords:

Marketing Public Relations, Strategi Pull and Pass, Jakarta Smart City, Aplikasi JAKI

Abstract

Kehidupan manusia modern tidak dapat dilepaskan dari kemajuan teknologi karena dampaknya yang memberikan kemudahan dalam beraktivitas, seperti kemudahan dalam memperoleh informasi dari media. Pemanfaatan media ini tidak hanya dilakukan oleh individu, tetapi juga oleh institusi seperti Jakarta Smart City (JSC). Jakarta Smart City hadir dalam bentuk aplikasi yang bernama JAKI (Jakarta Kini) dengan berbagai fitur yang bertujuan untuk mempermudah kehidupan masyarakat yang tinggal ataupun beraktivitas di Jakarta. Untuk memperkenalkan aplikasi JAKI ke masyarakat, divisi komunikasi dan marketing JSC menerapkan dua dari tiga konsep marketing public relations (PR), yaitu pull and pass strategy. Hasilnya, JSC berhasil mencapai target jumlah pengguna aplikasi Jakarta Kini sebanyak satu juta orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kunci keberhasilan dari strategi pull and pass yang dijalankan oleh Divisi Komunikasi dan Marketing untuk aplikasi JAKI. Analisis penelitian ini menggunakan konsep the Whalen 7 Steps Strategic dengan metode penelitian studi kasus dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pull and pass yang dijalankan oleh Divisi Komunikasi dan Marketing sesuai dengan konsep the Whalen 7 Steps Strategic, seperti pemanfaatan media sosial, website, press release, pemuka masyarakat, email blast, JSC talks, dan pameran.

References

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April). Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.

Ali, D. S. F. (2017). Marketing Public Relations Diantara Penjualan dan Pencitraan. Yogyakarta: Deepublish.

Bazaza, O. (2020). Effect of Pull and Push Marketing Strategies in the Pharmaceutical Field. International Journal of Business Marketing and Management, 5(2), 2456–4559. www.ijbmm.com

Ediraras, D. T., Rahayu, D. A., Natalina, A., & Widya, W. (2013). Political Marketing Strategy of Jakarta Governor Election in The 2012s. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 81(1976), 584–588. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.480

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Studi Kasus Single Case, Instrumental Case, Multicase & Multisite Dilengkapi Contoh Tahapan Proses dan Hasil Penelitian (N. A. Rahma (ed.)). Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.)). Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Khopipah, S. (2019). Challenges Of A Dual Role Of Marketing Public Relations And Public Relations In Developing A Positive Image Of Pt Overseas Zone. 49. http://doi.org/10.21831/informasi.v49i2.28256

Kitchen, P. J. (2015). The Quarterly Review of Marketing Communications. International Journal of Advertising, 367-382. http://dx.doi.org/10.1080/02650487.1993.11104551

Leppäniemi, M. & H. K. (2008). Mobile Marketing: From Marketing Strategy To Mobile Marketing Campaign Implementation. International Journal of Mobile Marketing, 3 No. 1. https://www.researchgate.net/profile/Heikki-Karjaluoto/publication/252113084_Mobile_Marketing_From_Marketing_Strategy_to_Mobile_Marketing_Campaign_Implementation/links/567148a008ae2b1f87aee230/Mobile-Marketing-From-Marketing-Strategy-to-Mobile-Marketing-C

Messakh, K. K., & Fuady, M. (2017). Perencanaan Marketing Public Relations Program Net Citizen Journalism PT. Net Mediatama Indonesia. Prosiding Hubungan Masyarakat, 3. http://hdl.handle.net/123456789/23119

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2. https://doi.org/2502-1648

Nugrahani, D. S. (2006). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Periklanan Public Relations. SEGMEN - Manajemen, No 1 (2006). Jurnal Manajemen & Bisnis. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/614

Papasolomou, L. & Y. M. (2012). Social Media: Marketing Public Relations’ New Best Friend. Journal of Promotion Management. http://dx.doi.org/10.1080/10496491.2012.696458

Rahman, A., Subiakto, V. U., Susanti, S., & Purwoputro, D. (2020). The Implementation of Marketing Public Relations Strategy by the FF Luxury Watch Store on the Jakarta Based Customers. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(6), 1029–1037. https://doi.org/10.38124/ijisrt20jun920

Rahmawati, S. A., Setianti, Y., & Lukman, S. (2019). Strategi Marketing Public Relations Checo Café Resto. 8(1). Jurnal Komunika : Komunikasi dan Informatika. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i2.4488

Suprawoto. (2018). Government Public Relations Perkembangan & Praktik di Indonesia (1st ed.). Jakarta : Prenadamedia Group. https://books.google.co.id/books?id=ApNeDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Wijaya, C. R., Waluya, B., & Setyorini, P. D. S. (2012). Pengaruh Program Marketing Public Relations Terhadap Keputusan Berkunjung Di Pantai Pangandaran (Survei pada Wisatawan yang Berkunjung ke Destinasi Pariwisata Pantai Pangandaran). Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 2. https://doi.org/10.17509/thej.v2i2.1939

Downloads

Published

2021-12-19

Issue

Section

Media and Communication